Legenda, Makna dan Fakta Bunga Amarilis

Amarilis memiliki bunga berbentuk corong berukuran besar membuatnya nampak mencolok di antara tanaman hias lainnya.

Amarilis (Amaryllis spp.) adalah tanaman hias yang populer karena kecantikan bunganya. Amarilis biasa dijumpai di pekarangan ataupun ditanam dalam pot. Tangkainya yang panjang juga sangat cocok dijadikan sebagai bunga potong.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Amarilis

Legenda Bunga Amarilis

Tahukah Anda? Dibalik namanya yang elok, amarilis ternyata menyimpan kisah cinta yang tragis. Legenda menyatakan bahwa amarilis merah memiliki kaitan dengan kisah cinta peri Amaryllis yang jatuh hati kepada seorang gembala bernama Alteo. Pemuda ini memiliki ketampanan seperti Apollo dan kekuatan seperti Hercules. Tapi sayangnya, cinta peri Amaryllis bertepuk sebelah tangan 😥 . Ia berharap bisa memenangkan hati Alteo dengan meminta nasehat oracle di Delphi.

Sesuai petunjuk, ia pun muncul di depan pintu Alteo dengan mengenakan gaun berwarna putih dan menusuk hatinya dengan panah emas. Begitu seterusnya hingga hari ke 30 Alteo baru membukakan pintunya. Betapa terkejutnya sang pemuda menyaksikan bunga-bunga cantik berwarna merah bermekaran di sepanjang jalan. Konon, bunga tersebut berasal dari tetesan darah sang peri. Itulah kenapa bunga amarilis banyak dijumpai berwarna merah. Dari situlah asal mula dari nama bunga Amarilis.

Arti dan Makna Bunga Amarilis

Meski para ahli botani sempat kebingungan dalam pengelompokannya, simbolisme dari bunga amarilis tidaklah berubah selama berabad-abad.

Selama bertahun-tahun ada kebingungan di kalangan ahli botani atas nama pengelompokan Amaryllis dan Hippeastrum. Amarilis pertama kali mengundang perhatian tukang kebun di Eropa pada tahun 1800-an. Banyak kultivar amarilis yang secara umum disebut lily karena bentuk bunga dan kebiasaan tumbuhnya yang hampir mirip. Padahal amarilis jelas beda dari tanaman bunga lily yang sebenarnya.

Orang-orang Yunani menyebut bunga ini sebagai Amarullis yang berarti “kemegahan” atau “berkilau”. Bagi pria, amarilis berarti kuat, kepercayaan diri dan kecantikan dari seorang wanita. Bentuk bunganya yang menyerupai bintang dan terompet juga melambangkan suatu kebanggaan.

Karena amarilis memiliki mahkota bunga yang besar sehingga sangat menarik perhatian, ia menjulang tinggi di antara bunga-bunga lainnya. Batangnya yang menjulang tinggi mengisyaratkan suatu kesombongan. Bagaimanapun, sebutan sombong untuk seorang wanita pada jaman itu mengacu sebagai pujian untuk wanita cantik.

Arti dan makna bunga amarilis berdasarkan warnanya

Bunga amarilis tidak hanya berwarna merah atau putih tapi juga terdapat warna-warna lain, bahkan perpaduan anatara dua warna seperti putih dan pink.

Berikut arti bunga amarilis berdasarkan warnanya:

  • Amarilis merah: Gairah, Cinta (baik yang terbalas maupun tak terbalas)
  • Amarilis ungu: Warna ungu pada bunga amarilis tidak hanya berarti kedudukan tapi juga bermakna sisi spritual dari kehidupan.
  • Amarilis jingga: Kesehatan dan kebahagiaan
  • Putih: Kemurnian, feminitas dan rasa tidak bersalah. Amarilis putih yang menyerupai lily melambangkan berkabung untuk orang yang dicintai
  • Merah muda: Cinta dan persahabatan antara lawan jenis.
  • Kuning: Keberuntungan masa depan.

Baca juga: Arti Dan Makna Bunga Azalea

Fakta Tentang Bunga Amarilis:

Nama lain dari bunga amarilis adalah naked ladies dan belladonna lilies.
  •  Tidak semua penjaga toko bunga menyadari bunga amarilis sesuai yang dimaksud oleh ahli botani. Sebagian lainnya menganggap bunga dari genus Hippeastrum adalah bunga amarilis.
  • Genus Amaryllis hanya memiliki dua spesies di dalamnya yaitu Amaryllis belladonna L. dan  Amaryllis paradisicola, itulah kenapa beberapa jenis amarilis dianggap langka.
  • Nama lain dari bunga amarilis adalah naked ladies dan belladonna lilies.
  • Umbi amarilis dapat hidup dan tahan hingga 75 tahun lamanya.
  • Bunga amarilis menarik perhatian kupu-kupu dan lebah yang juga dimanfaatkan dalam proses penyerbukan bunga.
  • Bunga amarilis menghasilkan minyak esensial yang digunakan dalam pembuatan parfum dan produk aromaterapi. Aroma tersebut mampu memberi perasaan menenangkan dan membangkitkan energi.
  • Sayangnya, bunga, daun dan umbi sebelum diolah tidak hanya beracun bagi manusia tapi juga bagi hewan seperti aning dan kucing. Jauhkan tanaman dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Itulah legenda, makna dan fakta dari bunga amarilis yang berhasil kami rangkum. Semoga informasi ini menjawab rasa penasaran Anda tentang hal-hal yang berkaitan dengan bunga amarilis.

Lihat di sini koleksi lengkap bunga amarilis kami.