GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Khasiat Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh

Tuesday, January 10th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

 

Pohon lengkuas nampak seperti pohon jahe jika diliat sepintas mata.

Pohon lengkuas nampak seperti pohon jahe jika dilihat sepintas mata.

Lengkuas atau laos merupakan tumbuhan tegak tinggi yang termasuk dalam jenis umbi-umbian. Batangnya yang ditutupi oleh pelepah-pelepah daun dapat mencapai 2,5 meter dan dapat hidup di daratan tinggi ataupun rendah. Daunnya berwarna hijau panjang-panjang dengan ujung runcing dan tepinya yang rata, bunganya tumbuh diujung tumbuhan, dan umbinya tertanam di bawah tanah dengan serat kasar, kulit mengkilap dan beraroma khas. Umbi yang tertanam inilah yang merupakan bagian yang dimanfaatkan manusia. Di Indonesia, tanaman yang memiliki nama latin Alpinia galanga ini terkenal sebagai tanaman yang diolah menjadi bumbu masakan tradisional. Pada dasarnya lengkuas memiliki 2 jenis varian, yaitu lengkuas dengan rimpang umbi berwarna putih dan rimpang umbi berwarna merah. Lengkuas rimpang umbi putih inilah yang biasanya digunakan ibu-ibu sebagai bumbu dapur sedangkan lengkuas rimpang umbi merah sering dijadikan obat-obatan herbal.

Contoh lengkuas putih yang telah diparut. Biasanya parutan lengkuas ini langsung digunakan sebagai bumbu masakan.

Contoh lengkuas putih yang telah diparut. Biasanya parutan lengkuas ini langsung digunakan sebagai bumbu masakan.

Lengkuas memiliki kandungan senyawa aktif yang berguna bagi kesehatan tubuh, yaitu dominan akan minyak atsiri berwarna kuning kehijauan, galangin, seskuiterpen, methyl-cinnamate, sineol, resin, apinen kamfer, kaemferida, kadinen, heksabidrokadalen hidrat, zat besi, vitamin A dan C, kuersetin, amilum, senyawa flavanoid , fitonutrien, sodium, dan masih banyak lagi.

Lengkuas merah biasanya digunakan sebagai obat-obatan herbal yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lengkuas merah biasanya digunakan sebagai obat-obatan herbal yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dengan kandungan-kandungan yang dimiliki lengkuas, maka tanaman ini biasanya dibuat ramuan-ramuan tradisoanal sederhana yang berkhasiat untuk:

1. Mengobati sakit limpa
Cara penggunaannya adalah dengan merebus 3 gelas air dengan memasukkan 2 rimpang umbi lengkuas masing-masing sebesar ibu jari, 3 rimpang umbi temulawak juga sebesar ibu jari dan segenggam daun meniran. Rebuslah hingga mendidih, setelah dingin, minumlah air hasil rebusannya pada pagi dan sore ditiap harinya.

2. Mengobati Rematik
Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan lengkuas dengan telur ayam kampung. Pertama-tama 2 rimpang lengkuas harus dikupas dan diparut. Setelah itu, ambil airnya saja dengan cara memeras lengkuas yang telah diparut halus tadi. Simpan air hasil perasannya di dalam wadah seperti mangkuk kecil atau gelas. Pecahkan telur dan ambil kuningnya saja. Campurkan kedalam air perasan lengkuas tadi. Setelah itu kocok atau aduk hingga merata. Ramuan ini dapat diminum sehari sekali.

3. Mengatasi batuk bronkhitis
Caranya dengan menumbuk masing-masing 2 rimpang sebesar ibu jari umbi lengkuas, helia dan temulawak bersama dengan segenggam daun pecut kuda, 0,5 genggam daun iler dan kayu manis secukupnya saja. Setelah semua bahan itu halus, rebus ke dalam 3 gelas air. Minumlah ramuan ini pada pagi dan sore hari dalam keadaan hangat.

4. Membangkitkan gairah seks
Cara penggunaannya adalah dengan memarut 2 rimpang umbi lengkuas dan 3 rimpang umbi helia. Setelah kedua bahan itu halus, peraslah dan ambil air perasannya saja. Kemudian tambahkan perasan 2 buah jeruk nipis, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh merica juga 1 ragi tapi. Campurkan semua bahan tersebut dengan cara mengaduknya dengan rat, tambahkan air setengah gelas. Setelah itu, minumlah pada pagi dan sore hari secara rutin.

5. Menambah nafsu makan
Cara penggunaannya adalah dengan mengambil masing-masing 1 rimpang umbi lengkuas dan temulawak dengan ukuran sebesar ibu jari. Rebus bersama 3 gelas air dan tambahkan sedikit adas pulawaras. Ramuan ini dapat diminum pada pagi, siang dan malam.

6. Mengobati penyakit kulit seperti panu atau kurap
Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus rimpang umbi lengkuas secukupnya bersama dengan kapur sirih. Setelah kedua bahan itu halus, oleskanlah pada area tubuh yang terkena panu atau kurap. Lakukan ini pada pagi dan sore hari secara rutin hingga panu atau kurap di tubuh anda benar-benar hilang.

7. Mengobati penyakit campak atau morbili
Cara penggunaannya dengan menumbuk 4 rimpang umbi lengkuas. Setelah halus, tambahkan 2 sendok teh minyak gondopura dan 1 sendok teh minyak kayu putih. Ramuan ini digunakan untuk pemakaian luar dengan cara mengoleskannya pada area campak.

Selain itu, lengkuas memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah proses terbentuknya radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan dini juga membasmi dan menghilangkan bekas jerawat. Jadi jangan heran jika lengkuas juga kadang digunakan sebagai bahan untuk membuat produk-produk kosmetik.

Salah satu bentuk produk kecantikan hasil olahan lengkuas yang dibuat dalam bentuk sabun wajah.

Salah satu bentuk produk kecantikan hasil olahan lengkuas yang dibuat dalam bentuk sabun wajah.

Di samping itu, dengan mengkonsumsi lengkuas, maka tubuh akan menfilter nutrisi-nutrisi asing yang masuk ketubuh karena antioksidannya dapat membunuh dan menghancurkan racun-racun di dalam tubuh. Lengkuas merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah. Cobalah tanam sendiri di pekarangan rumah anda. Jadi disamping dapat menggunakannya langsung sebagai penyedap masakan dirumah, anda juga dapat membuat ramuan-ramuan sederhana berkhasiat dari tanaman ini dengan mudah.

Produk terbaru

Rp 40.000
Rp 40.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892