Daun Tanaman Obat Diabetes

Daun tanaman obat diabetes paling ampuh untuk mengatasi penyakit gula bisa disimak pada uraian kali ini berikut pencegahan, penyebab dan gejala diabetes. Sebenarnya daun tanaman obat diabetes lebih aman dan efektif sebagai solusi penyakit serius ini. Diabetes sendiri merupakan penyakit parah yang berjangka panjang di mana tingginya kadar gula darah menjadi penanda penyakit satu ini. Tubuh manusia memiliki sel-sel yang memerlukan energi; dimana energi ini berasal dari glukosa atau gula yang kita konsumsi yang digunakan supaya tubuh kita dapat bekerja secara normal. Hormon insulin adalah pengendali gula dalam darah kita dan jika insulin kurang maka pada sel tubuh akan timbul resistansi terhadap insulin sehingga peningkatan zat gula dalam darah menjadi drastis. Itulah asal-muasal dari penyakit diabetes, khususnya diabetes melitus.

Penyebab Diabetes Tipe 2 Lainnya

Selain dari adanya produksi insulin yang kurang oleh pankreas, ada beberapa penyebab lain yang bisa diperhatikan.

  • Berat badan berlebih alias obesitas. Pada orang yang mengalami penumpukan lemak di dalam tubuh akan lebih mudah terkena diabetes tipe 2, terutama pria (Asia) dengan ukuran pinggang 90 cm ke atas dan wanita yang ukuran pinggan sampai 80 cm ke atas.
  • Faktor keturunan, terutama bagi yang ayah atau ibunya juga menderita diabetes tipe 2 akan meningkatkan resiko menderita penyakit tersebut.
  • Faktor umur. Diabetes lebih sering dialami oleh orang dewasa yang usianya sudah di atas 40 tahun.

Gejala Diabetes

Gejala diabetes dibagi beberapa macam, dan di bawah ini adalah gejala umum dari diabetes tipe 1 dan 2.

  • Turunnya berat badan secara drastis walaupun porsi makan tetap banyak.
  • Massa otot berkurang.
  • Seringkali merasa cepat lelah dan haus.
  • Seringkali buang air kecil, apalagi saat malam-malam.

Gejala Hiperglikemia atau sangat tingginya kadar gula darah berbeda lagi, yaitu antara lain:

  • Sakit kepala
  • Sering buang air kecil baik siang maupun malam
  • Lebih mudah terasa mengantuk
  • Sering merasa haus
  • Mulut sering terasa kering
  • Pandangan terasa kabur

Gejala diabetes lainnya yang cukup serius adalah:

  • Kulit terkena infeksi
  • Lensa mata menjadi cepat kering sehingga mengakibatkan pandangan menjadi kurang jelas.
  • Gatal-gatal di area penis atau vagina, tak jarang juga terjadi infeksi di sana.

Daun Tanaman Obat Diabetes Alami

Daun Pegagan

tanaman-pegagan

Kebanyakan orang memiliki tanaman ini dan memang pegagan adalah tanaman yang baik meski ada zat pahit yang disebut juga dengan zat vellarine. Kandungan di dalam daun pegagan antara lain adalah besi, kalsium, magnesium, natrium, dan kalium yang semuanya itu termasuk di garam mineral serta tanin. Ada masih banyak kandungan lainnya yang berperan sebagai antilepra sehingga diyakini dapat menyembuhkan luka yang bahkan sangat luar biasa. Cara pengolahan untuk pengobatan adalah dengan merebus 15 lembar daun pegagan dengan 4 gelas air yang kemudian ditunggi sampai tersisa 1 gelas. Baru sesudah itu bisa diminum saat sudah dingin dan disaring. Dua gelas setiap hari akan mengatasi diabetes dengan ampuh.

Daun Sambiloto

daun-sambiloto

Daun sambiloto adalah daun tanaman obat diabetes tradisional yang memiliki zat-zat baik, seperti misalnya zat antioksidan atau yang kita kenal dengan sebutan flavonoid. Setelah diteliti, daun ini memiliki kemampuan membuat proses oksidasi karena radikal bebas bisa lebih dihambat. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengeringkan 20 gram daunnya yang kemudian bisa direbus untuk obat. Hasilnya memang cukup banyak karena bisa diminum sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari. Bisa juga daun sambiloto kering diremukkan dan giling hingga benar-benar halus yang lalu bisa dimasukkan ke dalam kapsul. Bila memilih kapsul, maka konsumsilah 4 hingga 6 tablet setiap harinya.

Daun Salam

daun-salam-sebagai-obat-diabetes

Daun salam yang biasanya dimasak ini juga merupakan daun tanaman obat diabetes melitus yang efektif karena adanya kandungan mineral, serat, karbohidrat, vitamin C, vitamin A, vitamin B9, dan vitamin B6. Cara pengolahan daun ini bisa dengan menyiapkan sekitar 100 gram yang kemudian direbus dengan 3 gelas air. Tunggu menyusut sampai setengah gelas barulah air ditunggu hingga dingin dan disaring. Minumlah sehari tiga kali, setengah gelas masing-masing secara rutin hingga kadar gula darah sudah berada pada titik normal.  Selain sebagai obat penyakit diabetes, khasiat daun salam untuk kesehatan dalam menyembuhkan penyakit lain bisa Anda baca disini.

Daun Mangga

daun-mangga

Daun mangga adalah salah satu daun tanaman obat diabetes herbal yang bisa diandalkan karena zat-zat baik di dalamnya, termasuk vitamin C yang kandungannya cukup tinggi. Untuk diabetes awal pun daun ini sangat berkhasiat karena ada zat anthocyanin dan taninnya. Cara penggunaannya hanya dengan mengambil beberapa lembar daun mangga segar, dicuci bersih, dan rendam di air bersih semalaman. Airnya bisa disaring lalu diminum pada keesokan paginya secara rutin sampai kadar gula darah berangsur normal.

Daun Kemangi

daun-kemangi

Daun kemangi yang biasanya dimakan sebagai lalapan rupanya mengandung vitamin C, vitamin B, dan vitamin A selain dari sitrat. Ada juga kandungan zat triptofan, betakaroten, boron, flavonoid, anetol, arigin, minyak atsiri, sineol dan eugenol yang sangat bermanfaat untuk nemurunkan kadar gula. Hanya dengan mengolahnya menjadi lalapan atau sambal, kemangi bisa dikonsumsi secara sederhana. Untuk mempunyai tanaman kemangi sendiri, Anda bisa menanam kemangi di lahan tanah pekarangan Anda. Atau memperbanyaknya dengan cara hidroponik.

Tips Mencegah Diabetes

  • Mengonsumsi makanan berserat tinggi.
  • Banyak melakukan olahraga yang membiarkan tubuh aktif bergerak demi pembakaran gula dan lemak jahat.
  • Mengurangi konsumsi gula, baik minuman maupun nasi.
  • Berhenti dari kebiasaan merokok.
  • Memperbanyak konsumsi susu yang kandungan lemaknya rendah.

Itulah serangkaian informasi tentang penyebab, gejala, cara mencegah diabetes dan juga keterangan sejumlah daun tanaman obat diabetes. Anda juga dapat melihat produk lainnya dari tanaman obat, langsung saja klik disini.