Mengenal Bunga Cyclamen

Cyclamen adalah genus dari 23 spesies tanaman berbunga dalam famili Primulaceae. Spesies-spesies cyclamen berasal dari daratan Eropa dan Timur-Tengah hingga ke Iran dan Somalia. Mereka tumbuh dari umbinya. Mahkota bunganya melengkung ke atas. Daunnya memiliki corak yang beraneka macam.

Tanaman bunga Cyclamen kaya akan warna, mulai dari putih, merah, pink, hingga ungu yang sangat menawan.

Dulu, bunga cyclamen diklasifikasikan ke dalam famili Primulaceae, kemudian diklasifikasikan ulang ke dalam famili Myrsinaceae pada tahun 2000, dan kemudian pada tahun 2009 tanaman ini kembali menduduki subfamili Myrsinoideae dalam famili Primulaceae.

Cyclamen tumbuh dari umbinya dan akarnya muncul dari dasar umbi.

Cyclamen memiliki umbi. Umbi itulah asal muasal tanaman ini tumbuh dan berbunga. Pada jenis Cyclamen hederifolium, umbinya biasanya mencapai 24 cm (9.4 in) across, namun pada jenis Cyclamen parviflorum umbinya tidak akan tumbuh melebihi 2 cm.

Daun bunga ini tumbuh dari batangnya masing-masing. Begitu pun daunnya, tumbuh dari batangnya sendiri. Cara termudah untuk membedakan mana batang bunga dan yang mana batang daun, Anda bisa melihat arah lengkungnya ujung batang tanaman ini. Jika lengkungannya ke atas, itu berarti batang daun, jika melengkung ke bawah berarti batang bunga.

Ilustrasi bentuk daun cyclamen persicum yang berbentuk hati.

Bentuk daunnya berbeda-beda setiap jenisnya, bahkan bisa berbeda pula walaupun satu spesies. C. hederifolium dan C. repandum biasanya memiliki daun yang bentuknya bercuping dan bersudut. C. coum daunnya hampir membentuk lingkaran. C. persicum mempunyai daun berbentuk hati. Warna daun bagian atasnya macam-macam, walaupun dalam satu spesies. Kebanyakan dari spesiesnya memiliki warna hijau dan perak. Sedangkan bagian bawah daunnya biasanya berwarna ungu, merah, atau juga hijau.

Sama seperti daunnya, mahkota bunganya pun berbeda-beda walaupun berada di dalam satu spesies yang sama. C. repandum memiliki mahkota bunga yang lebih panjang dan lebar dibandingkan bunga cyclamen yang lain. C. coum memiliki mahkota bunga yang pendek dan kecil, bentuknya hampir membentuk lingkaran. C. hederifolium biasanya memiliki mahkota bunga yang bentuknya di antara kedua jenis mahkota bunga yang tadi.

Warna mahkota bunganya mulai dari putih, pink, hingga ungu. Banyak spesies yang memiliki dua warna. Namun beberapa jenis hanya memiliki satu warna bunga saja. Misalnya, C. balearicum, bunganya selalu putih, tidak ada yang pink.

Cyclamen balearicum hanya memiliki bunga berwarna putih.

Cyclamen biasanya bisa tumbuh di luar maupun di dalam ruangan. Tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik di dalam pot. Bunga cyclamen yang biasa dijual di toko bunga biasanya berjenis C. persicum. Hal tersebut dikarenakan tanaman jenis ini kaya akan warna, mulai dari putih, pink, hingga ungu.

Itulah beberapa informasi mengenai bunga cyclamen yang patut Anda coba tanam di rumah. Apakah Anda sudah siap untuk menanam cyclamen di rumah? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda 🙂

Untuk produk lainnya mengenai tanaman bunga, Anda dapat kunjungi di situs kami bibitbunga.com