Macam-macam dan Jenis Bunga Anggrek yang Ada di Indonesia

Anda pasti sudah tidak asing dengan bunga anggrek, bunga anggrek banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Macam-macam dan jenis bunga anggrek yang ada di Indonesia sekitar 5000 hingga 6000 spesies dari 26 ribu spesies yang tersebar di seluruh dunia. Anggrek yang ada di Indonesia juga ada yang memang dilindungi dan ada yang diperjualbelikan secara bebas di pasar Indonesia. Anggrek yang dilindungi karena memang langka dan dibudidayakan. Sedangkan, bunga anggrek yang diperjualbelikan bebas karena sudah banyak dibudidayakan oleh warga Indonesia.

Macam-macam dan Jenis Bunga Anggrek yang Berbentuk Unik dan Eksotik

Berikut ini adalah beberapa bunga anggrek yang berbentuk unik dan eksotik baik yang dilindungi maupun yang dibudidayakan:

Anggrek Kasut Kumis

anggrek-kasut-kumis-langka

Anggrek unik nan eksotik dari macam-macam dan jenis bunga anggrek yang pertama adalah bunga Anggrek Kasut Kumis. Anggrek yang memiliki nama ilmiah Paphiopedilum chamberlainianum merupakan salah satu anggrek yang langka sehingga dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Keunikan Anggrek Kasut Kumis terletak pada bentuknya yang menyerupai kantung semar dibalut kelopak bunga. Kelopak bunga anggrek unik ini berbentuk kantung semar dengan biji diatasnya sedangkan daunnya yang justru menyerupai kelopak bunga anggrek pada umumnya. Anggrek Kasut Kumis memiliki warna kombinasi ungu dan hijau. Kelopak bunganya dipenuhi oleh warna ungu muda dengan bintik-bintik kecil ungu tua. Sedangkan, daunnya berwarna hijau kekuningan dengan bintik-bintik kecil ungu muda dan berbulu seperti rambutan. Bulu inilah yang membuatnya dijuluki kasut kumis.

Anggrek Cattleya

anggrek-cattleya-jenis-anggrek-dibudidayakan

Anggrek unik nan eksotik berikutnya dari jenis-jenis bunga anggrek adalah Cattleya. Anggrek Cattleya termasuk anggrek yang telah dibudidayakan sehingga bisa diperjualbelikan secara bebas. Keunikan anggrek jenis ini terletak pada bentuk batangnya dan kelopak bunganya. Karena bertipe simpodial, saat ujung batangnya telah tumbuh maksimal dan berhenti, barulah tumbuh tunas anakan yang menjadi kelopak bunganya. Ujung batang yang berhenti berbentuk gelombang sehingga mirip daun bunga. Tunas anakan tumbuh menyerupai beberapa helai kelopak bunga. Ujung batangnya berwarna merah bata dengan bintik-bintik besar kecokelatan dan tunasnya berwarna ungu tua dengan tulang berwarna kuning.

Anggrek Bulan Bintang

anggrek-bulan-bintang-dilindungi-langka

Macam bunga anggrek yang selanjutnya adalah anggrek Bulan Bintang. Sama halnya seperti kasut kumis, anggrek bulan bintang juga tergolong langka dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Anggrek dengan nama latin Paraphalaenopsis denevei memiliki perpaduan bentuk dan warna yang sangat memukau. Sesuai namanya, anggrek langka ini memiliki perpaduan bentuk bulan dan bintang. Petalnya berbentuk bulat layaknya bulan dengan lima kelopak bunganya yang mirip bintang. Selain bentuk, warna anggrek Bulan Bintang juga sangat cantik dengan perpaduan warna putih kekuningan seperti melati dan sentuhan merah dan kuning di beberapa kelopak bunga.

Anggrek Oncidium

anggrek-oncidium-the-dancing-lady

Anggrek unik nan eksotik dari macam-macam dan jenis bunga anggrek yang terakhir adalah anggrek Oncidium. Anggrek unik ini sudah dibudidayakan sehingga tidak dilindungi. Keunikan anggrek Oncidium terletak pada bagian bibir kelopaknya yang mekar layaknya gaun pesta. Jika dilihat dari depan, bunga eksotik ini mirip dengan sosok wanita bergaun pesta besar yang sedang menari sehingga dijuluki the dancing lady.

Demikianlah informasi mengenai beberapa jenis anggrek dengan bentuk unik nan eksotik yang ada di Indonesia baik yang dilindungi maupun tidak. Semoga artikel mengenai macam-macam dan jenis bunga anggrek bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam dunia anggrek. Masih banyak jenis anggrek cantik lainnya yang tidak bisa dibahas dalam waktu sehari.

Tertarik untuk memiliki tanaman anggrek di rumah Anda? Cek yukkk aneka tanaman anggrek kami disini!