GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

11 Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Saturday, March 18th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tanaman daun kumis kucing banyak dijumpai tumbuh di Indonesia dan kerap dijadikan sebagai ramuan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Tanaman daun kumis kucing (Orthosiphon aristatus) atau balbas pusa, cat’s whiskers, tea java adalah tanaman perennial yang berasal dari Asia Tenggara yang kemudian menyebar luas hingga Australia.

Tanaman daun kumis kucing tumbuh tegak berupa semak yang dapat mencapai ketinggian 1-2 meter. Daunnya berwarna hijau dan berselang-seling. Bunganya berwarna putih membentuk pagoda. Terdapat benang sari yang panjang pada bunganya terlihat sangat jelas menyerupai kumis pada kucing (alasan kenapa dijuluki daun kumis kucing). Selain sebagai tanaman obat, bunga kumis kucing juga sebagai tanaman hias bunga yang mampu membuat tampilan eye-catching di kebun Anda.

Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya

Berikut manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan:

1. Mengobati batuk

Daun kumis kucing mampu mengobati penyakit berkaitan dengan masalah pernafasan seperti batuk dan asma. Batuk biasanya disebabkan oleh adanya benda-benda asing yang dapat merangsang selaput lendir seperti debu, kuman atau bisa juga disebabkan oleh alergi.

Telah banyak obat yang dijual di pasaran untuk mengobati batuk dalam berbagai merek. Namun jika Anda ingin pengobatan alami maka cobalah ramuan dari tanaman kumis kucing yang satu ini.

Rebus 10-20 gr daun kumis kucing yang telah dicuci bersih sebelumnya dengan segelas air. Saring airnya dan minumlah segelas 3x sehari.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Senyawa kimia yang hadir dalam kumis kucing seperti anti-oksdan dan anti-inflamasi membantu dalam mengurangi tingkat tekanan darah. Gejala yang biasanya terjadi pada penderita adalah pusing, mimisan, cepat merasa lelah dan wajah kemerahan.

Daun kumis kucing yang sudah dikeringkan.

Rebuslah 50 gr daun kumis kucing basah dan 50 gr daun kumis kucing kering. Campur ramuan keduanya dan minumlah secara teratur 1 gelas dalam sehari.

3. Mengobati batu ginjal

Batu ginjal atau dikenal pula sebagai kencing batu biasanya memiliki gejala seperti rasa nyeri di daerah perut, paha bagian dalam dan daerah kemaluan, pendarahan, infeksi aliran kemih, mual, demam dan tubuh terasa menggigil.

Sebuah uji klinis telah menunjukkan bahwa mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun kumis kucing selama enam bulan memiliki 40% peluang sembuh.

Rebuslah 90 gr daun kumis kucing dengan 1 gelas segelas air putih. Biarkan mendidih dan menyisakan 1/2 air rebusan. Minumlah 3x sehari.

4. Mengobati diabetes

Sebuah stui juga menunjukkan bahwa penggunaan kumis kucing selama enam bulan dapat mengurangi kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes.

Salah satu khasiat daun kumis kucing yang populer di kalangan masyarakat adalah mampu menurunkan kadar gula darah.

Gejala yang biasanya timbul pada penderita diabetes adalah turunnya berat badan, sering buang air kecil dalam jumlah banyak, mudah lelah, jika terluka susah sembuh dan sering merasa haus.

Rebuslah 20 lembar daun kumis kucing dalam 2 gelas air bersih. Biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas saja. Minumlah sekali sehari.

5. Mengobati sakit pinggang

Sakit pada tulang pinggang merupakan keluhan yang biasa terjadi dan bisa mengganggu aktivitas. Penyebab terjadinya hal tersebut biasanya karena posisi tidur yang tidak tepat, kurang berolahraga atau bisa karena salah posisi saat mengangkat beban.

Minumlah ramuan dari daun dan akar kumis kucing sehari sekali yang telah direbus sebelumnya.

6. Mengobati gatal dan alergi

Daun kumis kucing mengandung anti-alergi yang dapat meredakan rasa gatal akibata alergi. Gejala alergi biasanya ditandai dengan gatal-gatal hingga ruam, mata berair, cepat merasa lelah dan gatal pada hidung hingga bersin-bersin.

Rebuslah daun kumis kucing bersama daun meniran dan sambiloto ke dalam empat gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa dua gelas. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari.

7. Mengobati sembelit

Sembelit biasnya terjadi karena kurangnya asupan makanan yang kaya serat sehingga terjadi pengerasan tinja. Daun kumis kucing dipercaya mampu mengobati sembelit. Anda bisa meminum ramuan seperti dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

8. Menurunkan berat badan

Teh daun kumis kucing kini banyak diproduksi, salah satu khasiatnya adalah mampu menurunkan berat badan.

Daun kumis kucing baru-baru ini diketahui efektif dalam menurunkan berat badan. Di banyak supermarket di luar negeri telah dijual dan laku keras, baik dalam bentuk pil, ekstrak maupun dalam bentuk teh kemasan.

Baca juga: Khasiat Jati Belanda Untuk Menurunkan Berat Badan

9. Mengobati keputihan

Keputihan biasanya terjadi pada wanita yang disebabkan oleh jamur, virus, bakteri ataupun parasit dan menimbulkan rasa gatal dan kurang nyaman. Untuk mengobati keluhan tersebut Anda bisa meminum ramuan dari kumis kucing.

Rebus 1 genggam daun kumis kucing segar, jinten hitam dan segenggam daun beluntas. Rebusan air tersebut diminum dua kali sehari.

10. Mengobati sipilis

Daun kumis kucing ternyata memiliki manfaat yang tidak hanya sebatas mengobati keputihan pada wanita tapi juga bisa mengobati penyakit kelamin lainnya seperti sipilis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut treponema pallidum.

Sipilis pun bisa diobati dengan pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan alami dari daun kumis kucing. Minumlah rebusan daun kumis kucing yang masih hangat secara teratur. Selain menyembuhkan sipilis, daun kumis kucing juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

11. Mengobati gejala masuk angin

Masuk angin merupakan keluhan yang umum di kalangan masyarakat dan bila dibiarkan bisa berakibat fatal seperti demam, sesak nafas hingga diare. Untuk mengatasi hal tersebut minumlah ramuan dari daun kumis kucing. Rebus daunnya dengan segelas air bersih, biarkan mendidih hingga tersisa 1/2 gelas saja.

Itulah beberapa manfaat luar biasa dari daun kumis kucing bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Produk terbaru

Rp 40.000
Rp 40.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892