Jenis-Jenis Tanaman Kantong Semar (Nepenthes)

Tanaman kantong semar (Nepenthes) adalah jenis tanaman karnivora yang banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, Cina bagian selatan dan Australia bagian utara. Di Asia Tenggara, tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Di Indonesia kantong semar dikategorikan sebagai tanaman yang diutamakan pelestarian atau konservasinya. Tanaman ini pertama kali ditemukan di negara kita pada tahun 1689 oleh J.P Breyne.

Kantong semar dikenal dengan beberapa nama di nusantara. Di Riau tanaman ini disebut periuk monyet (Bahasa Inggrisnya monkey cup plant), di Bangka disebut ketakung, dan di Jawa Barat disebut raja mantri. Sampai saat ini, tercatat ada sekitar 103 jenis tanaman kantong semar yang pernah ditemukan di dunia. 64 jenis diantaranya tumbuh di Sumatra dan Kalimantan yang terkenal sebagai surga bagi tanaman kantong semar.

Berikut beberapa jenis tanaman kantong semar yang bentuknya indah dan memikat. Konon bentuk tanaman kantong semar yang unik ini memang berfungsi untuk memikat serangga agar masuk ke dalam perangkapnya dan dijadikan makanan.

10 Jenis Nepenthes yang Wajib Anda Ketahui

Di bawah ini kami telah merangkum jenis-jenis nepenthes yang menurut kami perlu Anda tahu.

Nepenthes diatas

nepenthes-diatas

Tanaman kantong semar jenis ini banyak ditemukan di Sumatra di daerah dengan ketinggian sekitar 2400 sampai 2900 meter di atas laut.

Nepenthes gymnamphora

nepenthes-gymnaphora

Nepenthes Gymnamphora banyak ditemukan di daerah Jawa dan Sumatra. Kata Gymnamphora diambil dari Bahasa Yunani yaitu gymnos (berleher) dan amphoreus (kantong), karena inilah di Indonesia tanaman kantong semar jenis ini dikenal dengan nama kantong semar berleher.

Nepenthes villosa

nepenthes-villosa

Habitat tanaman kantong semar jenis ini banyak ditemukan di daerah Gunung Kinabalu dan Gunung Tambuyukon di Kalimantan.

Nepenthes aristolochioides

nepenthes-aristolochioides

Tanaman kantong semar ini tumbuh di daerah jambi dengan ketinggian 2000 meter di atas laut. Nepenthes aristolochioides memiliki bentuk yang unik dan berbeda daripada tanaman kantong semar yang lain. Bagian pembuka kantong penjebaknya hampir vertikal dan memiliki semacam penutup di depannya.

Nepenthes maxima

nepenthes-maxima

Kantung semar jenis ini merupakan tanaman yang melegenda di dunia perkantung semaran. Bentuk kantung penjebaknya rata-rata lebih besar daripada tanaman kantung semar jenis lain. Di Indonesia sendiri, ditemukan Nepenthes Maxima yang memegang rekor sebagai salah satu kantung semar terbesar dengan ukuran kantung yang mampu menampung 1,5 liter air. Kantung semar jenis ini banyak ditemukan di daerah Sulawesi, Maluku dan Papua.

Nepenthes rafflesiana

nepenthes-rafflesiana

Bersama dengan Nepenthes Maxima, tanaman jenis ini juga dikenal sebagai tanaman kantung semar dengan ukuran kantong yang lebih besar dari jenis lainnya. Nepenthes Rafflesiana memiliki banyak jenis dan ditemukan tumbuh di daerah Kalimantan, Sumatera, Singapura dan Malaysia.

Nepenthes reinwardtiana

nepenthes-reinwardtiana-brown

Kantong semar jenis ini merupakan salah satu tanaman yang habitatnya cukup luas di Indonesia. Nepenthes reinwardtiana banyak ditemukan di daerah Sumatra dan Kalimantan. Umumnya, kantung semar jenis ini memiliki ukuran kantung yang berukuran sedang sekitar 15 cm. Tapi tanaman ini mampu tumbuh lebih besar jika perawatannya baik sehingga tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

Nepenthes ampullaria

nepenthes-ampullaria-jack

Nepenthes ampullaria atau kantung semar termos ampullaria adalah satu-satunya jenis kantong semar yang bisa dikatakan ‘vegetarian’. Kantong semar jenis ini tidak memiliki nektar di bibir kantongnya sehingga jarang ada serangga yang terjebak masuk ke dalam kantong. Biasanya benda-benda yang ditemukan di dalam kantong tanaman ini hanya daun-daun kering atau air. N. ampullaria tetap akan memangsa serangga jika serangga dimasukkan ke dalam kantungnya, tapi nepenthes ini tidak memburu mangsanya karena tidak ada cairan di bibir kantong yang bisa membuat serangga tergelincir masuk.

Nepenthes truncata

nepenthes-truncata

Nepenthes truncata adalah salah satu jenis tanaman kantong semar yang banyak tumbuh di pulau Mindanao, Filipina. Tanaman ini tumbuh di ketinggian antara 0-1500 m, dan pernah ditemukan tanaman jenis ini yang menangkap tikus sebagai mangsanya, karena kantongnya bisa berukuran jumbo.

Nepenthes khasiana

nepenthes-khasiana

Tanaman kantong semar ini merupakan satu-satunya spesies kantung semar yang tumbuh di India.

Meskipun bentuknya unik dan tidak seindah tanaman hias lainnya seprti mawar, anggrek atau melati, tapi tanaman kantong semar memiliki penggemarnya sendiri. Banyak orang yang tertarik membudidayakan tanaman ini karena bentuknya yang khas dan beda dengan tanaman lainnya. Sebenarnya ada banyak sekali jenis nepenthes yang tersebar di dunia, terutama pada bagian negara-negara tropis dan subtropis, hanya saja tidak akan muat jika dijelaskan semua dalam satu artikel ini. Demikian artikel tentang jenis nepenthes yang paling banyak dikenali karena bentuknya yang unik dan khas, jika Anda ingin membeli tanaman kantong semar di toko kami silahkan klik disini. Semoga dapat bermanfaat membantu Anda dalam pengenalan tentang aneka ragam bentuk kantong semar.