Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Daging putih lembut dengan kulit ungu bergetah berbentuk bulat merupakan karakteristik utama dari buah manggis. Buah manggis dijuluki ratu buah tropis karena buah yang tumbuh di daerah tropis ini memiliki cita rasa manis asam yang enak juga kaya akan manfaat. Buah fenomenal ini selalu dinanti-nantikan karena hanya berbuah sekali dalam setahun di musim tertentu.

Khasiat buah manggis sudah teruji secara klinis dan dipercaya secara medis.
Khasiat buah manggis sudah teruji secara klinis dan dipercaya secara medis.

Sudah banyak penelitian yang mengungkap kandungan-kandungan buah manggis yang ampuh melawan berbagai macam penyakit. Sampai saat ini penelitian terus berkembang sehingga pohon manggis sekarang dikategorikan sebagai pohon tanaman obatKhasiat yang dapat diberikan buah manggis tentu saja tidak lepas dari kandungan-kandungan positifnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berikut penjelasannya terkait dengan kandungan yang dimilikinya:

  • Mencegah penyakit kanker
    Buah manggis yang putih bersih mengadung 40 kali lebih senyawa xanthones. Senyawa ini adalah salah satu senyawa yang paling dibutuhkan di dunia karena dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit mematikan seperti kanker. Senyawa zat xanthones mampu membunuh penyebaran sel-sel rusak penyebab kanker akibat pelepasan reaksi radikal bebas.
    Menurut sebuah penelitian, senyawa xanthones merupakan senyawa paling aktif yang terdapat pada buah manggis.Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah manggis, maka kecil kemungkinan terkena penyakit kanker.
  • Membantu menurunkan berat badan
    Buah manggis mengandung serat yang tinggi namun sangat rendah kalori, yaitu hanya 63 kalori dalam 100 gram buah manggis. Selain itu buah manggis tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol jadi aman dikonsumsi bagi orang-orang yang diet. Seratnya yang banyak akan membuat rasa lapar tertunda juga jumlah kalorinya yang rendah tidak akan menaikkan berat badan. Justru akan menguranginya.
  • Menghentikan peradangan
    Menurut beberapa penelitian ilmiah yang telah dilakukan, ekstrak dari buah manggis bersifat anti-inflamasi juga anti-alergi. Jadi dengan mengkonsumsinya, maka bagian tubuh yang mengalami peradangan akan terobati dengan sendirinya. Ekstrak buah manggis akan bekerja dengan cara menghambat pelepasan prostaglandin dan histamin yang mengakibatkan peradangan.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Nutrisi dan mineral yang tinggi ada dalam buah manggis. Antibodi atau sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat jika diberi nutrisi juga mineral. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buah manggis maka tubuh menjadi sehat, benteng antibodi akan kokoh dan mencegah masuknya berbagai macam penyakit.
  • Menyehatkan ibu hamil dan janinnya
Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin seperti manggis untuk menjaga daya tahan tubuh dan perkembangan si janin.
Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin seperti manggis untuk menjaga daya tahan tubuh dan perkembangan si janin.

Ibu hamil harus banyak memakan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C. Vitamin C menghambat pertumbuhan infeksi pada tubuh dan melawan berbagai penyakit. Selain itu ibu hamil membutuhkan nutrisi float yang dapat membangun tumbuhnya sel-sel baru yang sehat pada janin ibu hamil. Vitamin C dan float terkandung di dalam buah manggis. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil rajin mengkonsumsi buah manggis untuk membuatnya tetap sehat begitupun janinnya. Selain itu, seperti yang telah dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, mengkonsumsi ubi dan madu juga bagus untuk ibu hamil.

  • Memperlancar peredaran darah
    Buah manggis mengandung nutrisi yang dapat memproduksi jumlah sel-sel darah merah di dalam tubuh yang membuat peredaran darah lancar dan memperlebar jaringan pembuluh darah. Hal ini dapat menjauhkan manusia dari masalah anemia atau kurang darah juga mencegah penyakit katarak.
  • Merawat kecantikan kulit
    Senyawa antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis sama dengan yang terdapat pada teh hijau. Senyawa ini sudah terkenal dapat melawan oksidasi yang menimbulkan penuaan pada kulit wajah. Selain itu, jumlah senyawa santon yang terdapat pada buah manggis adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Senyawa ini berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan otomatis dapat mengobati penyakit kulit. Sifat anti-bakteri dan anti-mikrobanya juga berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah.
Mengandalkan kandungan antioksidan yang tinggi, buah manggis yang dikonsumsi dapat membuat kulit wajah menjadi kencang, halus dan terhindar dari penuaan dini.
Mengandalkan kandungan antioksidan yang tinggi, buah manggis yang dikonsumsi dapat membuat kulit wajah menjadi kencang, halus dan terhindar dari penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan. Selain buahnya, bagian manggis yang juga dapat dijadikan obat herbal adalah kulitnya. Jika tertarik mempelajarinya, kami telah membahas khasiat dan manfaat kulit manggis pada artikel sebelumnya. Berikut dengan cara pengolahannya menjadi jus kulit manggis sebagai minuman sehat yang dapat anda pelajari cara pembuatannya disini. Jadi, tidak ada ruginya jika menjadikan buah manggis sebagai buah yang wajib konsusmi untuk mendapatkan kelezatan rasa juga khasiat yang luar biasa. Jika tertarik, silahkan klik disini untuk melihat produk yang kami jual.