Khasiat & Manfaat Akar Tanaman Valerian

Bunga valerian berwarna merah muda atau terkadang putih dan memiliki aroma manis yang khas.

Apakah Anda sedang berjuang untuk melawan insomnia atau sulit tidur di malam hari? Apakah Anda sudah tahu kalau ada sebuah tanaman yang bisa digunakan untuk mengobati insomnia atau kegelisahan yang mengakibatkan sulit tidur? Tanaman obat ini disebut valerian.

Akar valerian secara besar-besaran digunakan oleh banyak orang bahkan oleh dokter karena efek sedatifnya dan kemampuannya dalam melawan kegelisahan.

Akar valerian berukuran kecil. Beraroma sedikit menyengat, perpaduan antara rasa manis dan sedikit pahit.

Mungkin Anda pernah mengonsumsi akar valerian ini dan tidak menyadarinya. Akar valerian sangat umum dicampurkan dalam teh yang membuat rasa nyaman dan memudahkan kita untuk tidur. Bahkan bukan hanya untuk membuat tidur, secara mengejutkan valerian bisa membuat pengonsumsinya tenang bahkan bisa menurunkan tekanan darah.

Khasiat dan Manfaat Akar Tanaman Valerian

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat akar tanaman valerian:

  1. Obat tidur yang alami

Penelitian menunjukkan bahwa valerian dapat memperbaiki kualitas tidur seseorang. Jadi, jika Anda sulit tidur, mungkin inilah satu-satunya yang patut Anda cari. Tidak seperti obat tidur yang biasa disarankan oleh dokter, valerian memiliki sedikit efek samping dan mampu mengurangi rasa kantuk di pagi hari.

Dalam dua penelitian lain yang dilakukan secara bersamaan oleh Foellinge Health Center in Sweden, efek valerian pada orang yang kekurangan tidur sangatlah signifikan tanpa menimbulkan efek samping. 44% sampel dilaporkan bisa tidur dengan sempurna sementara 89%-nya mengalami tidur yang lebih baik setelah mengonsumsi akar valerian.

  1. Menenangkan kegelisahan

Ilmuan telah menemukan bahwa akar valerian meningkatkan kandungan senyawa kimia yang disebut gamma aminobutyric acid (GABA) di dalam otak. GABA membantu mengatur urat syaraf dan menenangkan kegelisahan. Obat-obatan seperti alprazolam (Xanax) dan diazepam (Valium) juga bekerja dengan menambah jumlah GABA dalam otak. Asam valerenik dan valerenol yang terkandung dalam ekstrak akar valerian bertindak sebagai agen antikegelisahan.

Akar valerian yang telah dikeringkan biasanya ditambahkan pada teh. Akar dari tanaman ini mengandung banyak senyawa yang mampu memberi efek menenangkan.

Sangat mengagumkan ketika sebuah obat tradisional, seperti akar valerian, bisa berdampak sama seperti obat yang diresepkan dokter.

  1. Menurunkan tekanan darah

Setelah Anda tahu bahwa akar valerian bisa menenangkan pikiran dan tubuh, mungkin Anda tidak akan terkejut jika akar valerian bisa menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung. Komponen aktif yang mampu mengurangi stress dan kegelisahan, juga bisa memperlancar peredaran darah dan memperlancar tekanan darah.Tekanan darah tinggi berdampak pada kemungkinan terkena stroke dan serangan jantung.

  1. Menghilangkan kram menstruasi

Akar valerian adalah pilihan terbaik yang alami untuk mengurangi kram menstruasi. Tanaman herbal tersebut bisa mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman saat menstruasi.

Akar valerian adalah obat penenang/pereda nyeri dan antipasmodik yang alami. Oleh karena itu akar valerian mampu merelaksasi otot secara alami.

  1. Mengurangi stress

Dengan mengurangi kegelisahan dan memperbaiki kualitas tidur, akar valerian secara signifikan mampu mengurangi stress sehari-hari. Stress yang kronis bisa membuat diri menjadi gelisah, tapi gelisah bisa juga membuat diri menjadi lebih stress.

Itulah beberapa khasiat dari mengonsumsi akar valerian. Tanaman ini sangat direkomendasikan untuk penderita insomnia. Manfaat mengonsumsi valerian secara signifikan mungkin bisa terlihat setelah dua minggu. Jika Anda masih ragu, Anda bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter Anda. Untuk produk bibit tanaman valerian bisa Anda dapatkan disini.

Selamat mencoba!