Khasiat dan Manfaat Bunga Nusa Indah

Bunga nusa indah selain dijadikan sebagai tanaman hias, bisa juga dimanfaatkan sebagai obat yang berkhasiat.

Bunga nusa indah (Mussaenda pubescens) adalah bunga yang biasa kita temui di pinggir jalan. Bunga ini biasanya berwarna merah atau putih, walaupun ada juga warna-warna yang lainnya. Masyarakat Melayu Sumatera menyebut bunga nusa indah ini dengan nama lainnya, Daun Putri. Tanaman ini berasal dari famili Rubiaceae, yaitu keluarga kopi-kopian. Bunga nusa indah biasanya tumbuh secara liar di semak-semak dan lereng perbukitan. Namun seiring perkembangan zaman, tanaman bunga nusa indah ini kini sering dijadikan tanaman hias di rumah.

Baca juga artikel mengenai Cara Menanam Dan Merawat Bunga Nusa Indah (Mussaenda)

Tanaman bunga nusa indah tergolong ke dalam tanaman perdu. Batangnya bisa tumbuh dengan ketinggian 2-3 meter. Memiliki banyak ranting di batangnya dan tumbuh rimbun walaupun berdaun tunggal. Bunga jantan dari tanaman bunga nusa indah ini akan berubah menjadi buah yang bentuknya bulat panjang yang memiliki paruh di ujungnya.

Daun nusa indah yang kaya manfaat.

Tanaman bunga nusa indah ini dipercaya berkhasiat untuk mengobati demam akibat udara panas, mengobati keracunan makanan, mencegah kanker payudara, mengobati diare, mengobati bronkitis, dan mengobati keracunan makanan.

Bagian batang bunga nusa indah biasanya dimanfaatkan dalam penyembuhan batuk, demam, influenza, bronkitis, radang tenggorokan, radang amandel, radang usus, disentri, bisul, diare, keracunan makanan, menyembuhkan koreng, menyembuhkan radang ginjal, menghentikan pendarahan pada wanita, dan menyembuhkan luka.

Selain bagian batangnya, bagian akar dari tanaman bunga nusa indah pun memiliki khasiat untuk menyembuhkan cacingan pada anak, menyembuhkan masuk angin, mengobati kanker payudara, dan meredakan mata merah,

Pada umumnya bagian batang, daun atau akarnya bisa direbus dengan tanaman herba lainnya, lalu disaring. Hasil sarigan tersebut bisa diminum secara teratur.

Itulah informasi mengenai manfaat bunga nusa indah. Pemanfaatan tanaman bunga indah yang teratur dapat menyembuhkan penyakit dengan lebih optimal. Walaupun begitu, berkonsultasi lebih dulu kepada dokter sangatlah dianjurkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Lihat di sini berbagai jenis tanaman bunga nusa indah.