GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Khasiat dan Manfaat Tanaman Herbal Patikim/Semanggi Gunung

Thursday, August 10th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Patikim memiliki daun menyerupai daun clover yang biasanya tumbuh liar di tempat lembab dan banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Tanaman herbal patikim atau semanggi gunung (Hydrocotyle sibthorpioides) merupakan tanaman menjalar yang tergolong dalam genus Hydrocotyle dan famili Araliaceae. Patikim memiliki banyak nama lokal, seperti antana beurit, pegagan embun, dan antana lembut di tanah Sunda; katepan, andem, semanggi, dan redeng di Jawa; take cena di Madura.

Semanggi gunung biasanya tumbuh dengan subur di tempat lembab, baik itu tempat terbuka maupun tempat teduh. Tanaman herbal patikim bisa juga dijumpai di pinggiran jalan dan di lapangan rumput dengan mudah. Semanggi gunung tumbuh merayap dan panjang batang tegaknya bisa mancapai 45 cm. Daunnya berwarna hijau. Bunganya akan keluar ketika daunnya sudah berwarna kuning.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Herbal Patikim/Semanggi Gunung untuk Kesehatan

Tanaman herbal patikim atau semanggi gunung memiliki sifat manis, sedikit pedas, menyejukkan dan berfungsi sebagai anti radang, menghilangkan pembengkakan, antibiotik, peluruh air seni, penurun panas, peluruh dahak, dan menetralisir racun.

Berikut khasiat dan manfaat patikim untuk kesehatan:

1. Mengobati asma

Seluruh bagian tanaman dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan, baik itu dalam kondisi kering maupun masih segar. Untuk sesak napas atau asma, Anda dapat merebus 10-15 gram semanggi gunung segar, atau Anda juga bisa menumbuknya dan meminum airnya.

2. Meluruhkan air seni

Untuk meluruhkan air seni, Anda dapat merebus 30-40 gram semanggi segar. Ramuan yang sama bisa digunakan pula jika air seni Anda kurang lancar, Anda hanya perlu menambahkan 30 gram gula pasir. Kemudian diminum.

Ilustrasi patikim kering.

3. Mengobati radang tenggorokan

Radang tenggorokan dapat disembuhkan dengan merebus 30-60 gram semanggi gunung segar kemudian tambahkan sedikit garam. Ramuan yang sama dapat Anda gunakan untuk mengobati amandel, namun Anda jangan meminumnya, hanya berkumur saja.

4. Menyembuhkan luka

Untuk mengobati bisul, koreng, dan gumpalan darah, Anda dapat melumatkan semanggi gunung segar kemudian membubuhkannya ke tempat luka.

Baca juga: Tanaman Penyembuh Luka: Jarak Cina

Jika ada yang terkena pengecilan hati, busung, infeksi saluran kencing, sariawan, batuk, dan infeksi bagian tengah telinga, Anda dapat merebus 10-60 gram semanggi gunung lalu minum airnya.

Sekian informasi mengenai manfaat tanaman herbal patikim/semanggi gunung bagi tubuh. Walaupun berkhasiat, Anda harus berhati-hati karena tanaman herbal patikim ini dapat menurunkan sel darah putih ketika Anda meminumnya. Namun setelah pemanfaatan semanggi gunung ini dihentikan, sel darah putih akan kembali normal.

Produk terbaru

Rp 20.000
Rp 42.500
Rp 8.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892