Lamb’s Lettuce, Selada Paling Bernutrisi dan Unik

lambs-lettuce

Salah satu sayuran impor yang mungkin belum sering didengar di Indonesia adalah lamb’s lettuce atau dapat saya sebut ‘seladanya anak domba’. Lamb’s lettuce (Valerianella locusta) atau sering juga disebut corn salad atau mache lettuce merupakan tanaman sayur yang daunnya dapat dimakan, dengan karakteristik rasa yang nutty, warna yang hijau gelap, tekstur sayuran lembut, dan populer dijadikan salad.

sayur-mache

Lamb’s lettuce seperti yang saya sebutkan di awal artikel ini, berasal dari kata lamb yang berarti anak domba, dan lettuce yang berarti selada. Nama yang janggal ini rupanya cukup beralasan, karena ukuran daun dan bentuk daunnya mirip seperti lidah anak domba. Nama corn salad untuk tanaman ini sebenarnya agak lucu, karena pada awalnya lambs lettuce ditanam sebagai weed atau tumbuhan pengganggu di ladang gandum (disebut corn karena orang Eropa menyebut sisa gandum sebagai corn, jadi bukan corn jagung ya.

Nama lainnya selain corn salad adalah mache, fetticus, fedsalat, nut lettuce, dan rapunzel. Di restoran makanan Perancis sayur ini disebut raiponce atau doucette. Sayur ini sangat bernutrisi. Dibanding selada biasa, sayur ini mengandung 3 kali lebih banyak vitamin C, dan juga kaya akan zat besi, beta karotin, potasium, dan vitamin B6. Lebih baik dipanen ketika bunganya belum keluar. Karena seperti halnya bayam, daun sayur ini dapat menjadi berserat ketika sudah tua.

Penjelasan fakta kesehatan yang mungkin menjadikan sayuran ini patut dicoba:

  1. Seperti yang tadi disebutkan, mengandung banyak vitamin C. Ternyata studi menunjukkan bahwa daun tanaman ini mengandung banyak sekali vitamin C, bahkan hampir sama kandungan vitamin C nya dengan jus lemon. Vitamin C, seperti yang kita ketahui, merupakan sumber antioksidan terbaik, berguna untuk mengatasi penuaan dini, dan perlindungan terhadap radikal bebas.
  2. Mengandung banyak vitamin B untuk metabolisme dan daya tahan tubuh yang lebih sehat.
  3. Mengandung zat besi sebanyak zat besi yang terkandung di bayam. Dan karenanya, jangan memanasi sayur lambs lettuce lebih dari sekali, karena masuk dalam kategori membahayakan bagi tubuh.
  4. Selain itu lambs lettuce memiliki vitamin B6 yang secara aktif mempromosikan pertumbuhan sel tissue dalam kulit. Sehingga banyak orang yang mengatakan, diet dengan makan lambs lettuce adalah diet anti selulit.
  5. Sangat baik untuk organ jantung.

Dari sisi sejarah, lambs lettuce aslinya ditemukan oleh petani Eropa, kemudian dikenalkan ke dunia oleh pekebun kerajaan yang bekerja untuk King Louis XIV. Lambs lettuce telah dikonsumsi oleh masyarakat Inggris selama beratus tahun. Di Inggris ditumbuhkan secara komersila pada abad ke-18 atau 19.

Tertarik mencobanya? Kami menyediakan benih lambs lettuce yang diimpor langsung dari Inggris. Silahkan kunjungi website kami untuk mengetahui lebih banyak tentang produk-produk sayur daun selada unik impor yang kami jual disini, termasuk sayur anak domba ini 😉