Manfaat Kakao (Buah Coklat) Bagi Kesehatan

Apakah anda familiar dengan Theobroma cacao? Mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui nama ilmiahnya. Bagaimana dengan Kakao atau buah coklat? Buah ini adalah sumber dimana cemilan manis favorit sejuta kalangan berasal. Yup… Chocolate..!  Jika Anda adalah penikmat coklat, maka ada baiknya jika Anda juga mengetahui buah yang menghasilkannya, apa kandungannya serta manfaatnya. Tanaman coklat atau kakao adalah tanaman parennial atau tumbuh tahunan yang tingginya bisa mencapai 10 meter.

Buah coklat yang siap dipanen biasanya berwarna kuning atau orange.
Buah coklat yang siap dipanen biasanya berwarna kuning atau orange.

Buahnya tumbuh langsung dari batangnya, berasal dari bunga putih kemerahan yang menghasilkan buah berbentuk lonjong seperti bola rugby. Memiliki tekstur kulit bergaris-garis mengkilap. Tidak seperti namanya,coklat, buah ini justru tidak berwarna coklat seluruhnya. Namun berbeda-beda sesuai fase kematangannya. Biasanya buah coklat yang siap dipanen adalah buah yang berwarna kuning. Isinya pun yang disebut biji coklat tidak berwarna coklat, melainkan berwarna putih lembut. Nanti setelah dijemur dan kering, barulah berwarna coklat. Kakao atau buah coklat memiliki banyak manfaat bagi anda, antara lain:

  • Sumber dasar bahan pembuatan coklat
Ketika dibelah, buah coklat akan memperlihatkan bijinya yang berwarna putih lembut. Biji inilah yang diolah menjadi coklat.
Ketika dibelah, buah coklat akan memperlihatkan bijinya yang berwarna putih lembut. Biji inilah yang diolah menjadi coklat.

Siapa yang tidak menyukai coklat? Hampir setiap kalangan mengenal dan menggilai coklat. Semua produk coklat yang lezat berasal dari olahan biji buah coklat. Sebelum diolah, buah coklat memiliki rasa yang pahit, namun setelah diolah rasanya sangat manis. Hal ini dikarenakan bahan pemanis yang digunakan untuk menutupi rasa dasar pahitnya. Jadi jangan heran kalau mendapatkan jenis coklat yang rasanya sedikit pekat dan agak pahit. Itu berarti Anda tengah mengkonsumsi coklat murni yang hanya mendapat sedikit pemanis.

Biasanya coklat jenis itu memiliki harga yang lebih mahal. Karena dinilai coklat asli. Buah coklat diolah menjadi coklat batang atau bubuk kemudian dijadikan bahan campuran makanan lainnya yang akan menghasilkan makanan yang lebih enak lagi. Misalnya kue coklat, minuman coklat, permen coklat, es coklat, dll.

  • Menurunkan kolesterol jahat (LDL)  pada tubuh

Coklat mengandung flavonoid yang ampuh melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Flavonoid ini bersama-sama dengan antioksidan menghentikan oksidasi LDL atau kolesterol jahat sehingga tubuh kita terhindar dari penyakit-penyakit seperti kanker, jantung koroner juga stroke.

  • Menghentikan batuk

Beberapa ahli menemukan bahwa salah satu kandungan yang terdapat di dalam coklat dapat memperbaiki sistem kerja paru-paru dan juga mengurangi batuk yang mengganggu pernapasan. Senyawa ini adalah theobromine.

  • Menghilangkan stres dan memperbaiki mood
Coklat murni mengandung sifat antidepresant yang dapat menenangkan serta merefleksikan saraf.
Coklat murni mengandung sifat antidepresant yang dapat menenangkan serta merefleksikan saraf.

Terkadang mood seseorang tidak bisa terkontrol sampai membuat hal-hal apapun menjadi tidak menyenangkan. Buah coklat mengandung Theobromine, kafein, phenylethylalanine dan methyl-xanthine yang berfungsi memberi rasa nyaman pada tubuh. Setelah diolah menjadi coklat, kandungan-kandungan tersebut tidak akan hilang. Jadi, ketika anda sedang stres, ada baiknya jika mengkonsumsi coklat batang atau meminum coklat panas agar mood Anda akan terkontrol.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Sandiego School of Medicine, California University yang menyatakan bahwa kandungan-kandungan tersebut memiliki senyawa yang bersifat menenangkan dan antidepressant.  Jadi, ketika mengkonsumsi coklat, saraf akan terasa rileks.

  • Anti aging atau mencegah penuaan dini

Biasanya banyak anak remaja bahkan yang baru beranjak belia, di wajahnya sudah penuh dengan kerutan. Hal seperti ini biasa diatasi dengan mengkonsumsi coklat secara rutin namun tidak berlebihan. Coklat mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Sebagaimana yang diketahui antioksidan berperan untuk melindungi kulit dari terbentuknya radikal bebas penyebab sel-sel kulit mati. Seperti peran tomat dan jeruk nipis pada kecantikan kulit.

Selain itu, coklat juga mengandung minyak essensial yang dapat melembutkan kulit. Jadi proses berkerutnya kulit wajah atau keriput tidak akan terjadi sebelum waktunya.Tidak heran jika sekarang banyak salon-salon kecantikan yang menawarkan khasiat coklat bagi kesehatan kulit wajah dengan menjadikannnya masker pada wajah. Perawatan dengan menggunakan coklat menjadi salah satu perawatan wajah paling diminati saat ini.

  • Mencegah penyakit atau gangguan pada hati

Berbekal kandungan antiokasidan yang dapat menghambat radikal bebas, kerja hati menjadi lebih ringan. Racun-racun yang masuk ke tubuh dapat dengan mudah dinetralisir oleh hati sehingga penyakit-penyakit hati seperti hepatitis, liver ataupun kanker hati dapat dihindari.

Sebenarnya coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun orang-orang sering salah mengartikan coklat sebagai makanan yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Harus diperhatikan bahwa jenis coklat yang kaya manfaat adalah jenis coklat yang mengadung kadar gula tambahan lebih sedikit. Yaitu coklat hitam yang mengandung setidaknya 60% kadar coklat murni. Sebagaimana coklat hitam murni banyak mengandung senyawa baik diantarnya kalsium, magnesium, kalium, zat besi dan tembaga.

Coklat hitam murni biasanya kurang diminati karena rasanya yang cenderung pahit, padahal inilah yang merupakan coklat dengan banyak kebaikan untuk kesehatan kita.
Coklat hitam murni biasanya kurang diminati karena rasanya yang cenderung pahit, padahal coklat inilah yang memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan kita.

Semua kandungan itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bukan coklat olahan yang rasanya sangat manis yang banyak ditemukan di pasaran sebagai jajanan. Itu mengandung banyak kandungan gula dan lemak jenuh jahat. Bila terlalu banyak mengkonsumsinya tentu saja akan mendapatkan berat badan berlebih atau sampai terkena diabetes. Padahal coklat hitam murni justru berkhasiat menyembuhkan penyakit diabetes.

Namun dalam pengolahannya, kandungan flavonoidnya seringkali dihilangkan. Kandungan inilah yang menjadi cita rasa pahit dalam coklat murni yang kaya khasiat. Jadi banyak orang salah mengkonsumsinya, bukannya jadi sehat, tapi malah penyakitan. Maka dari itu di sarankan agar lebih berhati-hati memilih jenis coklat yang ingin dikonsumsi. Jangan mudah tergiur dengan rasa manis yang ditawarkan. Jadilah konsumen yang cerdas!

Silahkan diorder produk bibit tanaman kakao, hanya ada disini.