Khasiat Buah Asam Kandis Untuk Kesehatan

Bagian tanaman buah kandis yang biasa dijadikan sebagai obat adalah batang, kulit buah dan buahnya sendiri.

Asam kandis (Garcinia xanthochymus) dikenal juga dengan nama gandis atau kandis. Tanaman ini berasal dari famili Clusicae. Asam kandis ini mudah tumbuh di Indonesia. Tanaman kandis berbentuk pohon dengan tinggi 17-20 meter. Batang pohonnya berdiameter 25-50 cm. Tanaman ini memiliki akar papan, sedangkan kulit pohonnya berwarna hitam dengan bercak putih. Daun tunggal tanaman asam kandis ini berbentuk lonjong. Buah dari pohon kandis berwarna kekuningan yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, biji berwarna coklat dan keras. Anda biasanya dapat membeli asam kandis dengan mudah di pasar-pasar tradisional di Indonesia.

Asam kandis memiliki rasa buah yang masam. Buah ini dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, selai, dan biasa pula dibuat acar.

Bagian dari pohon asam kandis yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit batang, kulit buah, juga buahnya itu sendiri. Buah asam kandis kaya akan vitamin C, berkhasiat sebagai antioksidan. Asam kandis biasanya digunakan sebagai obat pelangsing, penyembuh rematik, mengobati radang, mencegah penyempitan pembuluh darah, dan menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga: Manfaat Mengkudu Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Berikut ini beberapa resep herbal yang bisa Anda coba di rumah:

1. Untuk mengobati radang gusi

Salah satu manfaat asam kandis adalah mengobati radang pada gusi.

Sediakanlah dua buah asam kandis, giling sampai halus. Lalu tempelkanlah asam kandis yang sudah digiling pada gigi atau gusi yang sakit selama beberapa saat. Kumur-kumurlah dengan air hangat.

2. Untuk mengobati rematik

Sediakanlah dua sendok makan kulit buah kandis, lalu rebus. Setelah mendidih, saring airnya dan minum hangat-hangat.

Itulah khasiat buah asam kandis untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda berminat, kami juga menyediakan bibit asam kandis di sini untuk Anda tanam di kebun/halaman rumah.