Manfaat Wijen Hitam Untuk Kesehatan

manfaat-khasiat-wijen-hitam

Wijen hitam (Nigella sativa) adalah sejenis biji berukuran kecil yang berwarna hitam. Bentuknya mirip biji selasih yang terkenal sebagai pengobatan panas dalam. Walaupun wijen hitam bentuknya kecil, tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menghilangkan bakteri sampai meregenerasi jaringan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat lain dari wijen hitam bagi kesehatan tubuh.

  1. Diabetes

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan sekresi dan ekskresi urine dalam jumlah yang banyak. Mengonsumsi dua gram wijen hitam setiap hari dapat mengurangi gula darah lebih cepat. Selain itu, wijen hitam juga bisa meningkatkan fungsi sel-beta di pankreas.

  1. Epilepsi

Sebuah penelitian membuktikan bahwa wijen hitam efektif untuk mengurangi frekuensi terjadinya epilepsi pada anak. Wijen hitam mengandung khasiat antikonklusif.

  1. Sel Kanker: kanker payudara, kanker otak, leukemia, dan kanker mulut

Wijen hitam mengandung khasiat antikanker yang menghambat pertumbuhan sel kanker secara spesifik. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, wijen hitam dapat memerangi sel kanker dengan efektif tanpa efek samping. Thymoquinone dalam wijen merah dapat mengurangi pertumbuhan kanker dan mengurangi sel darah kotor (mati) di area yang rawan terkena kanker seperti payudara, otak, dan mulut.

  1. MRSA

MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus) adalah bakteri mematikan yang tahan terhadap antibiotik. MRSA bisa diperangi dengan cara mengonsumsi wijen hitam secara terus menerus. Pendapat tersebut dikeluarkan oleh studi yang dilakukan di University of Health Sciences in Lahore, Pakistan.

  1. Melindungi dari serangan jantung

Ekstrak wijen hitam menunjukan proses yang baik dalam menjaga kesehatan jantung. Ramuan ini juga dipercaya dapat mengurangi risiko serangan jantung dan menyehatkan seluruh isi jantung.

  1. Kerusakan otak

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Experimental and Toxicologic Pathology, wijen hitam bisa mengurangi kerusakan otak yang disebabkan kandungan racun dalam otak.

Itulah manfaat wijen hitam bagi kesehatan. Sesungguhnya, itu hanyalah sebagian kecil dari beragam manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi wijen hitam setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Produk terkait: