GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Daruju: Ciri-ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

Friday, August 18th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Daruju atau di luar negeri dikenal dengan sebutan Mountain Thistle atau Bear’s Breech merupakan tanaman yang sudah sejak lama telah digunakan sebagai tanaman obat.

Ciri-ciri Tanaman Daruju

Tanaman daruju (Acanthus montanus Linn.) adalah tanaman semak yang mempunyai bentuk unik pada bagian daunnya. Tepi daunnya bergerigi besar dan tajam/lancip pada tiap ujungnya. Daunnya berwarna hijau mengkilap dan sedikit kekuning-kuningan. Daruju banyak dijumpai di daerah yang lembab seperti pinggir rawa-rawa dan sungai.

Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya

Khasiat dan Manfaat Tanaman Daruju

Bagian tanaman daruju yang dapat digunakan sebagai obat herbal adalah akar keringnya, daun, dan biji. Daruju berasa pahit, walaupun sifatnya mendinginkan. Tanaman ini mengandung asam amino. alkaloid, polifenol, saponin dan flavone yang baik bagi tubuh.

Berikut ini manfaat tanaman daruju untuk kesehatan tubuh:

1. Daruju sebagai obat cacing

Ilustrasi buah daruju.

Daruju telah digunakan sejak lama untuk mengobati cacingan. Cara memanfaatkan daruju untuk mengobati cacingan adalah dengan mencuci 8 biji daruju, lalu tumbuk sampai halus. Seduhlah dengan secangkir air panas. Minumlah saat airnya masih hangat. Ramuan ini dapat diminum dua kali sehari, masing-masing setengah cangkir. Minumlah secara rutin selama tiga hari berturut-turut.

2. Daruju sebagai obat hepatitis

Tanaman yang satu ini ternyata biasa juga dikonsumsi untuk menyembuhkan hepatitis akut dan pembesaran hati/limpa. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencuci bersih 100 gram akar kering daruju. Setelah bersih, rebus dengan dua gelas air sampai tersisa setengah gelas. Biarkan suhunya menjadi suhu ruangan. Setelah itu, saring dan bagi menjadi dua bagian sama banyak. Tambahkan satu sendok makan madu. Minumlah setiap pagi dan sore, masing-masing satu bagian.

3. Daruju sebagai obat anti kanker

Untuk pengobatan kanker hati, Anda dapat mencuci bersih 100 gram akar daruju yang sudah dijemur dan 100gram daging sapi tanpa lemak. Rebuslah akar daun daruju dengan daging sapi tersebut dalam dua gelas air selama enam jam. Jika airnya kering sebelum enam jam, tambahkan lagi air secukupnya hingga diperoleh satu mangkuk air rebusan yang mendidih. Bagi air rebusan menjadi dua bagian. Tambahkanlah satu sendok madu untuk setiap bagian. Ramuan ini adalah untuk dua kali minum.

4. Daruju sebagai obat batuk

Daun daruju bermanfaat sebagai pencahar dahak dan batuk.

Daruju dipercaya mampu meredakan batuk, bertindak sebagai anti-radang dan anti-neoplastik (penghambat tumbuhnya sel tumor). Biji daruju dipercaya sebagai pembersih darah.

Sebagai obat batuk, cucilah empat gram biji daruju segar. Kemudian tumbuklah biji daruju tersebut sampai halus dan rebus ke dalam segelas air selama 15 menit. Biarkanlah suhu air rebusannya menjadi sesuai suhu ruangan. Saring sebelum diminum. Ramuan ini adalah untuk satu kali minum dalam sehari.

Itulah penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daruju. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika berminat kami juga menyediakan tanaman daruju yang siap melengkapi tanaman obat Anda di rumah.

Produk terbaru

Rp 59.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892