GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Manfaat Bunga Rosela

Tuesday, January 10th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!
Bunga rosela berwarna merah marun dengan kelopak berserat dan berbulu halus.

Bunga rosela berwarna merah marun dengan kelopak berserat dan berbulu halus.

Pada artikel ini akan dibahas khasiat bunga rosela secara umum dan mengapa teh bunga rosela begitu terkenal. Sebelumnya telah dibahas tentang Si cantik rosela yang kaya manfaat, namun artikel ini Kami suguhkan lebih detail lagi untuk memberikan informasi yang tentunya lebih bermanfaat lagi.

Berkembangnya zaman membuat sitem teknologi juga ikut berkembang. Seiring berkembangnya teknologi itulah menjadikan banyaknya penelitian-penelitian yang hadir dan mengungkap manfaat-manfaat dari berbagai tanaman yang tadinya diketahui hanya sebagai tanaman biasa kemudian menjadi tanaman luar biasa. Disebut sebagai tanaman luar biasa karena tanaman yang tadinya hanya berfungsi sebagai tanaman liar, tanaman hias, atau hanya sekedar mengkonsumsinya saja tanpa mengetahui kandungan dan manfaatnya. Ada banyak tanaman yang mengandung senyawa-senyawa alami, sehingga dapat memberikan fungsi yang lebih terutama untuk kesehatan tubuh. Salah satu contohnya adalah rosela.

Bentuk bunga rosela kering yang telah dijemur dibawah paparan sinar matahari langsung. Terlihat layu dan warna merahnya tidak lagi begitu kuat. namun kandungan senyawa alaminya tetap terjaga.

Bentuk bunga rosela kering yang telah dijemur dibawah paparan sinar matahari langsung. Terlihat layu dan warna merahnya tidak lagi begitu kuat. Namun kandungan senyawa alaminya tetap terjaga.

Bunga Rosela merupakan tanaman yang berasal dari benua afrika. Bentuk batangnya silindir dan berwarna kemerah-merahan, bertekstur kayu licin dengan tinggi mencapai 3 meter. Daunnya bertulang menjari, berwarna hijau tua, dengan tepi yang bergerigi dan pangkalnya yang berlekuk. Bunganya berkelopak merah marun dan berbulu halus. Bunga dengan nama latin Hisbiscus sabdariffa ini memiliki 2 jenis bunga yang terkenal, yaitu Sabdariffa dan Altissima webster. Bunga rosella jenis sabdariffa, kelopaknya dapat dimakan, sedangkan jenis Altissima webster, kelopaknya tidak dapat dimakan. Kelopaknya yang merah berserat dikonsumsi dengan berbagai macam cara pengolahan. Di Mesir, bisanya bunga rosela dibuat menjadi minuman yang diminum pada saat musim dingin dan musim panas. Di jamaika, orang-orang bisanya langsung memakan buahnya atau dibuat menjadi salad. Dan di Afrika, negri lahirnya buah ini, biasanya diolah menjadi jeli atau selai lalu dimakan bersama makanan lainnya. Namun selain dapat digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, bunga rosela berkhasiat juga untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasan dan penggunaanya:

  • Mencegah penyakit kanker, jantung koroner, dan ginjal
    Pada tahun 2005, Seorang satf pengajar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, IR. Didah Nurfarida, telah melakukan penelitian bahwa antosianin yang, zat pemberi warna merah alami pada bunga rosela, adalah zat aktif yang mengandung antioksidan pencegah beberapa penyakit mematikan seperti kanker, jantung korer, dan ginjal.
    Jika kandungan antosianinnya semakin banyak, warna kelopaknya juga akan semakin merah pekat dan rasanya akan semakin asam, maka itu akan semakin baik untuk penyembuhan penyakit-penyakit tersebut. Adapun cara penggunannya hanya dengan menjadikan bunga rosela sebagai minuman teh dan diminum secara rutin setiap harinya.
    Cara pengolahan bunga rosela menjadi teh adalah dengan cara dikeringkan atau langsung menggunakan kelopak bunga yang segar. Pengeringan bunga rosela dilakukan agar dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama. Proses pengeringannya memakan waktu 2 sampai 3 hari.
  • Mencegah osteoporosis
    Baunga rosela memiliki kandungan kalsium yang tinggi, zat besi, kalium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Jika teh bunga rosela dikonsumsi secara teratur, maka tulang akan terhindar dari masalah osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  •  Mengobati sariawan
    Sariwan bisa terjadi karena kurangnya asupan vitamin C di dalam tubuh. Sariawan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi bunga rosela yang kaya akan vitamin C. Cara penggunaannya adalah dengan meminum teh bunga rosela dan juga berkumur-kumur menggunakan air teh bunga tersebut sampai sariawannya  hilang.
  • Mengobati Diabetes
    Diabetes termasuk salah satu penyakit kronis mematikan yang ditandai dengan meningkatnya kadungan gula darah di dalam tubuh secara drastis. Penyakit yang juga sering disebut dengan penyakit gula darah atau penyakit kencing manis ini dapat disembuhkan secara perlahan-lahan dengan mengkonsumsi bunga rosela. Caranya dengan merebus beberapa bunga rosela yang telah dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah mendidih, saring dan ambil airnya saja. Minumlah hasil rebusan itu dalam keadaan dingin pada pagi dan sore hari.
  • Menyembuhkan penyakit kulit
    Pada tahun 2009, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Padjadjaran fakultas farmasi mengemukakan bahwa ekstrak air kelopak bunga rosela memiliki aktivitas antibakteri. Salah satunya bakteri Staphylococcus aureus, yang paling sering membuat infeksi pada kulit manusia. Bakteri jenis ini dapat dilawan dengan kandungan senyawa alami yang terdapat pada bunga rosela. Caranya dengan mengkonsumsi bunga rosela yang dibuat menjadi minuman teh. Minumlah secara rutin untuk mendapatkan khasiat secara maksimal.
Teh bunga rosela yang dibuat sendiri berwarna merah menyerupai sirup. Teh ini memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan juga kecantikan.

Teh bunga rosela yang dibuat sendiri berwarna merah menyerupai sirup. Teh ini memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan juga kecantikan.

Bunga rosela yang saat ini populer sebagai minuman teh memiliki rasa yang berbeda dari teh hijau (baca artikel kami tentang manfaat teh hijau) yang banyak beredar di pasaran. Teh bunga rosela cenderung asam, kecut dan segar. Selain itu warnanya yang merah membuatnya tidak nampak seperti teh, melainkan seperti sirup. Dengan keunikan warna dan khasiat dari teh bunga rosela menjadikannya menjadi miuman teh yang mulai digemari belakangan ini. Khususnya bagi kaum wanita yang juga tertarik akan khasiatnya bagi kecantikan. Yaitu mengencangkan dan membuat kulit tampak sehat berseri.

Berbagai macam produk olahan bunga rosela seperti teh, sirup, juga kapsul obat yang dapat dikonsumsi langsung.

Berbagai macam produk olahan bunga rosela seperti teh, sirup, juga kapsul obat yang dapat dikonsumsi langsung.

Karena bunga ini banyak memiliki manfaat maka pembudidayaannya dilakukan secara besar-besaran di berbagai  negara, termasuk Indonesia. Selain cara pengolahannya juga mudah, banyak juga produk-produk olahannya yang sudah siap konsumsi dan dapat langsung dirasakan manfaatnya. Di Bibitbunga.com kami menyediakan rosela merah dan rosela ungu. Silahkan diorder untuk menanamnya dan rasakan sendiri manfaat dari si bunga cantik ini! 😀

Produk terbaru

Rp 25.000
Rp 59.000
Rp 25.000
Rp 20.000
Rp 35.000
Rp 75.000
Rp 70.000
Rp 50.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892