Khasiat Daun Sirih untuk Mata

Mata merupakan indra paling berharga karena dengan mata kita bisa melihat dan mengetahui rupa dan bentuk seluruh isi dunia. Namun tidak sedikit orang-orang yang terlahir dengan keterbatasan indra satu ini. Oleh sebab itu, kita yang dianugrahi kesempurnaan penglihatan seharusnya menjaganya dengan baik. Memiliki mata yang sehat belum tentu terhindar dari keluhan-keluhan seperti mata merah, iritasi atau perih akibat debu dan polusi. Ketika menghadapi masalah tersebut, orang-orang biasanya spontan mengucek-ngucek matanya dengan tangan mereka, hal ini mengakibatkan mata malah semakin merah juga perih. Dan jika dibiarkan, akan membahayakan pupil juga korneanya akhirnya berpengaruh pada fungsi mata.

Daun sirih yang mengandung sifat antibakteri dapat mengobati iritasi pada mata.
Daun sirih yang mengandung sifat antibakteri dapat mengobati iritasi pada mata.

Biasanya orang-orang mengobatinya menggunakan obat tetes mata atau salap. Masalah mata lainnya juga dikeluhkan oleh orang-orang yang tiap harinya bekerja di depan layar komputer, mata bisa saja menjadi minus dan mengakibatkan terjadinya rabun pada mata. Jangankan orang dewasa yang sudah bekerja, anak-anak pun sudah banyak yang rabun mata, alhasil mereka memilih alternatif menggunakan kacamata bahkan ada yang sampai melakukan oprasi. Tentunya itu akan memakan biaya yang banyak, dan tidak semua orang bisa mengambil opsi itu.

Sebenarnya ada tanaman-tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah-masalah pada mata. Kantong anda dipastikan aman-aman saja karena tanaman herbal biasanya dapat tumbuh di sekitar anda, jadi sangat mudah ditemukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiat daun sirih. Untuk pengobatan pada mata, sebaiknya menggunakan daun sirih hijau atau merah. Adapun cara menggunakannya dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Untuk mengobati mata minus, bisa dilakukan dengan cara mencuci bersih 2 lembar daun sirih hijau atau merah. Setelah bersih, tempelkan pada mata kedua mata dengan menggunakan plester. Sebaiknya lakukan setiap hari pada saat tidur malam, jadi keesokan harinya bisa dilepas.
Mata minus dapat diobati dengan terapi daun sirih yang ditempelkan pada kedua mata sepanjang malam disaat tidur.
Mata minus dapat diobati dengan terapi daun sirih yang ditempelkan pada kedua mata sepanjang malam disaat tidur.
  • Untuk mengatasi mata merah atau iritasi dapat dilakukan dengan cara menyiapkan 4 sampai 5 lembar daun sirih hijau atau merah, cuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu rendam ke dalam setengah gelas air panas. Ketika mulai dingin, remas remas daun sirihnya hingga hancur dan tercampur dengan air rendamannya tadi. Selanjutnya, saring dan ambil airnya saja. Air saringan itu bisa digunakan sebagai obat tetes mata jika mata merah.
  • Cara lain untuk mengobati mata yang sakit dapat dilakukan dengan cara merebus 6 lembar daun sirih yang masih segar dengan 2 gelas air. lalu berikan sedikit garam. Setelah itu dinginkan dan ambil airnya saja dengan emnyaring ampas daunnya. Gunakan air rebusan ini sebagai obat tetes mata yang sakit. Teteskan maksimal 2 sampai 3 tetesan saja.
Air rebusan daun sirih dapat digunakan sebagai tetes mata.
Air rebusan daun sirih dapat digunakan sebagai tetes mata.

Walaupun cara-cara tersebut di atas sudah dibuktikan manjur oleh orang-orang, namun ada juga orang yang malah membuat sakit matanya bertambah parah. Hal ini menimbulkan isu-isu akan benar tidaknya penggunaan daun sirih pada mata. Dr. Johan Butaharuk MD, seorang spesialis mata, mengatakan bahwa menggunakan daun sirih dapat membunuh kuman penyebab iritasi pada mata karena daun sirih mengandung sifat antibakteria.

Namun demikian, ditekankan bahwa penggunaan air rebusan daunnya tidak boleh sembarangan dan harus diproduksi atau diolah dengan benar dan ekstra hati-hati. Selain berkhasiat bagi mata, daun sirih juga berkhasiat mengatasi keputihan dan membantu menghilangkan jerawat.

Silahkan klik disini untuk melihat beberapa produk bibit tanaman sirih.