GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Manfaat Kesumba Keling (Annatto Tree) untuk Kesehatan

Friday, October 27th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Kesumba keling tidak hanya digunakan sebagai bahan-bahan pembuatan kosmetik, tanaman berbiji merah ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Kesumba keling (Bixa orellana) atau dikenal pula sebagai Achiote dan Annatto tree adalah tanaman tropis yang banyak ditemukan tumbuh di wilayah Amerika Selatan. Dalam budaya Karibia dan Amerika Tengah, kesumba keling telah digunakan selama ribuan tahun untuk menyembuhkan segala sesuatu mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang mengancam jiwa, sehingga menjadikannya sebagai salah satu “makanan super”.

Manfaat Kesumba Keling untuk Kesehatan

Beberapa manfaat kesehatan yang paling mengesankan dari kesumba keling adalah melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, mencegah kerusakan tabung saraf, menurunkan panas demam dan meningkatkan kesehatan mata.

Berikut penjelasan secara rinci mengenai manfaat kesumba keling untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan mata

Warna merah pada kulit dan biji kesumba keling yang diekstraksi mengandung karetanoid dan berperan sebagai antioksidan dalam sistem penglihatan. Hal tersebut juga sekaligus mencegah degenerasi makula.

Baca juga: Tanaman Obat Untuk Penyakit Mata Glaukoma

2. Mengobati penyakit menular seksual (PMS)

Mungkin manfaat kesehatan yang paling mengejutkan dari kesumba keling adalah sangat efektif melawan gonore (kencing nanah). Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacy and Biomedical Research, kesumba keling dapat mengurangi gejala gonore. Hal ini disebabkan karena penghambatan enzim aldose reduktase yang disediakan tanaman kesuma keling.

Ilustrasi minyak biji kesumba keling.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat yang tinggi ditemukan dalam biji dan daun annato. Serat diketahui sangat baik untuk pencernaan manusia dengan mempromosikan kelancaran makanan melalui usus dan penyerapan nutrisi yang efisien.

Serat juga membantu menurunkan kolesterol dan mengelola diabetes, karena bisa membantu mengoptimalkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.

4. Memperkuat tulang

Tingkat kalsium yang signifikan ditemukan dalam annatto yang berperan dalam melengkapi kepadatan mineral tulang Anda dan memastikan kekuatan dan daya tahan tubuh. Osteoporosis dapat menyerang siapa saja, jadi mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium sangatlah penting.

5. Mencegah cacat lahir

Terdapat sejumlah folat (asam folat) yang ditemukan dalam annatto. Wanita hamil dianjurkan untuk meningkatkan kadar asam folat mereka untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Biji kesumba keling yang telah dihaluskan bisa digunakan untuk mengobati luka luar.

Jika Anda menderita luka bakar atau luka pada kulit ataupun iritasi, biji annatto yang telah dihaluskan bisa diaplikasikan untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi timbulnya bekas luka. Selain itu, sifat antimikroba alami dapat membantu mencegah infeksi.

7. Meredakan sakit perut

Untuk menenangkan perut yang sakit, annatto sering dikonsumsi untuk mengobati maslaah seperti sakit maag dan perut kembung yang biasanya disebabkan karena infeksi virus atau terlalu banyak memakan makanan pedas.

8. Mencegah kanker

Norbixin adalah salah satu senyawa yang ditemukan pada biji annatto dan dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Dalam penelitian terbaru, ditunjukkan bahwa norbixin memiliki efek anti mutagenik yang mencegah menyebarnya sel kanker dan radikal bebas.

Peringatan: Berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi biji annato.

Sekian informasi mengenai manfaat kesumba keling untuk kesehatan. Semoga

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892