Manfaat Tak Terduga Buah Juwet (Jamblang) Bagi Kesehatan Tubuh

Buah juwet/jamblang atau di luar negeri dikenal sebagai java plum merupakan salah satu buah yang bentuknya agak lonjong, kecil, dan berwarna ungu kehitaman saat sudah matang.

Tanaman buah juwet (Eugenia cumini) ini sudah termasuk ke dalam buah-buahan yang sulit ditemui di zaman sekarang ini. Kandungan vitamin C dalam buah juwet ini sangatlah banyak. Tak kalah dengan kandungan vitamin C, kandungan antioksidan dari buah yang termasuk ke dalam tumbuhan Euphorbiaceae ini pun sangat banyak, yang mana antioksidan diketahui memiliki pengaruh yang positif bagi tubuh.

Masyarakat zaman dahulu sering sekali mengonsumsi buah juwet ini. Mereka biasanya mengonsumsi buah juwet yang sudah matang. Buah juwet yang sudah matang warnanya akan berubah ungu kehitam-hitaman. Seiring perkembangan zaman, siapa sangka buah yang sudah langka ini ternyata telah diketahui memiliki manfaat yang tak terduga bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Juwet untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat buah juwet yang berhasil kami sadur:

1. Buah juwet baik untuk kesehatan jantung

Buah juwet memiliki kandungan yang dipercaya mampu melindungi kesehatan jantung.

Di dalam 100 gram buah jamblang terkandung 23 miligram sodium dan 57 miligram kalium. Kandungan sodium dan kalium ini biasanya terdapat di dalam buah pisang. Sodium dan kalium berfungsi sebagai pengatur ketegangan otot pada jantung. Jika ketegangan otot jantung terkontrol, maka dapat menstabilkan detak jantung. Detak jantung yang stabil akan mencegah risiko timbulnya serangan jantung dan penyempitan pembuluh arteri.

2. Buah juwet baik dikonsumsi penderita diabetes

Salah satu teknik mengurangi gejala diabetes adalah dengan menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Ternyata, buah juwet memiliki kemampuan menurunkan kadar insulin dalam tubuh secara alami. Konsumsilah buah duwet ini secara bijak untuk membantu proses penetralisiran kadar insulin dalam tubuh.

3. Buah juwet mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan

Selain untuk meningkatkan nafsu makan, buah juwet pun dipercaya mampu mengobati segala jenis masalah sistem pencernaan. Masalah sistem pencernaan yang dapat diobati oleh buah juwet tersebut diantaranya adalah sakit perut, sakit lambung, maag, dan mual. Konsumsilah jus buah juwet untuk mengobati gangguan sistem pencernaan Anda.

4. Buah juwet sebagai obat batuk alami

Bagi Anda yang sedang batuk, buah juwet dapat menyembuhkan batuk tanpa obat-obatan kimia. Buah juwet mampu membunuh bakteri dan virus yang berkembang di dalam tubuh, termasuk yang menyebabkan batuk.

5. Buah juwet mampu menyehatkan mata

Buah juwet kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Mengonsumsi buah juwet secara teratur dan sedari dini mampu mencegah timbulnya katarak dan infeksi jamur yang berbahaya bagi mata. Salah satu kandungan yang berperan dalam menyehatkan mata dalam buah juwet ini adalah kandungan vitamin A yang mencapai 81 IU per 100 gram buah juwet.

6. Buah juwet baik untuk kesehatan gigi dan tulang

Manfaat lain dari buah juwet adalah menjaga kesehatan gigi dan tulang. Buah juwet mampu menjaga kepadatan tulang dan gigi, sehingga gigi dan tulang dapat terhindar dari keropos dan erosi. Selain itu, buah juwet pun dapat mencegah osteoporosis.

7. Buah juwet meningkatkan energi

Buah juwet mampu menambah tenaga pada tubuh. Caranya adalah dengan meningkatkan masa otot dan tenaga di dalam tubuh, maka tubuh tidak akan mudah lesu saat beraktivitas.

8. Buah juwet sebagai obat kolesterol

Konsumilah buah juwet jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol jahat. Buah juwet dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena mengandung senyawa alfa phytosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Sekian informasi mengenai manfaat buah juwet atau buah jamblang bagi tubuh. Jika berminat kami juga menjual bibit tanaman juwet hitam maupun juwet putih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda 🙂 .