GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Khasiat Daun Tanaman Iler Sebagai Obat Tradisional

Friday, August 18th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tidak hanya sebagai tanaman hias, daun iler dengan daun merah/ungu gelap telah lama dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman iler atau dikenal pula dengan nama jawer kotok, ati-ati, kentangan, atau miana ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Daun tanaman iler yang berwarna merah kehitaman banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal dan telah dipercaya sejak lama mampu menjaga kondisi tubuh. Sisanya, daun tanaman iler yang berwarna-warni, hanya dijadikan tanaman hias.

Daun tanaman iler memiliki bentuk bulat yang ujungnya meruncing. Bagian tepinya memiliki gerigi. Bunga dari tanaman iler ini berwarna putih keunguan. Tanaman iler beraroma harum, walaupun rasa agak pahit. Tanaman iler memiliki batang berbentuk segi empat yang mudah patah, meski demikian, batang yang patah tersebut bisa dengan mudah ditancapkan ke tanah agar tumbuh kembali.

1. Daun iler sebagai obat cacing

Salah satu khasiat daun tanaman iler adalah sebagai obat cacing.

Tanaman iler telah diketahui memiliki banyak kandungan yang bermanfaat, seperti tanin, minyak atsiri, lemak, calcium oxalate, phyosterol, dan pectic substances. Tidak hanya pada daunnya, kandungan tersebut pun terdapat di batangnya. Berdasarkan kandungannya tersebut, daun tanaman iler memiliki efek seperti obat cacing.

Untuk mengatasi cacing belang, gilinglah 7 helai daun iler yang sudah dicuci bersih. Tambahkan setengah cangkir air dan satu sendok makan madu. Saringlah dan minum airnya sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

2. Daun iler sebagai obat sembelit

Sebagai pengobatan sembelit, rebuslah 5 helai daun tanaman iler dengan segelas air sampai sisa setengahnya. Kemudian saring dan tambahkan satu sendok makan minyak kacang. Minumlah sekaligus.

3. Daun iler sebagai obat ambeien

Ternyata, ambeien pun bisa diredakan dengan memanfaatkan daun tanaman iler ini. Caranya dengan merebus 17 helai daun iler, 7 helai daun ngokilo, 3 potong kunyit yang telah dimemarkan ke dalam 6 gelas air. Rebus hingga air berkurang setengahnya, lalu minum sehari sekali sebanyak satu gelas. Minumlah ramuan ini selama tiga hari.

Baca juga artikel sebelumnya mengenai Manfaat Daun Tanaman Ageratum/Bandotan Untuk Mengatasi Ambeien

4. Daun iler sebagai obat mata merah

 

Daun tanaman iler memiliki manfaat untuk menyembuhkan sakit mata merah.

Caranya dengan meminum air rebusannya. Untuk membuat air rebusannya tersebut, cuci lima 5 helai daun iler lalu rebus dengan segelas air sampai tinggal setengahnya. Minum sampai habis. Anda juga bisa menggunakan remukkan daun iler yang sudah dicuci bersih ini dengan langsung menempelkannya pada mata.

5. Daun iler sebagai obat penyakit kulit

Selain mengobati sakit mata merah, daun iler pun mampu mengobati bisul, borok, abses, maupun luka lainnya. Caranya dengan mengeluarkan cairan dari daun iler yang telah dicucui bersih dengan cara menumbuknya atau meremasnya. Tempelkan remasan daun tanaman iler yang berair itu langsung pada bagian kulit Anda yang bermasalah. Gantilah remasan daun iler pada kulit Anda sebanyak tiga kali sehari.

6. Daun iler sebagai obat keputihan

Air rebusan daun iler juga memiliki manfaat yang baik dalam mengatasi masalah gangguan pencernaan dan keputihan.

Sekian informasi mengenai manfaat daun tanaman iler. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Produk terbaru

Rp 59.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892