Manfaat Sawi Beserta Efek Sampingnya

Di Indonesia, tingkat konsumsi sawi cukup tinggi. Sayuran hijau yang satu ini biasanya diolah menjadi tumisan dan berbagai jenis masakan lainnya.

Tahukah Anda jika sawi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin? Mengonsumsi sawi dipercaya mampu membantu mencegah infeksi bakteri, mencegah sakit maag, mengurangi risiko terserang penyakit jantung, dan melancarkan pencernaan.

Sawi adalah sejenis sayuran yang dapat tumbuh dengan subur jika ditanam di kawasan dataran tinggi. Pangsa pasar untuk sayuran sawi ini sangatlah baik, karena di pasaran permintaannya sangat banyak. Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia pun tingkat konsumsi sawi cukup tinggi. Masyarakat sering menambahkan sawi ke dalam masakan sehari-harinya.

Baca juga: 13 Manfaat Luar Biasa Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sawi untuk Kesehatan

Berikut manfaat sawi untuk kesehatan tubuh yang berhasil kami sadur:

1. Sawi sebagai makanan sehat untuk diet

Anda juga bisa mengonsumsi sawi dengan cara dibuat jus.

Banyak orang yang sedang menjalankan program diet yang menambahkan sawi ke dalam makanannya. Hal tersebut disebabkan karena sawi dikenal mampu melancarkan dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Sawi mengandung nutrisi inulin yang berperan dalam mengurangi penyakit sistem pencernaan. Sayuran yang satu ini pun memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan stroke.

2. Sawi meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan polifenol dalam sayuran sawi berperan penting untuk menjaga sistem imun tubuh manusia. Senyawa polifenol mampu mencegah dan membasmi virus dan bakteri jahat dalam tubuh. Polifenol pun memiliki kemampuan melawan radikal bebas dari dalam darah.

3. Sawi mencegah penyakit kanker

Sudah sejak lama peneliti mulai menemukan manfaat sawi yang baik dalam mencegah timbulnya penyakit kanker. Zat-zat yang memengaruhi pencegahan timbulnya kanker tersebut adalah fruktan, polifenol, dan fitokimia. Ketiga zat tersebut berkerja sama dalam mencegah kanker.

4. Sawi memiliki sifat menenangkan

Sawi memiliki sifat penenang dan anti stres, oleh karena itu sawi sering kali dijadikan sebagai obat tidur alami bagi sebagian orang. Karena sifatnya yang anti stres dan sebagai obat penenang alami, sawi bisa juga dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini dan insomnia.

5. Sawi baik untuk kesehatan jantung

Sawi dipercaya mampu menyehatkan jantung.

Kanndungan antioksidan yang terkandung di dalam sawi membantu meningkatkan keseimbangan darah dan plasma dalam tubuh. Keseimbangan antara plasma dan darah akan mengurangi risiko timbulnya penyakit jantung.

Efek Samping Sawi

Sawi memang memiliki banyak manfaat. Hal lain yang akan Anda dapatkan dari mengonsumsi sawi adalah mampu menjaga berat tubuh dan menyehatkan sistem pencernaan. Walaupun begitu, Anda harus tetap berhati-hati ketika mengonsumsi sawi. Sudah sejak lama sawi diketahui mampu merangsang menstruasi. Efek samping yang lebih mengkhawatirkannya adalah memungkinkan terjadinya keguguran. Maka dari itu, selalu berkonsultasilah pada dokter Anda mengenai apa yang baik dan kurang baik untuk Anda konsumsi ketika hamil dan setelah melahirkan, terutama ketika Anda akan mengonsumi sawi.

Sekian informasi mengenai manfaat sawi dan efek sampingnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jika berminat, kami juga menyediakan beragam macam benih sawi untuk Anda tanam di rumah.