GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Mengenal Tanaman Legundi, Ciri-ciri Serta Khasiat dan Manfaatnya

Wednesday, August 23rd 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Dalam dunia medis, tanaman legundi sudah dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Legundi adalah salah satu jenis tanaman yang banyak hidup di kawasan tropis. Tanaman dengan nama ilmiah Vitex trifolia ini bisa tumbuh dengan ketinggian 1-4 meter.

Tanaman legundi memiliki bunga berwarna ungu yang cantik. Legundi akan tumbuh dengan jauh lebih baik jika dipangkas secara teratur, karena akan tumbuh dengan jauh lebih besar dan kuat. Cara menanam tanaman ini biasanya dengan cara stek batang atau pun biji. Menanam dengan stek batang biasanya lebih diminati, sebab akan jauh lebih cepat tumbuh dibandingkan melalui biji.

Baca juga: Manfaat Tanaman Jakang Sebagai Pengobatan

Kandungan Tanaman Legundi

Banyak zat baik yang terkandung di dalam tanaman legundi, di antaranya adalah artemetin, luteolin, friedelin, triterpenoid friedelin, isoorientin, viteksin, casticin, sitosterol, glukosida, trimetil quercetagetin, dan glukuronid. Keseluruhan tanaman legundi mengandung minyak atsiri yang terkandung dari pinen, kamfer, dan terpinylasetat. Kandungan antioksidan tersebut terdapat di dalam senyawa sterol, tripenoid, dan flavonoid.

Tanaman legundi pun memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, terutama pada bagian daun dan buahnya.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Legundi

Berikut khasiat dan manfaat tanaman legundi beserta cara meramunya:

1. Daun legundi mengobati cacingan

Daun legundi memiliki manfaat sebagai obat cacingan. Cara memanfaatkan daun legundi untuk mengobati cacingan adalah dengan mencuci bersih daun legundi sebanyak 15 gram. Rebuslah selama 15 menit hingga mendidih. Kemudian Anda dapat meminumnya setelah dingin dan disaring ampasnya.

2. Daun legundi mengobati TBC

Untuk mengobati penyakit paru-paru, terutama TBC, Anda hanya perlu menyiapkan segenggam daun legundi, lima lembar daun waru lengis muda, satu sendok bidara upas muda yang sudah diparut, setengan genggam daun pegagan, dan satu sendok makan kencur yang sudah diparut. Rebuslah kesemua bahan tersebut ke dalam enam gelas air sampai tersisa tiga gelas. Sebelum diminum, saringlah ramuan tersebut. Dalam sehari, Anda dapat meminum ramuan ini sebanyak empat kali. Lakukanlah rutin selama tiga bulan, tanpa satu hari pun yang terlewat.

3. Daun legundi mengobati batuk

Jika Anda sedang batuk, cobalah untuk memanfaatkan daun legundi. Caranya dengan merebus 5 gram daun legundi, 6 gram kencur, dan 5 gram kunyit dalam 115 ml air sampai mendidih. Minumlah ramuan ini selama 14 hari secara rutin.

4. Daun legundi menjaga kesehatan rahim

Bagi wanita yang mengalami pembesaran rahim, Anda dapat mencoba ramuan yang satu ini. Rebus satu genggam daun legundi dan 6 gram temu hitam ke dalam 1 liter air. Anda dapat mengonsumsi ramuan ini sekali sehari secara rutin selama 7 hari.

5. Daun legundi mengobati sakit limpa

Daun legundi ternyata bisa juga untuk mengobati sakit limpa. Caranya dengan menumbuk satu genggam daun legundi segar. Tambahkan sedikit cuka dan campur rata. Setelah itu tempelkan pada perut sebelah kiri, tepat di mana organ limpa berada.

6. Daun legundi mengobati radang dan sakit tenggorokan

Radang dan sakit tenggorokan dapat disembuhkan dengan merebus daun legundi. Sediakan 7 gram daun legundi dan air 1 liter, lalu rebus. Gunakanlah air rebusan ini untuk berkumur. Coba cara ini seminggu penuh secara rutin.

7. Daun legundi mengobati sesak napas dan muntah darah

Sesak napas dan muntah darah pun dapat disembuhkan oleh daun legundi. Caranya adalah dengan merebus 9 lembar daun legundi, 3 lembar daun sembung, dan 3 lembar daun serawung. Rebus ke dalam 3 gelas air belimbing hingga hanya tersisa 1 gelas. Minum ramuan ini sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore hingga sesak napas dan muntah darah sembuh.

Sekian informasi mengenai ciri-ciri dan manfaat tanaman legundi. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892