GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

17 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Wednesday, April 26th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Belimbing wuluh telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Jika Anda tinggal di daerah tropis, akan sangat mudah untuk menemukan tanaman ini.

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) atau dikenal pula sebagai belimbing sayur merupakan buah tropis yang aslinya berasal dari Indonesia dan Malaysia. Tanaman buah yang satu ini termasuk dalam genus Averrhoa, famili Oxalidaceae. Tinggi pohonnya bisa mencapai 5-10 m. Buahnya lonjong berwarna hijau kekuningan. Tanaman ini mampu menghasilkan ratusan buah sepanjang tahun. Buahnya mengandung banyak air dan akan jatuh ke tanah saat matang. Setelah dipanen, buah belimbing wuluh memiliki umur simpan pendek, hanya 5 hari.

Belimbing wuluh memiliki konsentrasi asam oksalat yang tinggi dan berguna untuk membersihkan dan memutihkan. Buah ini umumnya dianggap terlalu asam untuk dimakan mentah sehingga digunakan secara luas dalam campuran sup, saus, kari dll. Di Filipina belimbing asam disebut kamias, sedangkan varietas manis disebut balimbing.

Tersedia bibit tanaman belimbing wuluh di sini.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Belimbing wuluh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari buah, daun hingga batang mudanya. Berikut manfaat belimbing wuluh yang belum pernah Anda sadari sebelumnya:

1. Mengontrol hipertensi (tekanan darah tinggi)

Air rebusan belimbing wuluh dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit termasuk hipertensi.

Hipertensi adalah suatu kondisi yang terkait dengan munculnya tekanan darah di arteri. Seseorang dikatakan memiliki hipertensi saat tekanan darahnya konsisten di atas 140/90 mmHg. Buah belimbing wuluh telah digunakan secara tradisional untuk mengendalikan hipertensi. Buah belimbing wuluh direbus dengan 3 gelas air sampai setengah airnya menguap, lalu rebusannya bisa diminum saat sudah suam-suam kuku. Disarankan untuk minum rebusan ini setiap pagi.

2. Mengobati diabetes

Buah belimbing wuluh diketahui bisa menurunkan kadar gula darah. Ada 2 cara untuk mengambil manfaat dari buah ini. Pertama, membuat buah belimbing wuluh menjadi jus dan meminumnya seperti jus buah lainnya. Yang kedua, rebus buahnya dengan 1 gelas air sampai setengah airnya menguap. Lalu saring air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari.

3. Mengobati demam dan flu

Rebusan buah belimbing wuluh sudah digunakan selama berabad-abad yang lalu untuk mengobati demam dan flu. Vitamin C yang tinggi pada buah ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Mengobati batuk

Ekstrak buah belimbing wuluh sering ditambahkan pada sirup obat batuk, karena efek positifnya dalam mengurangi batuk dan pilek. Rasa asam pada buah ini juga membuat sirup batuk terasa lebih enak.

5. Sebagai antibiotik dan analgesik

Getah dari batang muda dan daunnya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi pembengkakan, rematik, panu, gatal, dan sakit akibat gigitan serangga. Batang muda dan daunnya ditumbuk dengan 3-4 siung bawang putih hingga halus. Ramuan tersebut dioleskan ke daerah kulit yang sakit. Efeknya akan mengurangi pembengkakan dan nyeri pada rematik, juga mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh erupsi kulit dan gigitan serangga.

6. Mengobati gondong (parotitis)

Gondong (epidemi parotitis) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus gondong. Virus ini menyerang kelenjar ludah dan menyebabkan pembengkakan pada pipi atau leher bagian atas. Menempelkan batang muda dan daun belimbing wuluh dengan bawang putih yang telah dihaluskan dapat memberi efek positif dalam mengurangi pembengkakan.

7. Mengobati alergi

Meminum Jus buah belimbing wuluh atau daun belimbing wuluh secara teratur dipercaya mampu mengurangi alergi dan melawan obesitas.

Alergi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh hipersensitivitas sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa hal tertentu di luar tubuh. Hal-hal tertentu bisa berupa makanan, obat-obatan, udara (penyebab alergi rhinitis dan asma), logam (menyebabkan dermatitis), dan sebagainya. Gejala-gejalanya meliputi mata merah, gangguan pernapasan, pilek, atau gatal pada kulit.

8. Mengobati wasir

Jus buah belimbing wuluh bisa digunakan untuk mengobati peradangan, termasuk wasir. Efek astringent pada buah ini membantu mengurangi pendarahan pada rektum.

9. Mengobati PMS (Penyakit Menular Seksual)

Di Malaysia, buah dan daun yang telah dikeringkan digunakan untuk mengobati penyakit menular seksual (PMS). Beberapa buah dan daun keringnya direbus dengan 3 gelas air sampai setengah airnya menguap, lalu rebusannya bisa diminum 2 kali sehari.

10. Sebagai tonik setelah melahirkan

Di Asia dan Amerika Latin, daun belimbing wuluh digunakan sebagai tonik setelah melahirkan.

Baca juga: 11 Manfaat Pisang Untuk Diet, Kesehatan, Dan Kecantikan

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan

Vitamin A dan C yang terdapat dalam buah belimbing wuluh mampu membuat kulit tampak lebih cerah, mengurangi bintik hitam dan menjaga kulit tetap kencang karena meningkatkan produksi kolagen, zat yang dibutuhkan untuk menjaga warna kulit.

Berikut manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan kulit:

11. Mengobati jerawat dan mencerahkan kulit

Asam oksalat dan vitamin A dalam buah belimbing wuluh dipercaya mampu mengurangi jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, tumbuk halus buahnya dan aplikasikan pada wajah sebagai masker wajah. Diamkan minimal 30 menit atau sampai masker mengering, lalu basuh muka dengan air hangat.

Lakukan setiap hari, setidaknya selama 3 hari. Anda juga bisa menambahkan buah belimbing wuluh ke dalam jus untuk menambah nutrisi dan rasa yang menyegarkan. Dengan menjadikannya masker wajah dan meminum jus belimbing wuluh secara teratur mampu membuat wajah terlihat lebih cerah, nampak lebih muda dan bintik hitam akan menghilang.

12. Memutihkan kulit wajah

Belimbing wuluh mengandung nutrisi yang dipercaya mampu memutihkan wajah secara alami dan efektif. Anda bisa membuat masker dari buahnya yang telah dihaluskan. Bisa juga dengan digosokkan secara perlahan agar sel-sel kulit mati ikut terangkat.

13. Mencerahkan warna bibir

Kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam buah belimbing wuluh berkhasiat membuat bibir terlihat lebih merona. Oleskan belimbing wuluh yang telah dibersihkan pada bibir, bisa juga ditambahkan dengan madu. Lakukan 2 kali sehari untuk bibir nampak lebih segar dan merona.

14. Mengobati obesitas

Di India, buah belimbing wuluh digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengendalikan obesitas. Mereka percaya bahwa buah belimbing wuluh mengandung agen anti-hiperlipidemia, sehingga bisa mencegah kenaikan berat badan.

Kegunaan Lain Belimbing Wuluh

15. Sebagai bahan furniture

Batang pohon belimbing wuluh bisa tumbuh dengan cepat, terutama di daerah tropis dengan banyak hujan. Batangnya juga bagus untuk dijadikan sebagai bahan perabot rumah tangga.

16. Sebagai tanaman hias

Pohon belimbing wuluh sangat ideal untuk ditanam di halaman belakang dan kebun karena ukurannya yang sedang dan teduh. Bunganya yang berwarna ungu dan buahnya yang hijau bergerombol tergantung di setiap cabang dan batangnya, membuat pohon itu terlihat sangat segar. Ada baiknya memiliki tanaman di rumah, karena bisa meningkatkan aliran oksigen di sekitarnya.

17. Sebagai pembersih dan pemutih

Asam oksalat yang tinggi pada buah belimbing wuluh dapat membersihkan karat dan pemutih pakaian tanpa mengubah warnanya. Orang Jawa sering menggunakan buah segarnya untuk membersihkan keris (senjata tradisional). Untuk pemutih pakaian, cukup simpan buah segar yang telah ditumbuk di tempat pakaian kotor, tambahkan beberapa deterjen dan cuci seperti biasa.

Catatan: Jus buah belimbing wuluh mengandung asam oksalat yang tinggi yang telah diketahui menyebabkan nekrosis tubular penyebab gagal ginjal akut. Karena itu, sebaiknya kita tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Konsumsilah dengan cukup untuk memperoleh manfaat dari buah ini.

Itulah informasi mengenai manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Produk terbaru

Rp 20.000
Rp 42.500
Rp 8.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892