Manfaat dan Khasiat Bunga Aster

Bunga aster ternyata merupakan salah satu jenis tanaman herba berbunga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
Bunga aster ternyata merupakan salah satu jenis tanaman herba berbunga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Bunga aster adalah salah satu jenis tanaman hias bunga yang benihnya banyak diburu di toko kami. Bunga ini lebih dikenal sebagai bunga seruni (sebenarnya krisan juga disebut bunga seruni) atau daisy dari famili Asteraceace, bunga ini masih serumpun dengan bunga krisan.

Bunga ini merupakan jenis tanaman herba yang memiliki bunga yang cantik dengan warna yang mencolok. Yang lebih baik lagi, bunga ini ternyata memiliki khasiat dan manfaat bagi kehidupan manusia, tidak hanya sebagai tanaman hias saja.

manfaat-dan-khasiat-bunga-aster

Manfaat dan khasiat dari bunga aster dapat diperoleh dengan memanfaatkan seluruh bagian pada tanaman ini, mulai dari akar hingga bunganya. Cara tradisional yang saat ini masih digunakan adalah dengan membuat rebusan dari bagian tanaman ini, lalu digunakan pada bagian tubuh yang akan diobati. Obat-obatan modern pun masih menggunakan ekstrak dari tanaman ini karena terbukti mujarab dan tidak menimbulkan efek samping. Apa saja manfaat dan khasiat dari bunga aster ini? Berikut informasinya.

1. Aster sebagai Antitoxin

Bunga aster dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat luka yang bersifat sebagai antitoxin atau penawar racun. Di Amerika Serikat, suku Indian menggunakan ramuan tumbukan yang dibuat dari bunga ini sebagai penangkal racun ular maupun serangga. Pada pengobatan modern, ekstrak dari bunga aster ini juga masih dimanfaatkan sebagai penangkal racun.

2. Aster Membantu Ekskresi Racun

Tanaman ini tidak hanya bermanfaat sebagai penangkal racun, tetapi juga sebagai agen yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh manusia. Dapat dikatakan juga, tanaman ini memiliki fungsi yang sama sebagai antibiotik, hanya perbedaannya bahan bakunya tanaman, sedangkan antibiotik adalah mikroorganisme yang dilemahkan. Di Jerman, obat-obatan modern masih menggunakan ekstrak tanaman ini sebagai bahan baku.

3. Aster sebagai Obat Infeksi

Bunga aster juga bermanfaat sebagai obat infeksi pada luka. Kandungan organik pada tanaman ini berfungsi memperkuat sistem imun manusia ketika melawan patogen atau virus yang menyerang tubuh. Dengan kata lain, tanaman berfungsi sebagai katalis bagi sistem imun dan juga sebagai inhibitor bagi patogen atau virus.

4. Aster Mengobati Inflamasi

Inflamasi atau yang lebih dikenal dengan istilah peradangan dapat diobati dengan menggunakan ekstrak dari tanaman ini. Kandungan anti-inflamasi ini terdapat pada seluruh bagian bunga aster. Ada berbagai cara yang dapat digunakan, mulai dari merebus bunganya, menumbuk bunganya, dan berbagai cara tradisional lainnya. Obat modern yang ada saat ini adalah obat krim atau salep. Ketika digunakan, obat yang berasal dari bunga aster ini akan meredakan peradangan dan juga menjadi obat anti-radang.

5. Sebagai Obat Batuk dan Ekspektoran

Ilustrasi gambar produk salah satu produk obat batuk buatan China yang menggunakan akar aster sebagai bahan utamanya.
Ilustrasi gambar produk salah satu produk obat batuk buatan China yang menggunakan akar aster sebagai bahan utamanya.

Obat yang menggunakan bunga aster sebagai bahan bakunya telah terbukti dalam berbagai penelitian dapat mengencerkan dahak, atau disebut juga sebagai ekspekstoran. Bunga ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat pereda berbagai macam batuk seperti batuk berdahak, batuk kering, bahkan batuk yang disertai darah. Bagian yang digunakan pada tanaman ini sebagai obat batuk dan ekspektoran adalah akarnya. Pemanfaatannya adalah akar dari bunga aster sebanyak 5 gram direbus selama 20 menit. Ketika dingin, air rebusan dari bunga aster ini dapat langsung diminum dengan dosis 2 kali sehari.

6. Sebagai Obat Pengusir Nyamuk

Bunga ini memiliki kandungan zat yang dapat mengusir bermacam-macam serangga, yakni zat pyrethrin. Zat ini adalah bahan campuran untuk obat nyamuk bakar yang merupakan toksik bagi serangga. Jika Anda menanamya di rumah, maka bunga aster ini juga berfungsi sebagai obat pegusir nyamuk alami.

Demikian manfaat dan khasiat bunga aster yang memberikan keuntungan bagi tubuh dan kesehatan manusia. Menanam atau memiliki bunga Aster akan memberikan manfaat yang menguntungkan bagi Anda. Semoga informasi-informasi yang telah disajikan diatas memberi manfaat bagi Anda.

Jika Anda berminat silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman bunga aster yang kami jual.