11 Manfaat Kacang Koro untuk Diet dan Kesehatan

Siapa sangka, cemilan enak yang satu ini mengandung segudang nutrisi seperti kalsium, serat, protein, vitamin, dan magnesium dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kacang koro (Canavalia ensiformis) termasuk salah satu kacang yang banyak dikonsumsi karena rasanya yang gurih dan enak. Kacang ini biasanya diolah menjadi cemilan enak saat bersantai. Di Indonesia, kacang koro biasanya diolah menjadi tempe benguk. Sementara di luar negeri biasa dibuat sup dan bahan campuran kue. Meski kacang-kacangan mengandung lemak yang tinggi, tapi kacang koro termasuk jenis kacang yang mengandung lemak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat kacang koro yang perlu Anda ketahui:

1. Cemilan sehat untuk diet

Kandungan utama kacang koro adalah protein dan serat yang berfungsi sebagai nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan lemak dan kalorinya yang seimbang mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

2. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan protein yang tinggi dan serat larut yang terdapat pada kacang koro dapat mengatasi diabetes. Suatu penelitian pada sekelompok tikus menunjukkan bahwa kacang koro dapat menurunkan kadar gula dalam darah sebanyak 21,89% hanya dalam waktu empat minggu.

3. Melancarkan aliran darah

Sebutir kacang koro terdapat nutrisi yang melimpah seperti, kalium, magnesium, besi, vitamin, fosfor dan tembaga yang dikenal baik dalam menjaga dan melacarkan aliran  dalam darah.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa secangkir kacang koro mengandung 36 gram serat larut yang diketahui bermanfaat dalam mengurangi jumlah LDL (kolesterol jahat) dalam darah sehingga berperan cukup penting dalam menjaga kesehatan jantung.

5. Mengobati kanker

Kandungan antioksidannya yang tinggi bermanfaat untuk mencegah dan melawan kanker. Ia bekerja dengan baik melawan radikal bebas penyebab sel kanker. Di Taiwan, kacang koro bahkan dimanfaatkan sebagai campuran dalam membuat ramuan obat kanker.

6. Menurunkan berat badan

Kandungan lemak dan kalori yang seimbang pada kacang koro mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menyatakan bahwa kacang koro sangat cocok dimasukkan dalam daftar diet harian karena mengandung lemak dan kalori yang seimbang.

7. Menjaga sistem saraf pusat

Sistem saraf pusat berjalan dengan baik jika asupan nutiri terpenuhi, seperti vitamin B1, tembaga, fosfor dan zat besi yang kesemuanya banyak terdapat pada kacang koro.

8. Melancarkan pencernaan

Seperti yang telah diketahui serat larut sangat dibutuhkan tubuh agar proses pencernaan tetap berjalan dengan baik. kacang koro mengandung 5 gram serat larut yang berperan dalam pembuangan zat sisa saat BAB.

9.  Meningkatkan imunitas tubuh

Kandunga pada kacang koro seperti yang disebutkan sebelumnya seperti kalsium, serat, protein, dan magnesium dapat merangsang pembentukan sel imun dalam sel darah putih.

10. Menjaga kesehatan kulit

Senyawa flavonoid yang terdapat dalam kacang koro berperan dalam memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, kandungan protein dan antioksidannya yang tinggi mampu membentuk kembali sel-sel kulit sehingga kulit tetap sehat.

11. Baik untuk ibu hamil

Serat larut pada kacang koro juga baik untuk mengatasi sembelit dan memberi energi yang cukup bagi ibu hamil.

Kacang koro merupakan makanan ideal bagi ibu hamil dan menyusui. Kandungan kalsium dan zat besi pada kacang koro mampu memenuhi sekitar 14% kebutuhan RDA besi harian. Serat larut pada kacang koro juga baik untuk mengatasi sembelit dan memberi energi yang cukup bagi ibu hamil.

Itulah informasi mengenai kacang koro untuk diet dan kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Tersedia aneka benih kacang-kacangan (polong-polongan) di bibitbunga.com yang dapat Anda tanam di rumah. Silahkan lihat disini!