Manfaat dan Fungsi Tanaman Hias yang Perlu Diketahui

Apa yang membuat Anda memilih untuk menambahkan tanaman hias pada ruangan atau rumah Anda? Hanya untuk memperindah dan mempercantik ruangan dan interior saja? Lebih dari itu, ternyata ada banyak manfaat dan fungsi tanaman hias yang besar dan berguna bagi Anda dan keluarga. Salah satu manfaat yang besar adalah untuk menjaga kesehatan keluarga karena banyak kasus penyakit-penyakit yang diderita disebabkan oleh lingkungan hidup yang kurang baik dan kurang bersih.

Manfaat dan Fungsi Tanaman Bagi Kesehatan Keluarga

Berikut kami lampirkan beberapa fungsi dan manfaat tanaman hias yang perlu diketahui dalam hal kesehatan keluarga:

Menghilangkan Migran

dianthus-tanaman-hias-bunga-cantik

Manfaat dan fungsi tanaman hias yang pertama adalah sebagai penghilang migrain. Pernahkah Anda tiba-tiba merasakan sakit kepala sebelah saat beraktivitas? Itu adalah gejala Anda terserang migrain. Banyak sekali penyebab terjadinya migran, seperti kelelahan, kadar karbondioksida yang tinggi dan sebagainya. Jangan langsung meminum obat migrain, Anda bisa mencoba menaruh tanaman hias di dalam ruangan. Saat kelelahan bekerja, Anda bisa berhenti sejenak dan menikmati keindahan tanaman hias. Anda akan menjadi lebih rileks dan rasa lelah yang dirasakan juga berkurang. Selain itu, beberapa tanaman hias mampu menurunkan kadar karbondioksida di dalam ruangan sehingga migrain Anda akan segera membaik bahkan hilang. Cobalah meletakkan tanaman hias di ruang bekerja Anda.

Menurunkan Tingkat Stress

gloxinia-tanaman-hias-bunga-cantik-eksotis

Manfaat selanjutnya adalah menurunkan tingkat stress. Pekerjaan yang banyak memang membuat tingkat stress pun semakin tinggi. Jadi Anda perlu sebuah pereda stress di dalam rumah yang alami bukan obat yaitu tanaman hias. Kecantikan dan keindahan tanaman hias baik dari bunga, bentuk, warna dan corak akan mampu menyegarkan mata Anda sehingga tingkat stress pun ikut menurun. Selain itu, tingginya tingkat stress juga bisa disebabkan oleh kekurangan oksigen. Tanaman hias mampu mengeluarkan oksigen dalam jumlah besar sehingga tubuh dan pikiran Anda yang tegang bisa normal kembali.

Mengobati Influenza

eucalyptus-tanaman-hias-pereda-influenza
Eucalyptus tanaman pereda influenza

Manfaat dan fungsi tanaman hias yang tak kalah hebatnya adalah obat influenza. Anda yang influenza biasanya mengalami batuk dan hidung mampet. Ternyata ada satu tanaman hias yang mampu mengatasi semua itu yaitu eucalyptus. Eucalyptus mampu membuang dahak di tenggorokan sehingga nafas Anda menjadi lega kembali dan batuk yang Anda derita juga hilang atau membaik. Tidak hanya itu, aroma Eucalyptus ternyata juga mampu menormalkan hidung yang mampet. Anda cukup menghirup aroma yang dikeluarkan tanaman ajaib ini.

Membuat Mata Sehat

tanaman-hias-bunga-mawar-penyehat-mata

Manfaat lainnya adalah membuat mata menjadi sehat. Manfaat ini bisa didapat dengan tanaman hias bunga mawar. Anda penderita insomnia? Tentu sering kurang tidur sehingga mata hitam layaknya panda. Ternyata mata hitam bisa dihilangkan dengan menggunakan air rendaman bunga mawar. Anda cukup merendam mawar di dalam air selama beberapa menit. Setelah itu, Anda cukup meneteskan air mawar 2-3 tetes dan tutup mata selama 2 menit. Cara ini juga mampu digunakan untuk mengobati penyakit radang mata secara alami.

Demikianlah informasi mengenai manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari tanaman hias selain untuk desain interior. Selain keempat hal tersebut, masih banyak manfaat lainnya. Semoga artikel mengenai manfaat dan fungsi tanaman hias ini bisa bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda untuk mulai menambahkan tanaman hias koleksi Anda. Tunggu apalagi? Cukup mulai menggunakan tanaman hias dan berbagai manfaat di atas bisa Anda dapatkan. Berbagai koleksi tanaman hias dapat Anda temukan disini.