GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

11 Manfaat dan Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan

Thursday, April 20th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tanaman hias bunga alamanda tidak hanya sekedar sebagai pemanis taman. Faktanya, alamanda juga dijadikan sebagai tanaman obat bagi sebagian orang.

Alamanda merupakan tanaman hias bunga yang berasal dari Brazil dan cukup populer karena bunganya yang cantik dengan warna-warna cerah. Allamanda cathartica bahkan pernah suatu kali dijadikan sebagai simbol kecantikan. Bunganya berwarna kuning agak memanjang, tak heran jika banyak yang menamainya dengan bunga “terompet emas” atau “lonceng kuning”.

Terdapat pula jenis alamanda lainnya seperti Alamanda Blanchetii yang berwarna ungu dan Allamanda cathartica yang berwarna putih agak krem.

Ilustrasi buah alamanda yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Baca juga: Manfaat Bunga Kancing Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan

Daun alamanda mengandung senyawa alkaloid yang berfungsi sebagai detoksifikasi dan digunakan sebagai obat herbal untuk bisul, eksim, dan kurap.  Buahnya mengandung saponin dan flavanoid, kulitnya juga mengandung tanin dan saponin. Dengan berbagai senyawa tersebut, tidak heran jika alamanda mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Yuk disimak, manfaat dan bunga alamanda untuk kesehatan berikut ini:

1. Mengobati penyakit kulit

Bagian alamanda yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit adalah daunnya. Sifat antibakteri yang terdapat dalam tanaman ini dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kulit seperti abses, kudis, kurap dan eksim. Anda cukup membersihkan daunnya dari kotoran dan debu, kemudian tumbuk hingga halus dan oleskan pada daerah yang terkena penyakit kulit. Lakukan dengan rutin untuk hasil maksimal.

2. Mengobati penyakit hati

Kandungan flavonoid yang tedapat pada buah alamanda merupakan senyawa aktif yang diketahui mampu mengobati penyakit hati. Selain itu, tanaman alamanda juga dipercaya mampu mengobati penyakit kuning.

3. Sebagai obat pencahar

Kelopak alamanda memiliki rasa yang sedikit pedas dan pahit yang juga digunakan sebagai obat pencahar dan emetik (penyebab muntah). Alamanda cukup ampuh sebagai obat pencahar alami, rasanya dapat membuat Anda memuntahkan isi dalam perut.

4. Mengobati penyaki disentri

Disentri ditandai dengan gejala kram pada perut, demam, mual dan diare yang disertai lendir dan darah. Bagi yang mengalami gejala tersebut, Anda bisa memanfaatkan bagian batang daun dari alamanda.

5. Mengobati sembelit

Alamanda juga terkenal ampuh dalam melancarkan gangguan pada pencernaan termasuk sembelit. Manfaatkanlah daun alamanda, Anda bisa menyeduhnya dan meminum air seduhan tersebut secara teratur.

6. Mengobati bengkak

Pembengkakan yang dibiarkan terus menerus dapat memicu terbentuknya tumor ganas hingga kanker. Kandungan antibiotik yang terdapat pada bunga alamanda dipercaya mampu mengurangi pembengkakan pada limpa.

7. Mencegah radikal bebas

Buah alamanda mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Hal tersebut dipercaya mampu menetralkan radikal bebas di udara terutama polusi, asap rokok dan paparan sinar matahari langsung.

8. Membunuh bakteri

Alamanda memiliki sifat anti bakteri yang diketahui terdapat dalam bunganya. Bunga alamanda mengandung getah yang secara aktif membunuh bakteri penyebab berbagai penyakit dalam tubuh.

9. Penawar racun dalam tubuh

Bagian alamanda yang digunakan sebagai penawar racun adalah daunnya. Daun alamanda dapat menonaktifkan racun dalam tubuh. Anda cukup memetik sekitar 15 daun alamanda yang ada di halaman rumah, lalu cuci dengan bersih. Rebuslah selama 15 menit. Air rebusan tersebut diminum saat pagi dan sore hari.

10. Menurunkan panas demam

Suhu tubuh yang meningkat secara drastis dapat menyebabkan demam dan disertai sakit kepala. Anda bisa merebus daun alamanda dan tunggu beberapa saat hingga air rebusan tersebut menjadi hangat. Gunakan untuk mengompres tubuh, bisa juga digunakan uapnya untuk menguapi tubuh saat demam.

11. Memperindah interior

Bunga alamanda beserta dengan bunga lainnya yang diletakkan dalam ruangan dapat menambah suasana seketika jadi lebih segar.

Manfaat yang terakhir dari tanaman alamanda yang tidak boleh dilupakan adalah mempercantik dan memperindah interior. Bunganya yang cantik dan warna cerah yang dihasilkannya sangat cocok diletakkan di ruang tamu. Anda cukup memotong batangnya dan masukkan dalam vas transparan.

Nah, jika Anda berminat menanam bunga Alamanda di rumah, kami juga menyediakan tanaman alamanda yang siap melengkapi koleksi tanaman hias Anda. Selain sebagai tanaman hias, bisa juga sebagai tanaman obat.

Itulah manfat dan khasiat bunga alamanda. Semoga infromasi ini bermanfaat 🙂

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892