GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Manfaat dan Khasiat Tanaman Ginje Untuk Kesehatan

Saturday, August 12th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Ginje merupakan tumbuhan yang banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional terutama untuk pengobatan luar.

Tanaman ginje (Thevetia neriifolia juss. sx Steud, Cerbera peruviana Pers, C. thevetia Lin.) adalah sejenis tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Apocynaceae. Di tanah Sunda, tanaman ginje ini disebut juga dengan sebutan ki hujan. Tanaman ini berasal dari daratan tropis Amerika yang dikenal sebagai Yellow Oleander.

Tanaman ginje biasa dijadikan tanaman hias atau hanya sebagai tanaman yang ditanam di pinggir jalan. Ginje adalah sejenis tanaman perdu yang memiliki banyak cabang. Tumbuh tegak setinggi 2-5 meter. Bentuk batangnya bulat, berwarna hijau keabu-abuan. Tanaman ginje menghasilkan getah berwarna putih susu dan sangat beracun yang dapat mengakibatkan keracunan serius pada manusia.

Kandungan Tanaman Ginje

Buah ginje mengandung perusitin, cerberin, neriifolin, ruvosedi (theveneriine), thevetin A, dan thevetin B. Bijinya mengandung vertiaflavone, peruvoside 2-monoa cetate, peruvoside, theveside, theviridoside, thevefolin, ruvoside, theveneriine, theveside, neriifolin, cerberin, thevetin A, dan cerberoside. Kulit tanaman ginje mengandung lupeol acetate, theviridoside, peruvoside, dan neriifolin. Akarnya mengandung nariifolin, neriperside, dan thevelene. Cabang muda tanaman ginje mengandung L-(+)-bornesitol.

Ginje memiliki buah berwarna hijau yang akan berubah hitam jika sudah masak.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Ginje Untuk Kesehatan

Ginje mimiliki sifat kimia yang pahit, hangat, dan berasa pedas serta memiliki efek menguatkan jantung, menghilangkan bengkak, obat cacingan, serta peluruh kemih.

Tanaman ginje memiliki manfaat sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit jantung, seperti gagal jantung atau jantung berdebar; mengobati radang kuku atau cantengan; membunuh serangga, seperti belatung dan lalat; menurunkan panas pada tubuh.

Untuk memanfaatkan tanaman ginje ini, biasanya dijadikan obat luar. Namun untuk jenis obat yang diminum, sebelumnya telah dilakukan proses ekstraksi yang telah dilenyapkan racunnya terlebih dahulu. Sebagai obat luar, Anda hanya perlu melumatkan daun tanaman ginje segar. Kemudian tambahkan madu dan aduk hingga bercampur rata. Bubuhkan campuran ini pada bagian tubuh Anda yang sakit. Gantilah sebanyak dua sampai tiga kali perhari.

Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya

Berhati-hatilah dalam menggunakan tanaman ini. Gejala keracunan yang mungkin akan dirasakan adalah tidak napsu makan, nyeri pada lambung, mual, muntah, lesu, air liur berlebihan, mencret, napas pendek, sakit kepala, pusing, pupul mata melebar, jari terasa dingin, denyut jantung berhenti, bahkan meninggal dunia.

Jika Anda hendak menangani keracunan tanaman ginje ini, cobalah untuk muntah, bersihkan lambung, makanlah putih telur, atau minum air teh kental sebanyak-banyaknya. Sebaiknya segera hubungi dokter.

Itulah informasi mengenai tanaman ginje dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Produk terbaru

Rp 25.000
Rp 59.000
Rp 30.000
Rp 25.000
Rp 25.000
Rp 25.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892