Manfaat Mengkudu Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Dibalik aroma dan rasanya yang tidak disukai, ternyata buah mengkudu menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu buah yang aslinya berasal dari kawasan Asia Tenggara adalah tanaman buah mengkudu. Buahnya berbentuk agak lonjong dan terdapat beberapa bintik di permukaan kulit buahnya. Aroma buah ini cukup menyengat, sehingga lebih banyak orang yang tidak menyukainya. Walaupun begitu ternyata buah mengkudu ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh manusia.

Baca juga: Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini sejumlah manfaat megkudu untuk kecantikan dan kesehatan:

1. Mengobati Ambeien

Kandungan yang terdapat di dalam buah dan daun mengkudu mampu menyembuhkan penyakit ambeien. Caranya adalah dengan meminum air rebusan buah dan daun mengkudu.

2. Mengobati kulit bersisik

Buah mengkudu mampu menghilangkan kulit bersisik. Caranya sangat muda yaitu dengan mengusapkan buah mengkudu pada kulit yang bersisik, diamkan selama kurang dari sepuluh menit. Bersihkan menggunakan lap hangat.

3. Mengobati Tumor

Mengkudu mampu mengecilkan tumor karena kaya akan antioksidan yang mampu mengempiskan tumor.  Anda bisa mengonsumsinya dengan membuatnya dalam bentuk jus.

Jus buah mengkudu.

4. Meredakan demam

Jika Anda sakit demam, Anda bisa mengonsumsi air rebusan buah mengkudu yang dicampur dengan parutan kencur.

5. Mengobati luka dan masalah kulit lainnya

Salah satu manfaat mengkudu bagi kesehatan adalah mampu mempercepat pemulihan luka.

Mengkudu juga bisa mempercepat penyembuhan luka. Jika ruam merah menjangkiti kulit Anda, silakan gunakan buah mengkudu sebagai solusinya. Buah mengkudu mengandung zat scolopetin yang dapat mengobati radang kulit Anda.

6. Mengobati Bronkitis

Konsumsilah mengkudu secara teratur untuk mengobati bronkitis. Mengkudu mengandung zat anti bakteri yang mencegah kehadiran bakteri dalam paru-paru. Kandungan anti bakteri ini juga mampu membunuh bakteri yang hidup di paru-paru Anda.

7. Meredakan dan menyembuhkan batuk

Buah mengkudu mampu meredakan dan menyembuhkan batuk. Minumlah air rebusan dua buah mengkudu yang sudah masak yang telah ditambahkan setengah daun bujanggaut. Minumlah sebanyak dua kali sehari.

8. Mengobati kanker

Ternyata mengkudu mampu mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang terkandung di dalam buah mengkudu mampu mencegah keruskaan sel DNA yang mampu menimbulkan gejala kanker. Selain itu mengkudu pun mengandung zat antioksidan yang mempu mencegah kanker.

9. Melancarkan proses pencernaan

Konsumsilah buah mengkudu sebelum makan untuk melancarkan pencernaan. Buah mengkudu mampu mengobati perut kembung, luka pada usus, dan radang lambung.

10. Menyembuhkan sakit kepala

Buah mengkudu sudah dari dulu dipercaya sebagai buah penyembuh sakit kepala. Kandungan analgesik dalam buah mengkudu yang sebesar 75% mampu meredakan rasa sakit kepala dengan lebih efetif.

Demikianlah manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh. Apakah Anda gemar mengonsumsi mengkudu? Jika iya, berarti Anda telah menerima segala manfaat dari buah ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda berminat menanam buah mengkudu, tersedia bibitnya di sini.