Manfaat Bunga Lotus Bagi Kesehatan

Lotus atau seroja adalah salah satu jenis tanaman air yang banyak ditemukan hidup di daerah rawa-rawa. Tanaman ini dikenal memiliki bentuk yang unik dan bunga yang berwarna-warni. Hal ini yang membuat lotus atau seroja banyak ditanam di kolam-kolam untuk dijadikan tanaman hias. Selain menjadi tanaman hias, ternyata kita dapat memanfaatkan hampir semua bagian tanaman lotus untuk dijadikan bahan makanan.

manfaat-lotus-bagi-kesehatan-manusia

Di negara asalnya, India. Biji bunga lotus yang sudah tua diolah dijadikan tepung untuk membuat roti dan biji lotus yang muda diolah menjadi teh. Di jepang, bagian batang tanaman lotus biasanya dipotong-potong lalu diolah menjadi sayuran atau tumisan. Sedangkan di Tionghoa, masyarakat memanfaatkan rimpang lotus dan mengolahnya menjadi bahan makanan yang layak dikonsumsi.

Menurut penelitian, selain dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan bahan makanan. Tanaman lotus ternyata mengandung zat-zat yang baik bagi kesehatan manusia. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai TOGA atau tanaman obat keluarga. Sebenarnya kami pernah menulis tentang keindahan bunga lotus dan manfaat kelopak bunganya sebagai obat. Namun untuk dokumentasi lebih baik tentang keseluruhan manfaat lotus (bukan bunganya saja), berikut adalah manfaat-manfaat bunga lotus bagi kesehatan manusia:

Lotus sebagai antioksidan

Menurut penelitian, tanaman lotus mengandung bahan-bahan kimia seperti fenolat, alkaloid, tokoferol, flavonoid, fenolik, dan saponin yang berfungsi sebagai anti oksidan. Zat-zat anti oksidan ini dapat membantu manusia membersihkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh, mencegah penyebaran kuman, dan meningkatkan fungsi ginjal yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Akar lotus atau lotus root biasanya disebut akar tonjong memiliki fungsi antioksidan yang luar biasa.

sayuran-akar-lotus

Lotus sebagai pencegah diabetes

Etanol yang terdapat pada rimpang bunga lotus diketahui dapat membantu tubuh mengkontrol gula darah. Sedangkan zat quercetin dan glikosida yang terdapat pada bunga lotus menurut penelitian dapat menghambat enzim yang menyebabkan komplikasi pada penderita diabetes

Lotus sebagai pencegah obesitas / kegemukan

Sejak zaman dulu, masyarakat di Cina mengkonsumsi ekstrak daun lotus untuk memperlancar proses metabolisme tubuh dan mencegah obesitas atau kegemukan pada tubuh manusia.

Lotus sebagai obat Hepatitis B

Zat aktif dalam bunga lotus seperti armepavine, merupakan zat yang memiliki efek antifibrotic. Zat ini secara aktif dapat mengurangi parameter metabolik dalam kasus fibrosis hati, sehingga pada akhirnya dapat meringankan atau mengobati hepatitis B.

Lotus sebagai pencegah infeksi virus

Kandungan bahan kimia yang terdapat pada tanaman lotus diketahui dapat mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Salah satu bahan kimia yang terdapat pada tanaman ini adalah etanol yang diketahui dapat membantu menghambat perkembangan virus herpes. Selain itu, kandungan flavonoid dari daun lotus dapat membantu mencegah perkembangan virus HIV AIDS. Kandungan bahan kimia alami lainnya yang terdapat dalam daun lotus dapat mencegah jamur tumbuh dan hidup di dalam tubuh manusia.

Sebagai obat bagi berbagai penyakit

Kandungan bahan kimia pada lotus diketahui dapat membantu mengobati beberapa penyakit yang sering menyerang manusia. Biasanya bagian-bagian bunga lotus diolah menjadi obat dalam atau obat luar untuk mengobati berbagai penyakit seperti:

  1. Sakit jantung
  2. Sakit liver
  3. Darah tinggi
  4. Muntaber
  5. Disentri
  6. Panas dalam
  7. Mimisan
  8. Luka bernanah
  9. Batuk dan muntah darah

Tanaman lotus dapat diolah secara manual seperti obat-obat tradisional China. Seiring berkembangnya zaman, kini ekstrak tanaman lotus sudah bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul yang lebih praktis dan ekonomis. Tertarik tanam lotus? Baca disini cara menanamnya (dari biji, mudah kok).

Itulah manfaat-manfaat tanaman lotus bagi kesehatan manusia. Ternyata, selain berfungsi sebagai tanaman hias, lotus juga memiliki manfaat lain yaitu menjadi bahan makanan yang layak dikonsumsi dan obat bagi berbagai penyakit. Semoga sedikit informasi di atas bermanfaat.

Kami menyediakan aneka bibit tanaman bunga lotus, jika berminat silahkan klik disini.