GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Thursday, January 12th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!
Contoh buah kapulaga yang baru dipanen.

Contoh buah kapulaga yang baru dipanen.

Kapulaga merupakan tanaman yang pada awalnya tumbuh liar di pantai barat India, pegunungan Malabar. Kapulaga terkenal sebagai salah satu bahan rempah yang biasa digunakan oleh orang-orang India untuk menjadikan masakannya beraroma khas sedap. Namun akhirnya pasar dunia melirik tanaman ini sebagai salah satu tanaman rempah utama pada proses masak-memasaknya, sehingga berbagai negara mulai membudidayakannya.

Di dalam buah kapulaga terdapat biji-biji kecil berwarna hitam sebanyak 14-16 biji.

Di dalam buah kapulaga terdapat biji-biji kecil berwarna hitam sebanyak 14-16 biji.

Jika dilihat sepintas, tanaman ini nampak seperti tanaman jahe juga lengkuas. Batangnya tumbuh tegak dengan tinggi berkisar 1 sampai 3 meter. Pelepah-pelah daunnya menutupi seluruh batangnya sehingga batangnya disebut batang semu. Daunnya lebar dan panjang, tepinya rata, berwarna hijau, dengan tulang daun menyirip. Kapulaga memiliki bunga majemuk yang tumbuh berbentuk bonggol, mahkotanya berbentuk tabung berwarna putih kekuningan. Mahkota bunga ini berbuah dengan biji kecil hitam yang terdapat pada buah tersebut. Buah kapulaga tumbuh dari pangkal batangnya diatas permukaan tanah. Buah ini tumbuh bersama tandannya. Ditiap tandannya terdapat 5 sampai 8 buah kapulaga. Dan di dalam buahnya itu terdapat 14 sampai 16 biji berwarna hitam.

Kapulaga tumbuh berumpun dengan buahnya yang menjalar didekat pangkal batangnya. Buahnya tumbuh bersama tandasnya yang juga menjalar diatas permukaan tanah.

Kapulaga tumbuh berumpun dengan buahnya yang menjalar didekat pangkal batangnya. Buahnya tumbuh bersama tandasnya yang juga menjalar diatas permukaan tanah.

Selain sebagai tanaman penghasil bumbu penyedap masakan, sebenarnya kapulaga juga memiliki khasiat dan manfaat lain yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, vitamin C, protein, borneol, gula, lemak, silikat, terpineol, mirkena, sebinena, mirtenal, betakamer, kersik, dan karvona. Karena kaya akan kandungan senyawa alami, maka kapulaga memiliki manfaat lain seperti:

1. Berkhasiat untuk kesehatan jantung
Dengan mengkonsumsi kapulaga maka jantung dapat memompa darah secara stabil. Aktivitas jantung yang sehat akan membuat sirkulasi darah meningkat sehingga mencegah tekanan darah terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Antibodi yang lemah atau sistem kekebalan tubuh yang mudah goyah membuat penyakit mudah masuk ke dalam tubuh. Dengan kandungan patogen dan zat antibakterial yang dimiliki oleh tanaman kapulaga, bakteri-bakteri penyebar penyakit akan hancur. Penyakit akan susah masuk ke tubuh karena benteng antibodi yang kuat telah dibangun.

3. Berkhasiat untuk kesehatan ginjal
Ginjal yang tidak sehat dapat dengan mudah menjadi penyakit yang sangat mematikan. Untuk menjaga agar ginjal dapat berfungsi dengan baik, maka kapulaga dapat dimanfaatkan. Sifat diuretik yang terdapat dalam kapulaga telah diteliti oleh beberapa peneliti. Penelitian ini menunjukkan bahwa sifat diuretik memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit yang ada hubungannya dengan kandung kemih. Termasuk penyakit ginjal.

4. Berkhasiat untuk kesehatan tulang
Vitamin C dan mangan merupakan dua zat yang dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat dan kuat. Kedua zat ini terkandung dalam kapulaga. Jadi, jika mengkonsumsi kapulaga, maka tulang akan terhindar dari masalah pengeroposan atau osteoporosis.

5. Menghilangkan nyeri otot, kejang-kejang, dan gusi bengkak
Kapulaga memiliki sifat analgesik dan sifat anti inflamasi. Sifat anti analgesik ini mampu meredam rasa sakit seperti nyeri otot, juga kejang. Sementara itu, sifat anti inflamasi dapat meredakan pembengkakan pada gusi.

6.Mengobati gangguan pencernaan
Gas berlebih yang ada di dalmam perut dapat mengakibatkan perut kembung, juga gangguan pencernaan lainnya. Kapulaga memiliki kandungan alami yang dapat menbuat perut terasa nyaman serta membuat proses pencernaan lancar.

7. Mengobati gangguan pernapasan
Anti spasmodik bisa mengobati tenggorokan yang sakit juga batuk. Caranya bisa dengan mencampurkan rebusan bunga kapulaga dengan madu. Lalu minumlah air rebusan itu secara teratur.

 

Wedang cengkeh kapulaga adalah salah satu jenis minuman tradisional yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Wedang cengkeh kapulaga adalah salah satu jenis minuman tradisional yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Cara penggunaannya hampir sama, yaitu dengan mengeringkan buah kapulaga, mengsangrainya, lalu menumbuknya kasar. Dapat dikonsumsi dengan cara menyeduhnya, ampasnya disaring lalu airnya diminum. Sama seperti menyeduh teh. Minumlah secara teratur pada pagi dan sore hari hingga merasakan efek khasiatnya. Selain itu juga direbus bersama dengan rempah-rempah berkhasiat lainnya. Karena kaya akan manfaat, maka jangan heran jika tanaman ini disebut-sebut sebagai tanaman rempah termahal ketiga setelah vanili dan saffron. Jika tertarik membudidayakan tanaman kapulaga, silahkan Anda order di sini! 😀

Produk terbaru

Rp 20.000
Rp 20.000
Rp 20.000
Rp 60.000
Rp 60.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892