9 Fakta, Arti dan Makna Bunga Hydrangea (Kembang Bokor)

Tidak hanya cantik dan populer, hydrangea juga memiliki fakta yang menarik untuk diketahui.

Tanaman hydrangea merupakan salah satu tanaman hias yang tidak hanya populer di kalangan para pecinta tanaman hias tapi juga di masyarakat luas. Bagaimana tidak? Hydrangea memiliki bunga yang berukuran besar, membulat layaknya sanggul dengan warna-warna lembut yang memikat. Warna bunganya beragam seperti merah muda, ungu, biru hingga putih. Uniknya lagi, bunganya bisa berubah warna tergantung dari tingkat keasaman (pH) tanah tempatnya tumbuh.

Ketahui lebih lengkap cara menanam, merawat, dan mengubah warna kembang bunga hydrangea di sini.

Tanaman bunga cantik yang satu ini memiliki banyak nama seperti hortensia, kembang bokor, ajisai (Jepang), bunga tiga bulan (Melayu) dan bunga masamba. Jadi jangan heran jika masyarakat setempat di daerah lain menyebut hydrangea dengan nama yang berbeda.

Sebuah pemadangan bunga hydrangea di Jepang yang menakjubkan.

Tidak hanya bunga sakura, hydrangea juga seringkali dikaitkan dengan negara Jepang, dimana banyak yang meyakini bunga ini pertama kali ditemukan di Jepang, kemudian tersebar di Asia selama ratusan tahun sebelum akhirnya masuk ke Eropa dan Amerika. Hydrangea sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni “hydor” yang artinya air dan “angos” berarti kapal atau jar. Jadi artinya kurang lebih “tempat air” mengacu pada tanaman hydrangea yang memerlukan banyak air dan bentuknya yang mirip cangkir.

Makna Bunga Hydrangea (Kembang Bokor)

Hydrangea memiliki makna yang beragam berdasarkan dari keyakinan dan cerita yang berbeda di tiap tempat. Berikut beberapa diantaranya:

  • Menurut legenda Jepang, bunga hydrangea bermakna permintaan maaf dari kaisar Jepang yang telah mengabaikan wanita yang dicintainya karena urusan negara dan menunjukkan betapa ia sangat peduli dengannya.
  • Berdasarkan cerita tersebut di atas, buket bunga hydrangea bermakna ungkapan rasa syukur dan perasaan tulus sepenuh hati dari pemberi atas pengertian sang penerima bunga.
  • Beberapa mengatakan bahwa bunga ini berarti kesombongan yang dicerminkan dari bunganya yang melimpah dengan mewah namun memiliki biji yang sangat sedikit.
  • Bunga ini juga diberikan pada seseorang yang telah menolak pernyataan cinta sebagai tanda bahwa mereka tega dan berhati dingin. Begitupun sebaliknya bunga ini juga dapat diberikan sebagai pesan “Tidak, terima kasih” untuk sebuah penolakan. Tega kamu Mas! 
  • Pada Abad Pertengahan beberapa orang percaya bahwa wanita muda yang memelihara dan memilih bunga hydrangea tidak akan pernah menemukan pendamping hidup 🙁 .

Simbol dan Arti Bunga Hydrangea Berdasarkan Warna

Hydrangea biru melambangkan hati yang dingin, permintaan maaf, penolakan lamaran dan penyesalan.

Berikut simbol dan arti bunga hydrangea berdasarkan warna bunganya:

  • Hydrangea merah muda secara khusus terkait dengan perasaan yang sesungguhnya karena bentuk dan warnanya menyerupai jantung yang berdetak. Hydrangea merah muda juga melambangkan cinta dan pernikahan.
  • Hydrangea biru melambangkan hati yang dingin, permintaan maaf, penolakan lamaran dan penyesalan.
  • Hydrangea putih melambangkan kesombongan diri dan kesucian.
  • Hydrangea ungu melambangkan keinginan untuk memahami seseorang lebih dalam, kekayaan dan kelimpahan.

Fakta Bunga Hydrangea

Bunga hydrangea digunakan dalam acara pertunangan, pernikahan dan upacara pemersatu lainnya.

Beberapa fakta bunga Hydrangea yang perlu Anda ketahui. Yuk disimak!

  1. Hydrangea merupakan spesies terbesar yang ada di Asia Timur meliputi Jepang, Korea dan Cina.
  2. Warna kembang bunga hydrangea dapat berubah warna (kecuali hydrangea putih). Warna biru dapat berubah menjadi merah muda dengan menambah tingkat keasaman tanah, caranya dengan menambahkan bubuk kopi, kulit jeruk atau kerak telur.
  3. Bunga hydrangea mekar dalam berbagai formasi. Yang paling populer adalah mophead yang menghasilkan kembang besar dan membulat. Hydrangea lacecap tumbuh dengan baik di tempat teduh. Hydrangea panicle tumbuh baik pada tempat yang dingin dan memiliki bunga yang muncul secara berkelompok dan berbentuk kerucut.
  4. Meskipun hydrangea memerlukan cukup air, namun terlalu banyak air dapat membuat akar membusuk hingga akhirnya mati. Tanda-tanda dari kebanyakan air adalah tanaman layu, daun menguning dan berguguran dan pertumbuhan terhambat.
  5. Daun hydrangea dianggap beracun karena mengandung senyawa glikosida sianogen dan akan melepaskan senyawa hidrogen sianida saat tertelan. Meski demikian, akarnya digunakan dalam pengobatan tradisional yang berfungsi sebagai antioksidan dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan ginjal.
  6. Toko Bunga modern Barat sering menyediakan bunga hydrangea sebagai buket pengantin di hari pernikahan.
  7. Hydrangea sering diberikan pada ulang tahun pernikahan ke-4 yang bermakna rasa terima kasih dan perasaan yang tulus.
  8. Hydrangea telah menginspirasi banyak seniman dan penulis. Dalam bukunya yang berjudul Tar Baby, Toni Morrison memuji keindahan bunga ini.
  9. Jenis Hydrangea serrata digunakan untuk membuat teh manis dalam acara ritual Buddha sebagai pembersih patung Buddha setiap tahun.

Karena hydrangea memiliki banyak arti, sangat penting untuk menggabungkan dengan bunga lain untuk memastikan Anda memberikannya dengan arti yang tepat.

Itulah informasi mengenai arti, makna hingga fakta-fakta bunga hydrangea. Bagaimana? Tertarik untuk memeliharanya? Tersedia tanaman hydrangea dengan berbagai warna di sini.