GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun

Wednesday, January 4th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!
Buah zaitun yang menyerupai batu-batu kecil dan contoh minyak zaitun murni.

Buah zaitun yang menyerupai batu-batu kecil dan contoh minyak zaitun murni.

Minyak zaitun atau olive oil adalah hasil dari ekstrak buah zaitun. Buah zaitun sendiri dihasilkan dari buah zaitun dan biasanya tumbuh di daerah daratan beriklim panas juga sedang. Buahnya berbentuk bulat menyerupai batu-batu kecil. Pohonnya dikenal sebagai pohon yang berumur panjang karena dapat hidup selama lebih dari 500 tahun lamanya.
Minyak zaitun memiliki kandungan senyawa kimia dengan segudang manfaat. Antara lain:

  •  Asam lemak tak jenuh tunggal jenis omega 9. Lemak ini sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki kadar omega 9 sekitar 55 – 83 persen.
  •  Zat besi dan Kalsium. Kadar dari kedua kandungan ini sebenarnya tidak terlalu banyak terdapat dalam minyak zaitun, namun dapat dimanfaatkan dengan mencampurkan minyak zaitun dalam makanan yang mengandung zat besi dan kalsium. Jika makanan yang mengandung zat besi diolah dan dikombinasikan dengan minyak zaitun yang juga mengandung zat besi, maka manfaatnya akan dua kali lebih baik lagi untuk tubuh.
  • Polifenol dan Pottasium. Polifenol adalah zat antioksidan yang terdapat didalam minyak zaitun. Kadar polifenol dalam minyak zaitun terhitung cukup tinggi, zat inilah yang paling banyak digunakan dalam pembuatan bahan-bahan kosmetik. Sedangkan kandungan pottasium dapat membantu proses pengeluaran sodium dari dalam tubuh sehingga dapat menstabilkan tekanan darah.
  • Vitamin E dan K. Vitamin E alpa tocoperol adala vitamin yang dibutuhkan kulit karena dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Sedangkan vitamin K berpotensi menambah massa tulang sehingga tulang dapat tetap kuat.

Dengan senyawa-senyawa yang dimiliki oleh minyak zaitun tersebut, maka tidak heran jika banyak pihak yang bergerak di berbagai bidang tertarik untuk mengolahnya menjadi produk-produk berkualitas dengan nilai jual yang tinggi. Minyak zaitun sangat populer digunakan dalam bidang kecantikan, bidang kesehatan ataupun bidang kuliner.
Berikut dijabarkan satu persatu kelebihan minyak zaitun yang dimanfaatkan oleh bidang-bidang tersebut:

1. Dalam bidang kecantikan

  • Merawat kulit wajah

Setiap orang ingin memiliki kulit yang halus, lembut dan kencang. Terkhusus untuk kaum wanita, kulit wajah yang berjerawat, berkomedo, kering, berminyak,keriput diusia dini, atau kusam adalah masalah serius yang harus diatasi. Masalah kulit seperti itu dapat diatasi dengan memanfaatkan minyak zaitun. Kandungan minyak zaitun yang dapat meregenerasi kulit dan melepaskan kulit mati dapat membantu pertumbuhan kulit baru secara alami.

Hal ini membuat kulit wajah tetap lembab dan halus, sehingga wajah jadi terhindar dari kulit kering dan berminyak yang dapat menimbulkan masalah jerawat. Caranya sangat mudah, cukup campurkan bahan masker alami yang biasa anda gunakan dengan minyak zaitun. Misalnya, bubuk cendana, bengkoang parut, atau susu lalu tambahkan minyak zaitun secukupnya. Setelah itu, oleskan pada wajah hingga merata. Tunggu sampai sekitar 15 menit, bilas dengan air dingin dan keringkan dengan menepuk-nepuk lembut wajah dengan telapak tangan.

Dapat juga dengan hanya mengoleskan minyak zaitun ke wajah anda menjelang tidur malam, itu membantu merilekskan wajah anda yang lelah dan akan terlihat segar dipagi harinya. Selain itu, untuk membersihkan wajah dari make-up, minyak zaitun juga dapat digunakan. Beri sedikit minyak zaitun pada kapas, lalu oleskan pada wajah yang sisa make-upnya ingin dibersihkan.

Untuk merawat kecantikan wajah, selain minyak zaitun, Anda juga bisa mengaplikasikan bahan-bahan alami seperti jeruk nipis, kopi dan tomat yang semuanya telah dibahas di blog Kami.

Minyak zaitun berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit wajah sehingga tetap kencang dan lembut.

Minyak zaitun berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit wajah sehingga tetap kencang dan lembut.

  •  Merawat kulit tubuh

Selain berkhasiat merawat kulit wajah, minyak zaitun juga dapat membantu melembabkan dan menghaluskan kulit tubuh. Caranya bisa dengan mencampurkan minyaak zaitun ke dalam air mandi atau bisa dengan langsung mengoleskannya pada kulit tubuh.

Salah satu produk kecantikan yang diolah dari minyak zaitun.

Salah satu produk kecantikan yang diolah dari minyak zaitun.

  • Melembutkan dan memerahkan bibir

Memiliki bibir yang merah alami juga lembut sudah pasti menjadi impian setiap wanita. Namun terkadang masalah seperti bibir kering, pecah-pecah dan cenderung berwarna hitam dapat membuat kepercayaan diri kita turun.
Minyak zaitun mengandung nutrisi yang dapat menutrisi bibir menjadi sehat. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada bibir secara teratur, dapat memunculkan warna merah alami pada bibir dan juga melembutkannya.

  • Merawat Rambut

Sejak zaman Mesir kuno, senyawa yang terdapat dalam minyak zaitun dipercaya dapat menyuburkan atau memanjangkan rambut serta mengatasi kerusakan rambut. Hanya dengan mengoleskannya di area kulit kepala, pijat, diamkan beberapa saat lalu keramas.

2. Dalam bidang kesehatan

  • Menurunkan angka kematian

Sebuah studi yang telah diterbitkan di majalah Lants tahun 1999 menyatakan bahwa ada sebuah negara di Eropa yang bergama Islam memiliki jumlah kematian yang sangat sedikit. Negara tersebut adalah Albania. Perbandingannya mencapai 41 : 100.000 orang. Hal itu terjadi karena penduduk dari negara itu setiap harinya mengkonsumsi minyak zaitun. Kandungan minyak zaitun menurunkan angka kematian karena dapat mencegah penyakit-penyakit seperti penyakit jantung atau stroke, kanker, mencegah osteoporosis, menurunkan kolesterol jahat, mengobati tukak lambung, mencegah penyumbatan pembuluh darah dan mengatasi wasir.

3. Dalam bidang kuliner

Salad buah dan sayur dapat dicampurkan minyak zaitun sehingga menjadi pilihan makanan sehat yang enak.

Salad buah dan sayur dapat dicampurkan minyak zaitun sehingga menjadi pilihan makanan sehat yang enak.

Bagi orang yang sangat memperhatikan kesehatan tubuh, memilih-milih makanan yang akan dimakan sudah menjadi upaya yang tepat agar tetap menjaga kesehatannya. Biasanya orang yang seperti itu akan cermat memilih makanan yang di proses secara sehat. Misalnya dengan mengkonsumsi salad dari campuran buah dan sayur yang ditambahkan minyak zaitun atau makanan yang di goreng menggunakan minyak zaitun.

Kandungan minyaknya yang alami akan mengurangi jumlah kolesterol jahat. Namun menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng makanan harus dilakukan dengan tetap memperhatikan temperaturnya. Pada saat penggorengan, temperaturnya tidak boleh terlalu tinggi agar dapat menghasilkan makanan yang sehat. Selain itu, minyak zaitun juga populer dikalangan vegetarian yang suka memakan salad yang dicampur dengan minyak zaitun.

Apa yang telah dipaparkan diatas adalah beberapa khasiat dan manfaat minyak zaitun yang dapat digunakan secara alami. Namun sekarang telah banyak sekali produk-produk yang diolah dari minyak zaitun menjadi produk kecantikan yang dibuat dalam bentuk krim wajah, lotion, atau obat-obat untuk mengobati bergbagai macam penyakit, juga bahan pengolah makanan yang dapat digunakan dan dikonsumsi secara praktis.

Selain segudang manfaat zaitun diatas, ternyata tanaman buah zaitun juga dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai hias. Daunnya yang unik memang cukup indah, ditambah lagi pohon yang satu ini merupakan salah satu tanaman langka yang ada di Indonesia. Jika Anda ingin memiliki tanaman buah yang satu ini di rumah, kami menyediakan tanaman zaitun yang masih berupa bibit (20-30 cm).

Produk terbaru

Rp 20.000
Rp 42.500
Rp 8.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892