Manfaat Apel untuk Kesehatan dan Diet

Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi dan dibudidayakan di dunia, apel meraih predikat peringkat pertama dalam artikel Medical News tentang 10 makanan sehat.

Semua orang pasti mengenal buah yang satu ini. Kita pasti bertanya-tanya apa yang membuat buah apel begitu istimewa? Selama ini kita hanya mengonsumsi apel dan sekedar hanya mengetahui secara umum bahwa buah baik untuk kesehatan tubuh.

Apel (Malus domestica) mengandung antioksidan yang tinggi, flavanoids, dan serat makanan yang penting bagi tubuh. Fitonutrien dan antioksidan pada apel mampu mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, kanker, dan hipertensi.

Apel hampir tidak mengandung lemak, natrium atau kolesterol sehingga mungkin menjadi salah satu makanan paling sehat bagi diet harian Anda. Artikel ini membahas mengenai informasi nutirsi dan manfaat apel untuk kesehatan dan diet.

1. Meningkatkan kesehatan saraf

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan oleh jurnal Experimental Biology and Medicinee menemukan quercetin (salah satu antioksidan yang ditemukan banyak dalam apel) adalah salah satu dari dua senyawa yang membantu untuk mengurangi jumlah kematian sel akibat peradangan neuron.

Mengonsumsi jus apel baik untuk menjaga kesehatan saraf.

2. Mencegah penyakit Demensia

Sebuah penelitian menemukan bahwa memasukkan apel dalam makanan diet Anda dapat memainkan peran penting dalam mencegah risiko gangguan neurodegeneratif pada penyakit Alzheimer.

3. Mengurangi risiko stroke

Telah dilakukan sebuah penelitian yang melibatkan 9.208 wanita dan pria meyimpulkan bahwa mereka yang memakan apel selama periode waktu 28 tahun memiliki risiko rendah terserang penyakit stroke.

4. Menurunkan LDL (kadar kolesterol jahat)

Sebuah penelitian telah dilakukan mengenai manfaat apel untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Sekelompok wanita tua mengonsumsi apel secara teratur selama enam bulan mengalami penurunan 23% kolesterol LDL.

5. Mengurangi risiko diabetes

Bagi Anda penderita diabetes mungkin khawatir mengonsumsi apel karena bisa berdampak pada kadar glukosa darah Anda. Kabar baiknya adalah American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan memasukkan buah dalam mencegah diabetes, termasuk apel yang kaya serat.

6. Menangkal kanker payudara

Penelitian telah lama menganalisis efek positif dari kulit apel pada sel prostat dan kanker payudara. Mengonsumsi apel secara teratur mampu mencegah Anda dari penyakit berbahaya seperti kanker payudara.

Baca juga Daun Sirsak Sebagai Obat Kanker.

7. Mencegah Obesitas

Mengonsumsi apel secara teratur merupakan strategi yang baik untuk mencegah obesitas dan gangguan terkait lainnya.

Ditemukan senyawa bioaktif  dari apel yang mempengaruhi bakteri usus sehingga baik untuk diet. 

8. Menyehatkan dan memutihkan gigi

Buah apel memang tidak dapat menggantikan fungsi dari sikat gigi namun mengunyah dan mengigit dagingnya berfungsi melawan bakteri dalam mulut sehingga mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

9. Menyehatkan jantung

Apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan jantung.

Ditemukan senyawa pada kulit apel yaitu fenolik yang mampu menguatkan dinding arteri pada tubuh Anda. Hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari bahaya penyakit jantung.

10. Mencegah penyakit batu empedu

Kandungan pektin dalam apel membantu melawan gejala-gejala penyakit emedu. Rajinlah mengonsumsi buah kaya serat seperti apel, hindari mengonsumsi makanan kaya lemak terutama lemak hewani karena dapat menyebabkan batu empedu.

11. Menyembuhkan sembelit dan diare

Apakah Anda sering mengalami susah buang air besar atau sebaliknya? Serat yang terkandung dalam apel bisa mengatasinya.

12. Mencegah wasir

Wasir terjadi karena adanya pembengkakan pada urat anal kanal, meskipun tidak mengancam kehidupan namun juga sangat mengganggu dan menyakitkan. Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membuat Anda tidak mengejan sangat keras ketika buang air besar, dengan demikian apel dapat menghindarkan Anda dari penyakit wasir.

13. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Senyawa khusus yang ditemukan dalam apel yaitu quercetin telah terbukti secara signifikan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

14. Mencegah katarak

Apel kaya akan antioksidan sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Apel mengandung antioksidan yang tinggi. Mereka yang mengonsumsi apel secara teratur ditemukan bahwa 10-15% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita katarak.

15. Membantu melawan asma

Kulit apel mengandung flavonoid yang disebut quercetin, senyawa tersebut mampu mengurangi peradangan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini adalah dua hal yang mempengaruhi penyakit asma dan reaksi alergi.

16. Menjaga kesehatan tulang

Apel kuning, hijau, bahkan merah dapat menjaga kesehatan tulang. Beberapa studi menunjukkan bahwa buah khususnya apel, dapat secara positif membantu menjaga kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Itulah informasi mengenai manfaat apel untuk kesehatan dan diet. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Baca juga Cara Menanam Apel Dari Biji Yang Baik Dan Benar.

Untuk informasi lanjut mengenai produk bibit tanaman apel, Anda dapat klik disini.