Manfaat Pohon Bakau Yang Luar Biasa

Pohon bakau biasa tumbuh di sepanjang kawasan pantai. Selain digunakan kayunya untuk keperluan manusia, pohon bakau juga penting sebagai penyeimbang ekosistem.

Nama ‘bakau’ adalah nama segala tumbuhan yang bermarga Rhizophora dalam suku Rhizophoraceae. Di Indonesia tanaman ini sudah tidak asing lagi. Sebab tanaman ini memang biasa tumbuh di kawasan pantai dan Indonesia memiliki banyak pantai. Akar tanaman ini berupa akar tunggang. Akar kayunya besar. Di Indonesia tanaman ini memiliki banyak nama daerah seperti, tinjang (Medan), kawoka (Timor), bangko (Bugis), tanjang (Jawa), dan jangkar.

Tanaman ini adalah tanaman yang bisa tumbuh mulai dari 4-30 meter. Ada tiga jenis pohon bakau yang biasa tumbuh di Indonesia, yaitu bakau minyak, bakau kurap, dan bakau kecil.

  • Bakau minyak bisa tumbuh dengan baik di tanah yang memiliki lumpur yang halus dan dalam. Ia juga menyukai kalau digenangi air ketika pasang tiba.
  • Bakau kurap (Rhizophora mucronata Poir) sering tumbuh berdampingan dengan bakau minyak. Namun bakau kurap bisa hidup di tanah yang jauh lebih keras dan berpasir. Tanaman ini jarang sekali ditemukan di daerah yang jauh dari pasang surut air laut.
  • Bakau kecil (Rhizophora stylosa Griff) tidak seperti kedua pohon bakau yang lain. Ia hanya bisa tumbuh mencapai sepuluh meter, tidak mencapai tiga puluh meter. Walaupun begitu, tanaman ini paling bisa menyesuaikan diri untuk tumbuh di berbagai tempat, mula dari pasir, lumpur, sampai di tempat pecahan batu bahkan karang. Tidak hanya itu, tanaman ini juga bisa tumbuh di daratan yang mengering.

Tanaman bakau ini ternyata memiliki banyak manfaat. Orang-orang pesisir pantai biasa menggunakannya sebagai bahan bangunan. Mereka juga biasanya menggunakan batang kayunya sebagai kayu bakar (Xylocarpus), bahkan bisa dijadikan arang (Rhizophora sp.).

Kayu dari pohon bakau biasa digunakan sebagai kayu bakar (Xylocarpus), bahkan bisa dijadikan arang.

Kulit kayu dari tanaman bakau ini menghasilkan tanin yang bisa digunakan menjadi bahan penyamak. Namun saat ini. penggunaan kulit kayu pohon tembakau untuk dimanfaatkan taninnya sudah jarang ditemui. Selain menghasilkan tanin, kulit kayu pohon tembakau pun biasa dijadikan bahan pembuat kertas. Jenis kertas yang dihasilkannya pun termasuk ke dalam kertas berkualitas tinggi.

Pewarna alami dapat diperoleh dari bagian tanaman bakau.

Selain mengkasilkan kayu dan arang, tanaman bakau ini pun ternyata bisa dijadikan bahan pewarna dan juga kosmetik. Bisa juga dijadikan bahan makanan dan minuman.

Salah satu pemanfaatan pohon bakau adalah kayunya dibuat furniture.

Indonesia memiliki hutan bakau yang sangat luas. Manfaat dari hutan bakau ini adalah sebagai penyeimbang ekosistem. Di hutan bakau biasanya hidup siput bakau (Telescopium telescopium), biawak air (Varanus salvator), kepiting bakau (Scylla serrata), ikan belodok, dan udang lumpur (Thalassina anomala). Hutan bakau melindungi pantai dari terjangan ombak dan pasang surut air laut. Bahkan hutan bakau bisa meredam gelombang tsunami yang menghancurkan.

Demikian pembahasan mengenai pohon bakau dan manfaatnya. Walaupun manfaat pohon bakau sangatlah penting, tapi di Indonesia banyak hutan bakau yang sudah beralih fungsi menjadi tambak dan lahan lain yang menghilangkan keberadaan pohon bakau. Kondisi ini sangatlah berbahaya mengingat pantai Indonesia yang rawan tsunami. Jadi bibitbunga.com sudah menyediakan produk tanaman pohon bakau disini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.