23 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah naga tidak sekedar enak dikonsumsi tapi juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut.

Siapa sangka, buah cantik yang satu ini memiliki segudang manfaat menakjubkan bagi tubuh, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Tanaman buah yang berasal dari Amerika ini memiliki kulit berwarna merah atau kuning, memiliki lembar-lembar kulit menyerupai sisik, daging merah atau putih, biji hitam kecil dalam jumlah yang banyak. Rasanya manis dengan tekstur yang renyah.

Buah naga kaya akan antioksidan, mengandung vitamin C (setara dengan 10 persen dari nilai harian) dan beberapa vitamin B, karoten, dan protein. Buah naga memiliki nol karbohidrat kompleks, sehingga makanan dapat lebih mudah dipecah dalam tubuh, dibantu oleh vitamin B1 (thiamin) dan vitamin B lainnya.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Jadi tanpa basi-basi inilah daftar manfaat buah naga yang menakjubkan dan akan membuat Anda jatuh cinta dengan buah ini.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Mengubah gaya hidup menjadi lebih baik termasuk salah satunya memasukkan buah-buahan dan sayuran dalam daftar diet dapat menyelamatkan Anda dari kolesterol jahat. Buah naga adalah salah satu solusinya. Biji buah naga kaya akan lemak tak jenuh ganda, asam omega-3, dan omega-6 yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

2. Mengobati gangguan pada pencernaan

Buah naga kaya akan kandungan serat sehingga baik untuk mengatasi gangguan pada pencernaan.

Buah naga kaya akan serat dan memiliki kandungan air yang tinggi, membuatnya ideal untuk orang yang menderita sembelit. Serat membantu meningkatkan gerakan usus tubuh kita dengan memfasilitasi makanan yang dicerna melalui saluran tersebut. Serat ini juga lebih lanjut membantu dalam pengobatan Irritable Bowel Syndrome (IBS).

3. Diabetes

Buah naga merupakan sumber yang kaya polifenol, karotenoid, tiol, tokoferol, dan glucosinolates, yang semuanya membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi, yang membantu menghambat lonjakan gula yang tinggi.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah naga kaya akan Monounsaturated Fat (lemak tak jenuh tunggal) yang sangat penting untuk menjaga jantung Anda tetap sehat.

5. Anemia

Anemia merupakan gangguan umum yang tidak boleh diabaikan. Buah naga kaya akan zat besi, mampu memenuhi sekitar 8% dari kebutuhan zat besi harian. Selain itu, buah naga memiliki banyak vitamin C, agen yang meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap lebih banyak zat besi.

6. Membantu menurunkan berat badan

Buah naga kaya akan serat dan rendah kalori sehingga sempurna untuk menurunkan berat badan.

Buah naga juga sangat rendah kalori (60 kalori dalam setiap 100 gram), yang membuatnya menjadi pengganti yang sempurna untuk diet. Selain itu, buah naga mengandung sekitar 90% air dan memiliki jumlah serat yang tinggi. Hal ini membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu lama.

7. Mencegah kanker

Buah naga mampu mencegah kanker. Mungkin terdengar berlebihan, namun penelitian telah menunjukkan bahwa buah naga memiliki kemampuan untuk mengekang perbanyakan sel-sel kanker yang berbahaya. Buah naga kaya akan enzin yang disebut lycopene, selain vitamin C, dan karoten, yang diketahui memiliki kualitas anti-karsinogenik. Mereka bersama-sama membantu mencegah pembentukan tumor. Selain itu, kulit dari buah naga kaya akan polifenol, zat kimia yang dapat melindungi kita dari kanker tertentu.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada buah naga yang tinggi diketahui mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Buah naga juga membantu merangsang aktivitas antioksidan lainnya, dan adanya beberapa vitamin penting dan mineral seperti niacin, vitamin B1, pytoalbumin, kalsium, fosfor, zat besi merupakan komponen yang kuat terhadap setiap serangan bakteri dan virus.

9. Meredakan nyeri pada penyakit Arthritis

Arthritis sering menyebabkan rasa sakit yang serius dan iritasi karena efek langsung pada sendi kita. Untungnya, beberapa buah-buahan dan sayuran dapat membantu Anda melawan penyakit ini, termasuk buah naga. Bahkan, buah naga memiliki peranan penting dalam mengurangi rasa sakit pada radang sendi yang sering dijuluki sebagai ‘buah anti-inflamasi’.

10. Baik untuk Ibu hamil

Selain baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil, buah naga juga penting untuk janin tumbuh sehat.

Buah naga mengandung zat besi yang diperlukan untuk produksi sel darah merah. Enam dari sepuluh perempuan cenderung memiliki beberapa pengalaman anemia selama sembilan bulan masa kehamilan. Buah naga, dengan sumber yang kaya zat besi, adalah cara yang baik untuk mengalahkan tingkat hemoglobin yang menurun. Dan tidak hanya itu, buah naga juga penting untuk janin tumbuh sehat. Persyaratan lain yang penting untuk wanita hamil adalah folat. Selain membantu dalam pembentukan sel darah merah, juga membantu mencegah bayi dari cacat tabung saraf.

11. Menguatkan tulang dan gigi

Buah naga kaya akan kalsium dan fosfor, nutrisi yang paling penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Kedua nutrisi ini saling tergantung satu sama lain, yang berarti bahwa memiliki diet kaya kalsium saja tidak bisa melawan gangguan tulang dan gigi yang serius. Inilah sebabnya mengapa buah naga adalah solusi yang baik dengan membantu meningkatkan kepadatan tulang dan massa sekaligus memperkuat akar gigi.

12. Memperbaiki sel tubuh

Buah naga memiliki protein khusus dan enzim yang dapat membantu tubuh kita dalam regenerasi dan memperbaiki sel-sel. Hal ini berguna untuk perawatan luka luar.

13. Meningkatkan nafsu makan

Aroma dari buah naga akan meningkatkan nafsu makan.

14. Menjernihkan penglihatan

Mereka yang mengeluh mengenai penglihatan kabur dan rasa nyeri pada mata wajib menambahkan buah naga pada daftar diet mereka. Kehadiran beta-karoten dan unsur-unsur lainnya dapat melindungi mata kita yang berharga dari efek berbahaya radikal bebas, lebih lanjut mencegah penyakit mata seperti katarak.

15. Meningkatkan fungsi otak

Tidak diragukan lagi, otak memegang posisi teratas pada daftar organ-organ vital dalam tubuh. Buah naga, dengan kemampuannya untuk meningkatkan produksi RBC dalam tubuh, mengandung vitamin dan mineral yang dapat melindungi otak kita yang berharga dari kerusakan.

16. Mengobati gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan seperti asma, batuk, flu dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Solusinya adalah vitamun C yang terkandung dalam buah naga.

17. Camilan sehat untuk anak-anak

Ketika Anda kehabisan ide untuk makanan ringan bagi anak Anda, sajikanlah potongan buah naga. Tidak hanya lezat tapi juga sehat.

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Berikut manfaat buah naga dalam merawat kulit Anda:

18. Melawan tanda-tanda penuaan

Keriput, kulit kendur, garis-garis halus, hingga kusam, semua tanda-tanda ini muncul ketika kulit Anda mulai menua. Sebuah fase memalukan yang membuat Anda mencari perlindungan terhadap kosmetik berbahan kimia.

Buah eksotis ini merupakan sumber yang kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Hal ini membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan halus.

Yang Anda butuhkan:

  1. Setengah potong buah naga
  2. Satu sendok makan yogurt

Keluarkan daging buah naga ke dalam wadah, tambahkan yougurt. Aplikasikan pada wajah selama 20 menit. Bilas dengan air hangat. Keringkan dengan handuk. Ulangi proses ini sekali seminggu selama dua bulan untuk memperoleh wajah yang nampak awet muda.

19. Menghilangkan jerawat

Jerawat pada wajah benar-benar menjengkelkan bukan? Buah naga hadir untuk menjawab kekhawatiran Anda. Lumatkan buah naga pada sebuah mangkuk, aplikasikan pada wajah menggunakan kapas. Ulangi proses ini dua kali seminggu untuk mendapatkan wajah bebas jerawat.

20. Melindungi kulit dari sengatan matahari

Kombinasi vitamin E dan C telah terbukti melindungi kulit Anda terhadap sinar UV dan dari bintik-bintik merah pada wajah.

21. Menjaga kesehatan kulit

Meminum satu gelas jus buah naga adalah cara yang baik untuk memulai pagi Anda. Hal ini tidak hanya membuat Anda sehat tetapi juga akan membantu melepaskan semua racun dari tubuh, dan kulit nampak bersinar.

22. Melembabkan kulit kering

Buah naga juga memiliki kadar air yang sangat tinggi dan berperan penting dalam melembabkan kulit Anda, terutama bila Anda memiliki kulit kering.

Manfaat Buah Naga untuk Rambut

Kandungan antioksidan yang melimpah dan enzim pada buah naga dapat membuat rambut Anda halus dan sehat.

23. Menjaga kesehatan rambut

Sama halnya dengan fashion, tren mewarnai rambut juga tengah digandrungi saat ini. Namun, tak bisa dihindari bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut membawa dampak buruk bagi kesehatan rambut Anda.

Buah naga mengandung antioksidan yang melimpah dan enzim yang dapat membuat rambut Anda halus dan sehat. Dengan mengaplikasin buah naga pada rambut dapat mengurangi kerusakan rambut.

Itulah manfaat dan khasiat buah naga baik bagi kesehatan, kulit maupun rambut. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Klik disini untuk melihat produk buah naga yang kami jual di bibitbunga.com.

Baca juga artikel mengenai Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot.