Manfaat Bunga Safflower yang Menguntungkan

Safflower tidak hanya cantik, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk mengobati beberapa penyakit.

Apakah Anda mengetahui ada bunga yang bernama safflower? Jika tidak, apakah Anda tahu tanaman kesumba? Di Indonesia, tanaman safflower ini memiliki nama lokal kesumba. Tanaman hias yang satu ini dipelihara untuk dimanfaatkan bijinya. Di dunia masakan tradisional, biji safflower digunakan untuk mewarnai makanan dan sebagai penyedap rasa. Selain itu, safflower juga dipakai sebagai pewarna kain.

Safflower yang diekstrak kelopaknya dapat digunakan sebagai pewarna kain.

Beralih dari zaman tradisional ke zaman modern, biji tanaman safflower ini diekstrak kemudian diolah menjadi minyak. Bagi banyak orang mengonsumsi minyak biji safflower menunjukkan hasil yang signifikan. Biasanya minyak safflower ini digunakan untuk mengurangi gejala penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan arterioklerosis (pengerasan pembuluh darah). Walaupun begitu, sampai saat ini belum ada klaim yang terbukti mengenai hal tersebut.

Baca juga: Ciri-Ciri Dan Khasiat Tanaman Herbal Senggani

Bunga safflower memiliki biji yang bisa di ekstrak menjadi minyak.

Selain dimanfaatkan untuk obat, minyak safflower ini memiliki manfaat lain, yaitu sebagai suplemen diet. Minyak safflower ini telah terbukti mengandung sedikit lemak jenuh. Mengonsumsi minyak safflower dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tertimbun di dalam tubuh. Minyak safflowe pun efektif untuk mencegah pengerasan pembuluh darah (arteriosklerosis) dan merangsang tubuh untuk memproduksi enzim lipase yang akan mencerna lipid dan lemak.

Itulah manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi biji bunga safflower. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda 🙂