GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Kacang Kola, Ciri-ciri, Khasiat Serta Manfaatnya

Friday, August 11th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Kacang kola (kola nut) merupakan tanaman buah penghasil biji-biji dengan kandungan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kacang kola adalah salah satu jenis kacang dalam genus Cola dari spesies Cola nitida dan Cola acuminata. Dari tanaman kacang kola inilah tercipta minuman softdrink yang populer dengan merek dagang Coca-Cola.

Pohon kola dapat tumbuh mencapai ketinggian 25 meter. Tanaman ini menghasilkan bunga berbentuk bintang sementara buahnya berisi sekitar selusin biji. Ternyata, kacang kola memiliki aroma seperti aroma bunga mawar. Rasa awal kacang kola adalah pahit, namun setelah dikunyah rasanya akan berubah manis.

Di beberapa wilayah di Afrika Barat, kacang kola sering digunakan dalam acara keagamaan.

Di Afrika Barat, khususnya di Liberia, Niger, dan Nigeria, kacang kola sering digunakan dalam ritual spiritual, terutama yang berhubungan dengan budaya dan keagamaan. Kacang kola merupakan sebuah objek dalam berdoa, pemujaan para leluhur, dan peristiwa-peristiwa penting seperti upacara pernikahan, penamaan bayi, dan pemakaman.

Selain di Afrika, pemanfaatan kacang kola dalam kegiatan tradisional pun dilakukan oleh sebagian masyarakat di Amerika Serikat dan Karibia. Di tahun 1800, ada seorang apoteker dari Georgia yang mencoba menciptakan produk minuman dari ekstrak kola. Hal tersebut diperkirakan karena kola mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya

Khasiat dan Manfaat Kacang Kola bagi Kesehatan

Kacang kola mengandung 2% kafein, theobromine, dan kolanin yang berfungsi sebagai stimulan. Berikut khasiat dan manfaat kacang kola bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kacang kola bisa diolah menjadi minuman penyegar.

Kacang kola berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Kandungan kafein dalam kacang kola mampu merangsang denyut jantung, meningkatkan kemampuan kognitif.

2. Meningkatkan kemampuan kognitif

Kacang kola dapat meningkatkan oksigenasi dalam tubuh, mulai dari kulit sampai otak. Kemampuan oksigenasi tersebut juga meningkatkan tingkat konsentrasi dan mempercepat penyembuhan luka serta perbaikan sel yang rusak.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kacang kola mampu mencegah kanker prostat. Hal tersebut karena kandungan fitoestrogen dan phytoandrogensi dalamnya mampu pencegahan berkembangnya sel kanker.

4. Menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat lain dari kacang kola ini adalah menyehatkan pencernaan. Kacang kola mampu memperbanyak penyerapan nutrisi dari makanan yang dibutuhkan tubuh. Kacang kola pula dapat meredakan sembelit, kram perut, kembung, dan masalah pencernaan lainnya.

5. Mengobati hipertensi

Kacang kola berfungsi dalam mencegah tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan mengonsumsi kacang kola. Kacang kola ini pun dapat dikonsumsi untuk meredakan infeksi saluran kecing, hepatitis, rematik, hingga gagal jantung kognestif.

6. Menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kacang kola mampu menambah energi yang membuat Anda selalu segar dan mengurangi rasa lelah serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang kola mengandung senyawa volatile yang berfungsi mencegah infeksi bakteri dalam tubuh manusia. Pencegahan terhadap infeksi ini dapat juga mancegah timbulnya penyakit meningitis, bronkitis, dan TBC.

7. Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang berencana menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi kacang kola. Ekstrak kacang kola telah diakui manfaatnya dalam meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga baik bagi Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

Baca juga:

Khasiat Jati Belanda Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Berat Badan

Itulah informasi mengenai ciri-ciri dan manfaat kacang kola. Walaupun banyak manfaat dari kacang yang beraroma mawar ini, namun Anda juga harus memerhatikan kandungan kafein dalam kacang ini, terutama bagi Anda yang memiliki reaksi alergi kafein. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda apakah boleh kacang kola ini Anda konsumsi.

Kami juga menyediakan tanaman kacang kola yang siap melengkapi tanaman buah Anda di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda 🙂

Produk terbaru

Rp 20.000
Rp 42.500
Rp 8.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892