Menanam dan Budidaya Tanaman Zephyranthes

Tanaman bunga rain lily (Zephyranthes robusta) memiliki bunga yang sangat cantik. Zepiranthes jenis ini bisa tumbuh dengan mudah jika ditanam dengan perawatan yang tepat.

Tanaman bunga Rain Lily (Habranthus robustus syn. Zephyranthes robusta) biasanya ditanam di pot atau dijadikan hiasan di taman. Tanaman ini memiliki nama lain seperti lily Zephyr atau fairy lily. Bunganya biasa muncul seiring turunnya hujan, itulah mengapa dijuluki lily hujan. Menanam bunga ini tidaklah sulit jika menanamnya dengan tepat dan benar. Tanaman ini tumbuh dengan ukuran yang kecil. Tingginya tidak bisa melebihi satu kaki atau melebihi 30 cm. Warna bunganya bermacam-macam mulai dari zephyranthes pink, kuning, sampai putih. Beberapa bunga tanaman zephyranthes ini tumbuh dalam satu tangkai yang sama.

Bunga zephyrantes memiliki beberapa variasi warna salah satunya adalah warna putih.

Saat ini banyak sekali jenis bunga zephyranthes. Ada banyak juga spesies hibrida yang memiliki beragam warna dan waktu mekar yang berbeda-beda. Walaupun begitu, perawatan tanaman zephyranthes ini pada dasarnya sama. Untuk merawat tanaman ini, tanamlah di tempat yang teduh ketika sore hari, terutama jika Anda berada di daerah yang panas. Siramlah tanaman ini secara teratur, bahkan walau suasana sedang dingin.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Dataran Rendah

Ilustrasi umbi zepyranthes yang siap dipindahkan. Pastikan memindahkannya ketika tanaman sudah rimbun dan kuat.

Tanaman zephyrannthes menyukai tanah yang berdrainase baik. Umbi dari tanaman zephyranthes tidak perlu dipindahkan jika tanaman belum tumbuh dengan sangat rimbun. Saat hendak memindahkan umbi tanaman zephyranthes ini, pastikan Anda sudah menyiapkan tempat menanamnya yang baru. Langsung pindahkan pada tempat tumbuhnya yang baru sesaat setelah Anda mengambil umbinya. Saat menanam tanaman zephyranthes ini, pastikan tempatnya terlindungi. Tanaman ini tidak bisa hidup di daerah dengan suhu udara di bawah -2 derajat celcius.

Ilustrasi bunga zephyranthes yang akan mekar.

Cara terbaik menanam tanaman zephyranthes adalah dengan menanam umbi kecilnya dalam tanah yang berdrainase baik. Tanaman ini menyukai tanah yang kaya nutrisi. Pastikan tanahnya selalu dalam keadaan lembap. Tanaman zephyranthes ini pun lebih menyukai tanah yang agak asam.

Tanam umbi zephyranthes ini ditanam dengan kedalaman 3 cm dan jarak antar tanamannya sekitar 8 cm. Anda akan berhasil menanam tanaman zephyrantes ini jika Anda menanam umbinya dengan cepat dan langsung menyiramnya. Siramlah tanaman zephyranthes ini secara berkala agar tanaman zephyranthes ini subur dan bahagia.

Itulah cara menanam dan budidaya tanaman zephyranthes yang indah. Semga informasi ini menggugah selera Anda untuk menanamnya. Selamat bercocok tanam 🙂

Lihat di sini berbagai jenis tanaman bunag zephyranthes kami.