17 Manfaat Singkong bagi Kesehatan

Singkong (Manihot esculenta) dikenal pula dengan nama ubi kayu atau ketela pohon. Masyarakat bagian Afrika, Asia, dan benua Amerika Selatan menggunakannya sebagai sumber makanan pokok selama berabad-abad. Apakah pernah terpikir oleh Anda bahwa selain enak dikonsumsi, singkong juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan? Artikel ini akan membahas bagaimana singkong bermanfaat untuk kesehatan.

Tanaman berumbi ini terkenal sebagai penghasil karbohidrat yang tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk keseahtan tubuh.

Manfaat Singkong bagi Kesehatan

Umbi tanaman singkong mengandung protein, kalori, zat besi, lemak, karbohidrat, vitamin B dan C. Daunnya mengandung protein, lemak, zat besi dan juga kalsium. Tidak heran jika singkong terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat singkong bagi kesehatan yang berhasil kami sadur:

1. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi singkong sangat penting bagi orang yang telah mencoba menurunkan berat badan selama bertahun-tahun dan belum berhasil. Kandungan serat yang tinggi dalam singkong membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan mencegah Anda makan berlebihan.

2. Baik untuk sistem pencernaan

Singkong mengandung serat yang tidak larut dalam air. Hal ini membantu dalam penyerapan racun yang masuk dalm usus sehingga baik untuk sistem pencernaan. 

3. Mengobati sakit kepala

Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami sakit kepala dan seringkali sakit yang tak tertahankan. Cobalah mengobatinya dengan singkong. Yang harus Anda lakukan adalah merendam 60 gram umbi dan beberapa lembar daunnya dalam air selama beberapa jam. Buatlah jus segar dengan menggunakan blender dan minumlah dua kali sehari.

Jus singkong dapat diminum untuk meringankan gejala sakit kepala.

4. Mencegah kanker

Inilah manfaat paling menakjubkan dari singkong. Singkong mampu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Kandungan vitamin B17 pada daun dapat membantu merangsang isi sel darah merah, yang jika kekurangan akan menyebabkan penyakit seperti kanker.

5. Mengoabati diare

Untuk mengobati diare atau sakit perut, Anda dapat menggunakan daun singkong. Rebus 7 lembar daun singkong dengan 800 cc air, tunggu sampai hanya tersisa 400 cc air, saring dan minum ramuan tersebut.

6. Baik untuk mata

Singkong kaya akan vitamin A dan senyawa seperti betakaroten yang mampu meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kebutaan atau penglihatan yang buruk di masa depan.

7. Meredakan demam

Daun singkong efektif dalam meredakan demam. Untuk hasil terbaik, gunakan batang serta daunnya. Cukup gunakan 400 gram daun singkong dan 80 gram batang dan didihkan dalam satu liter air. Ketika volume air berkurang setengahnya, saring airnya, tunggu hingga hangat dan aplikasikan pada tubuh.

8. Rematik

Daun singkong yang telah dilumatkan dapat diaplikasikan pada daerah yang terkena rematik.

Singkong kaya akan magnesium, Anda bisa menggunakan singkong sebagai obat alami untuk rematik. Untuk pengobatan luar, gunakan lima daun singkong dan 15 gram jahe. Lumatkan dalam blender hingga menyerupai pasta, gunakan sebagai salep pada area di mana Anda menderita rematik. Untuk pengobatan internal, Anda dapat menggunakan 100 gram batang singkong, serai, garam dan 15 gram jahe. Rebus semua bahan dalam 1000 cc air. Tunggu sampai hanya tersisa 400 cc air, saring dan minum ramuan tersebut sekali sehari (200 cc per gelas).

9. Mengobati luka luar

Singkong juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka yang terinfeksi. Lumatkan batang singkong dan aplikasikan pada daerah luka. Anda juga dapat memarut batangnya, terapkan pada luka dan tutupi dengan perban. Untuk luka yang disebabkan oleh benda panas, peraslah hasil parutan dan terapkan pada daerah luka. Lakukan hal tersebut sampai luka kering.

Daun singkong juga mengandung nutrisi yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Tumbuk daunnya dan tambahkan gel lidah buaya, terapkan pada luka.

10. Menambah nafsu makan

Jika Anda kurang bergairah terhadap makanan, daun singkong akan mengembalikan nafsu makan Anda. Buatlah ramuan dari daun singkong dan jahe, minum setiap pagi setelah bangun tidur.

11. Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan banyak vitamin C dan folat yang ditemukan banyak pada singkong. Daun singkong memiliki rasa hambar, sehingga enaknya dibuat sayur atau sup. Secangkir sup daun singkong mengandung 15 persen dari kebutuhan folat sehari-hari Anda dan 47 persen dari kebutuhan kalsium harian. 

Selengkapnya mengenai manfaat singkong untuk ibu hamil bisa Anda baca di sini.

12. Menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas)

Folat dan vitamin C, keduanya ditemukan banyak pada daun singkong, yang diketahui sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyerang inti dari virus dan bakteri, mempertahankan kesehatan tulang, antioksidan yang baik dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas diketahui memiliki hubungan erat dengan kanker. Folat membantu dalam produksi sel-sel dalam tubuh kita, sehingga berguna untuk mencegah mutasi DNA.

13. Meningkatkan fungsi otak

Otak Anda akan mulai bekerja lebih efisien bila Anda menambahkan tepung singkong pada makanan Anda. Setiap porsi berisi 80% karbohidrat, lebih dari cukup untuk konsumsi sehari-hari Anda.

14. Baik untuk saraf

Beberapa ahli percaya bahwa tepung singkong sangat penting untuk sistem saraf agar tetap seimbang. Tidak hanya melawan stres dan kecemasan, tetapi juga mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.

15. Menguatkan otot

Singkong mengandung protein yang mampu mempertahankan kesehatan dan memelihara jaringan otot.

Tepung singkong membantu Anda membangun otot yang kuat dan ramping. Satu porsi berisi 2 gram protein, cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

16. Menurunkan tekanan darah

Manfaat lain yang menakjubkan dari singkong adalah secara signifikan mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena singkong kaya akan serat. Setiap cangkir tepung singkong meningkatkan asupan serat Anda.

17. Mengobati penyakit beri-beri

Mereka yang suka mengkonsumsi daun singkong beruntung karena bisa terhindar dari penyakit beri-beri. Untuk mereka yang menderita beri-beri, mereka setidaknya harus mengonsumsi 200 gram daun singkong, bisa diolah sebagai sayuran, sup ataupun salad.

Umbi singkong memiliki efek samping yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Singkong mengandung racun yang disebut linamarin. Ketika dimakan mentah, sistem pencernaan manusia mengubah racun ini menjadi sianida, yang dapat berakibat fatal.
  2. Akar singkong membusuk dengan cepat, yang mengakibatkan hilangnya nilai gizi. Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi jamur dan bakteri.

Namun, jangan biarkan efek samping menakut-nakuti Anda. Jika Anda mengolahnya dengan baik, mengupas bersih, dan memasaknya dengan baik, tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat menikmati manfaat singkong tanpa khawatir tentang racun!

Itulah beberapa manfaat singkong bagi kesehatan. Sekarang Anda telah mengetahui bagaimana singkong bisa membuat hidup Anda lebih sehat. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Buat kalian yang penasaran tentang produk tanaman ubi lainnya. Anda bisa klik disini.

Baca juga Cara Menanam Ubi Kayu Yang Baik Dan Benar.