Manfaat Salak untuk Kesehatan dan Diet

Buah asli dari Indonesia ini kaya akan kandungan nutrisi sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Salacca zalacca ini merupakan tanaman asli Indonesia. Salak banyak dibudidayakan di Bali, Lombok, Timor, Maluku, Sulawesi hingga Malaysia. Kulit buahnya berwarna coklat kemerahan dan bersisik, itulah kenapa di luar negeri dikenal pula dengan nama snake fruit.

Manfaat Salak untuk Kesehatan dan Diet

Buah salak bisa dikonsumsi langsung dan bisa juga diolah menjadi jus, manisan, acar, dan permen. Buah salak kaya akan nutrisi seperti protein, beta-karoten, vitamin, tiamin, serat, besi, kalsium, fosfor dan karbohidrat yang besar manfaatnya untuk kesehatan secara keseluruhan.

Berikut manfaat salak untuk kesehatan dan diet:

1. Menjaga kesehatan mata

Menurut para ahli kesehatan, kandungan beta karoten pada salak sangat baik untuk kesehatan mata. Jika Anda bosan dengan mengonsumsi wortel maka cobalah memasukkan salak dalam daftar diet harian Anda.

Baca juga artikel mengenai Khasiat Daun Sirih Untuk Mata.

2. Mengobati diare

Untuk mengobati diare, Anda bisa mencoba membuat jus salak yang dicampur dengan madu.

Jika Anda mengalami diare maka tidak ada salahnya mengonsumsi buah salak sebelum langsung meminum obat-obatan. Kandungan tanin pada buah salak berfungsi sebagai anti-diare. Anda bisa membuat jus salak dan mencampurnya dengan madu. Selain menyegarkan juga menyehatkan bukan?

3. Baik untuk otak

Salak diakui sebagai salah satu dari beberapa buah yang sangat kaya akan kalium dan juga pektin yang bermanfaat bagi otak. Tidak heran jika salak dijuluki sebagai “memory fruit’.

4. Mengontrol kadar gula darah

Salak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satu diantaranya adalah menurunkan kadar gula darah.

Teh dari kulit buah salak membantu dalam regenerasi sel di pankreas yang membantu mengontrol diabetes. Selain itu, salak mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah.

5. Menjaga kesehatan jantung

Salak kaya akan kalium, antioksidan dan mineral yang mampu menjaga fungsi sistem kardiovaskular dengan baik dan membantu pengaturan air dalam tubuh.

6. Mengobati rabun jauh

Salak tidak hanya menjaga kesehatan mata tapi juga bisa mengobati penyakit rabun jauh. Salak enak dibuat jus, bahkan diluar negeri disebut ‘jus wortel dari Indonesia’ karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi baik untuk mata. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menambahkan salak pada daftar diet harian Anda.

7. Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan

Mengonsumsi salak secara teratur dalam diet Anda membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Seperti disebutkan sebelumnya salak merupakan salah satu buah padat nutrisi yang membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Antioksidan membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan dan mencegah tubuh dari kerusakan karsinogenik berbahaya. Konsumsi salak secara teratur dalam diet Anda membantu untuk mengurangi risiko pembentukan wasir.

8. Baik untuk ibu hamil

Buah salak berguna untuk mengatasi rasa mual yang sering terjadi ketika seseorang sedang hamil (morning sickness). Sebaiknya kulit tipis yang menempel pada dagingnya ikut dikonsumsi karena mengandung serat yang cukup tinggi, yang sangat membantu dalam proses memfasilitasi gerakan usus. Namun, jangan mengonsumsinya terlalu banyak, sebaiknya diimbangi dengan jumlah yang seimbang dari makanan kaya protein seperti kacang-kacangan.

9. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan maka sebaiknya banyak mengonsumsi buah-buahan termasuk salak. Kandungan fitronutrien dan serat telah dikenal baik untuk diet. Ketika mengonsumsi salak, lapisan epidermis pada dagingnya jangan dikupas karena pada bagian itulah terdapat serat yang tinggi. Namun, perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi terlalu banyak salak dalam sehari dapat menyebabkan sembelit.

Kami juga menyediakan beberapa produk bibit tanaman buah, silahkan buka website kami disini.

Baca juga artikel mengenai Manfaat Jeruk Lemon Untuk Menurunkan Berat Badan.

Itulah beberapa manfaat salak untuk kesehatan dan diet. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂