GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Daftar Macam-Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Thursday, October 6th 2016.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan adalah dengan menggunakan tanaman obat atau herbal. Karena itu ada baiknya untuk membuat taman toga di rumah. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui tanaman apa saja yang termasuk dalam tanaman obat sekaligus khasiatnya bagi kesehatan. Sebagian Anda mungkin tidak menyangka jika tanaman tersebut ternyata adalah tanaman obat. Padahal, Anda sering sekali menggunakannya sebagai bahan memasak di dapur. Berikut adalah beberapa daftar tanaman obat dan khasiatnya sekalian kami tuliskan agar bisa Anda ketahui manfaatnya 🙂

daftar-tanaman-obat-dan-khasiatnya-masing-masing

Seledri

Yang satu ini bukan hanya merupakan tanaman obat murni, tapi juga merupakan bumbu dapur. Dikenal di Indonesia sebagai daun sop atau seledri. Dan saat ini ada lagi varietas seledri yang lagi getol-getolnya dibudidayakan atau naik daun, yaitu seledri jepang atau ashitaba. Kami pernah membuat artikel tentang pengenalan seledri jepang ashitaba tersebut. Saat ini marak buat tehnya. Balik lagi ke seledri pada umumnya, siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini? Seledri yang sering sekali digunakan sebagai bahan pelengkap masakan ini ternyata mengandung banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Seledri memilih nama ilmiah Apium graveolens. Hal ini tidak lepas dari kandungan yang ada pada tanaman ini sendiri.

Tanaman seledri sebagai obat. Seledri biasanya ditanam berkelompok, selain sebagai bumbu masak juga tersohor sebagai tanaman obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman seledri sebagai obat. Seledri biasanya ditanam berkelompok, selain sebagai bumbu masak juga tersohor sebagai tanaman obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ciri-Ciri Tanaman Seledri:

  1. Tidak terlalu tinggi (rata-rata tinggi seledri tidak lebih dari 1 meter)
  2. Tangkainya kecil dan pendek dengan daun yang melebar seperti kipas
  3. Bunganya majemuk dan berkarang
  4. Memiliki biji atau buah berwarna coklat gelap.

Kegunaan Seledri untuk Kesehatan:

  1. Mencegah risiko penyakit darah tinggi
  2. Anti rematik
  3. Pembangkit nafsu makan
  4. Mengandung minyak atsiri

Kandungan dan Manfaat Daun Seledri

Ada beberapa kandungan yang dimiliki oleh daun seledri yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, kandungan kalsium dan fosfornya yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai obat asam urat. Selain itu, daun seledri juga kaya akan vitamin. Setidaknya ada 5 jenis vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B6, dan C yang terkandung pada tanaman seledri. Selain itu, tanaman seledri juga tinggi kandungan potasium, folat, magnesium, besi, natrium serta asam amino. Dengan mengkonsumsi seledri Anda juga akan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan ginjal. Tanaman seledri juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menderita tekanan darah tinggi. Seledri juga mengandung setidaknya 8 senyawa anti kanker.

Cara Mengkonsumsi Seledri untuk Kesehatan

Untuk Anda yang sedang menderita karena penyakit asam urat, cobalah merebus beberapa biji seledri dengan segelas air. Rebus hingga mendidih lalu minum selagi hangat. Minum rebusan air biji seledri tersebut setiap pagi.
Untuk Anda yang ingin menurunkan tensi sekaligus membersihkan ginjal, potong-potong seikat daun seledri. Rebus potongan daun seledri tersebut dengan air dalam panci. Ada baiknya untuk merebus mengunakan api kecil. Setelah mendidih biarkan hingga hangat kemudian minum air rebusannya setiap pagi.

Belimbing Wuluh

Salah satu tanaman toga lain yang sering digunakan dalam masakan adalah belimbing wuluh. Nama ilmiah dari tanaman obat yang satu ini adalah Averrhoa bilimbi.

Belimbing wuluh sebagai obat untuk kesehatan. Buah belimbing yang sangat asam rasanya (juga sebagai bumbu masakan terutama masakan Asia) ternyata berkhasiat sangat baik untuk kesehatan manusia.

Belimbing wuluh sebagai obat untuk kesehatan. Buah belimbing yang sangat asam rasanya (juga sebagai bumbu masakan terutama masakan Asia) ternyata berkhasiat sangat baik untuk kesehatan manusia.

Ciri-Ciri Tanaman Belimbing Wuluh

  1. Pohonnya tinggi mencapai ukuran 5 meter
  2. Batangnya pajang namun tidak besar berdiameter 30 cm saja
  3. Buahnya muncul dari percabangan berbentuk lonjong dan berwarna hijau
  4. Rasa buahnya sangat asam

Kegunaan Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Dari buahnya yang kecil dan asam tersebut, belimbing wulus sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Anda bisa menggunakan belimbing wuluh untuk mengobati penyakit batuk, diabetes, sakit gigi, jerawat, panu, hipertensi, dan sariawan.

Kandungan yang Terdapat dalam Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh mengandung vitamin C yang tinggi. Karena itu, buahnya sangat baik untuk mengobati sariawan dan masalah gusi. Kandungan lain pada belimbing wuluh adalah glukosid, tannin, asam folat, peroksida, kalsium, sulfur, dan kalium sulfat.

Cara Menggunakan Belimbing Wuluh sebagai Obat

  • Jika Anda sedang mengalami sariawan atau gusi berdarah, gunakan bunga belimbing wuluh. Rebus bunga dengan air dan gula jawa hingga mendidih. Setelah hangat gunakan air rebusan untuk berkumur.
  • Jika Anda sedang menderita karena batuk, coba rebus daun, bunga dan buah belimbing wuluh. Rebus kurang lebih 30 menit atau sampai mendidih. Setelah itu, minum air rebusan hingga batuk sembuh.
  • Jika Anda sedang diserang penyakit kulit, maka haluskan belimbing wuluh dengan air kapur sirih. Kemudian oleskan ramuan tersebut 2 kali sehari hingga penyakit hilang.

Lidah Buaya

Jangan sampai terlewat menanam lidah buaya di taman toga Anda. Tanaman dengan nama unik karena bentuknya yang memang mirip seperti lidah hewan biaya ini bernama ilmiah Aloe vera dan sangat berguna, memiliki banyak manfaat sebagai tanaman obat keluarga.

Daun lidah buaya yang telah dipotong. Tekstur isi dalam daun lidah buaya seperti gel, gel inilah yang dimanfaatkan untuk aneka keperluan termasuk untuk tujuan konsumsi. Gel tersebut bernilai positif bagi kesehatan manusia, dan juga biasanya dioleskan pada kepala untuk mempertebal atau memperindah rambut (tujuan kecantikan).

Daun lidah buaya yang telah dipotong. Tekstur isi dalam daun lidah buaya seperti gel, gel inilah yang dimanfaatkan untuk aneka keperluan termasuk untuk tujuan konsumsi. Gel tersebut bernilai positif bagi kesehatan manusia, dan juga biasanya dioleskan pada kepala untuk mempertebal atau memperindah rambut (tujuan kecantikan).

Ciri-Ciri Tanaman Lidah Buaya

  1. Berwarna hijau dengan duri di bagian sisi-sisinya
  2. Dapat tumbuh di daerah kering
  3. Berlendir saat dipotong
  4. Bagian dalam daun memiliki daging berwarna bening dengan tekstur seperti agar-agar

Kegunaan untuk Kesehatan

Tanaman ini memiliki berbagai kegunaan untuk kesehatan. Umumnya, digunakan untuk perawatan kulit dan kecantikan. Bahkan, lidah buaya juga digunakan sebagai obat kanker. Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi diabetes, mengontrol tekanan darah, dan pemenuhan nutrisi untuk penderita AIDS dan kanker.

Kandungan pada Tanaman Lidah Buaya

Ada beberapa kandungan zat pada lidah buaya seperti asam amino, enzim, mineral, vitamin, dan polisakarida. Lidah buaya juga mengandung aloe emodin. Bahkan, lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Kesehatan

Saat ini lidah buaya bisa diolah hingga bisa dikonsumsi sebagai minuman sehat. jika Anda mengalami masalah pada kulit kepala, coba saja potong lidah buaya kemudian oleskan pada rambut hingga merata. Jika ada masalah pada kulit, campurkan lidah buaya dengan madu kemudian oleskan pada bagian kulit yang bermasalah. Tak hanya berdampak pada tubuh langsung, lidah buaya dapat juga digunakan sebagai tanaman pembersih udara dalam ruangan.

Temu Lawak

Temu lawak memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza. Temu lawak dipercaya memilki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh dan temu lawak juga bermanfaat untuk kecantikan.

Gambar daun. bunga, dan rimpang temu lawak.

Gambar daun. bunga, dan rimpang temu lawak.

Ciri-Ciri Tanaman Temulawak

  1. Batangnya semu dengan tinggi lebih dari 1 meter
  2. Daunnya berwarna hijau dan keunguan
  3. Bunganya indah dan eksotis
  4. Buah rimpangnya berwarna coklat tua dan beraroma tajam

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak bisa digunakan untuk berbagai keperluan kesehatan. Misalnya, temulawak bisa digunakan untuk obat jerawat, mengatasi masalah pencernaan, masalah peradangan, limfa, ginjal dan lain sebagainya.

Zat-Zat yang Terkandung dalam Temulawak

Ada beberapa kandungan yang sangat bermanfaat dari temulawak. Seperti, turmerol, felladrean, glukosida, kurkunim. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan, ginjal dan anti racun.

Cara Menggunakan Temulawak sebagai Obat

Biasanya bagian yang digunakan adalah bagian rimpangnya. Caranya adalah dengan mengiris tipis-tipis bagian rimpang temu lawak tersebut. Setelah dibiarkan selama 5 menit, kemudian rebus temulawak tersebut. Rebus dengan air sekitar 5 sampai 7 gelas. Rebus hingga mendidih kemudian saring. Air rebusan temulawak tersebut bisa dikonsumsi selagi hangat. Biasanya, Anda diharuskan meminum air tersebut setidaknya 1 gelas setiap hari hingga penyakit yang Anda derita sembuh. Temu lawak juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain. Rebus temulawak yang sudah diparut halus. Tambahkan bahan lain seperti asam, gula kelapa. Setelah itu, rebus hingga mendidih. Tunggu hingga air sedikit hangat. Setelah itu, saring hingga tidak ada ampasnya. Minum air rebusan tersebut setidaknya 1 gelas setiap hari. Dengan ramuan tersebut Anda bisa mengatasi masalah maag akut yang Anda derita. Temu lawak juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri haid jika diminum secara teratur.

Daftar tanaman obat dalam artikel ini hanya sedikit jumlahnya, berhubung ada banyak sekali tanaman obat yang dikenal di Indonesia dan pasti menghabiskan banyak sekali tulisan untuk memuat semua tanaman tersebut. Jika Anda ingin melihat lebih lanjut daftar lengkap tanaman obat keluarga di Indonesia, dapat langsung dilihat pada katalog yang kami tawarkan. Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Klik Disini untuk Melihat Macam-Macam Tanaman Obat yang Kami Jual.

Produk terbaru

Rp 59.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892