Ciri Khusus Sundew/Drosera Spatulata, Tanaman Pemakan Serangga

Sundew (Drosera spatulata) adalah tanaman yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini tumbuh di tanah yang tandus. Tanaman sundew ini pun bahkan bisa hidup di tempat semi gurun pasir. Sundew memiliki ciri khusus yang sangat unik, yaitu caranya mencari makan. Ia berburu makanan yang dapat diambil sarinya. Ia memburu sari tanaman yang tidak bisa ia dapatkan di dalam tanah.

Daun tanaman sundew berbentuk pipih memanjang yang dipenuhi rambut-rambut berwarna merah.

Rambut merah pada daunnya ini terlapisi cairan kental yang memiliki aroma khas yang menarik perhatian serangga. Jika ada serangga yang mencium keberadaan aroma tersebut dan mendatanginya (hinggap di tumbuhan sundew), serangga itu tidak akan bisa lepas darinya. Kaki-kakinya akan menempel pada cairan perekat yang paling kuat di dunia ini.

Ketika serangga yang terjebak itu berusaha untuk melepaskan diri, daun sundew yang panjang bergerak sedemikian rupa untuk menggenggam serangga itu. Setelah serangga itu terjebak sempurna, secara perlahan tanaman sundew ini mulai mencerna zat-zat dari serangga itu yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Setelah serangga tersebut habis dimangsanya, tanaman sundew ini akan kembali membuka dirinya. Ia bersiap untuk menerima kedatangan serangga lain yang akan menjadi mangsa selanjutnya.

Ilustrasi serangga yang terjebak oleh tanaman sundew.

Walaupun tanaman sundew ini memiliki cairan perekat yang paling kuat di dunia, rambut-rambutnya itu tidak saling menempel apalagi kusut. Cairan perekat ini bekerja dengan sangat efektif tanpa mencederai tanamannya itu sendiri.

Baca juga: Bunga Tengkorak Snapdragon Yang ‘Mengerikan’

Itulah pembahasan mengenai ciri khusus tanaman sundew, tanaman khas dari Afrika Selatan, yang mungkin belum Anda ketahui. Walaupun tanaman ini hidup di daerah yang ekstrem, tetapi Tuhan telah memberinya kemampuan untuk memperoleh makanan dengan cara yang tidak dimiliki oleh tanaman yang lain. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jika berminat kami juga menyediakan berbagai tanaman karnivora yang sejenis dengan sundew di sini.