Mengenal Tanaman Bunga Nemophila

Nemophila adalah tanaman hias bunga yang memiliki nama umum Baby Blue Eyes.

Nemophila adalah genus tanaman berbunga dan termasuk dalam family Boraginaceae. Sebagian besar spesies Nemophila mengacu pada nama yang lucu yaitu “baby blue eyes” seperti:

  • N. menziesii memiliki nama umum baby blue eyes,
  • N. parviflora disebut smallflower baby blue eyes, dan
  • N. spatulata disebut “Sierra baby blue eyes”, kecuali spesies N. maculata memiliki nama umum nemophila fivespot.
Sesuai namanya, nemophila five spot memiliki lima bercak di masing-masing petalnya.

Spesies Nemophila berasal dari Amerika Serikat bagian barat meskipun beberapa spesies lainnya juga ditemukan di Kanada dan Meksiko. Nemophila berasal dari bahasa Latin yaitu nemus yang berarti hutan dan philos dalam kata Yunani artinya cinta, sehingga nemophila berarti “mencintai hutan”.

Semua spesies Nemophila adalah jenis tanaman annual. Bunganya memiliki lima petal berbentuk mangkok berwarna biru, ungu, putih atau terdapat totol-totol di permukaannya. Daunnya sederhana dan menjari, baik daun dan tangkai nemophila umumnya berbulu halus. Bijinya berbentuk bulat telur dan berkeriput.

Baca juga: Mengenal Bunga Lupin Lebih Dekat

Ilustrasi daun nemophila.

Memang benar nemophila adalah tanaman berbunga yang tumbuh liar, meski demikian ia mampu membuat kebun dan halaman rumah Anda nampak menakjubkan dan sempurna. Selain itu, bunga ini sangat mudah tumbuh, Anda cukup menaburkan bijinya di tanah dan ia akan tumbuh mekar dalam jumlah yang banyak.

Nemophila biasanya banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di taman dan kebun bunga. Nemophila yang paling populer diantara semua spesies adalah Nemophila menziesii, bunganya berwarna biru langit dan berwarna putih pada bagian tengahnya yang sekilas terlihat seperti mata. Spesies ini dinamai oleh Archibald Menzies (1754-1842), seorang ahli botani Skotlandia dan dokter bedah.

Hamparan bunga nemophila bermekaran Mitarashi Hill yang jumlahnya mencapai 4.5 juta bunga nemophila.

Di Jepang, nemophila bahkan menjadi bunga yang sangat populer dan tumbuh di padang bunga yang begitu luas. Sebuah taman bunga di Jepang, yakni Hitachi Seaside Park menawarkan pemandangan yang luar biasa, wisatawan ramai mengabadikan hamparan bunga nemophila yang nampak seperti bukit berwarna biru.

Ekstak dari bunga ini bahkan telah digunakan oleh beberapa terapis di luar negeri untuk mengobati emosi yang terkait perasaan tidak aman akibat kurangnya dukungan emosional saat kecil.

Itulah informasi mengenai bunga nemophila. Bagaimana, cantik bukan? Jika berminat, kami menyediakan benih bunga nemophila di sini.