GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Pemanfaatan Metode Hidroponik Pada Semua Jenis Tanaman

Sunday, October 23rd 2016.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Membahas metode penanaman menggunakan sistem hidroponik tentunya mengarah pada berkebun yang tidak memanfaatkan lahan yang terlalu luas. Hidrponik merupakan metode penanaman tumbuhan yang ditemukan oleh agronomis DR. Wf Gericke. Dimana hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Sehingga bercocok tanam dengan metode ini lebih memanfaatkan media tanam seperti pecahan genting, pasir, kerikil ataupun gabus,

Teknik Bercocok Tanam Dengan Hidroponik

Terdapat 6 teknik yang digunakan dalam bercocok tanam dengan sistem hidroponik yang mana setiap teknik tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, diantaranya adalah:

Wick System

Sistem-wick

Sebagai teknik yang paling banyak di gunakan para penggemar hidroponik pemula, teknik ini memang terbilang sederhana dan praktis. Dimana tanaman di tanam atau di letakkan di atas suatu wadah yang berisi air dan campuran nutrisi hidroponik. Teknik ini sangat cocok untuk tumbuhan kecil.

Ebb & Flow system

Ebb-Flow-system

Teknik ini memanfaatkan pompa yang memiliki timer. Dimana terdapat saluran air yang siap menyiram tanaman, sedangkan air yang disiram ke tanaman dan meresap akan kembali ke wadah penampungan air lagi, dan begitu seterusnya.

 Nutrient Film Technique System

NFT

Setelah Wick System, sistem Nutrient Film Technique atau yang biasa disebut NFT juga termasuk banyak digunakan untuk menanam tanaman secara hidroponik. Pasalnya tanaman ditempatkan pada wadah atau tabung yang akarnya menggantung, kemudian pada dalam tabung tersebut dialiri larutan air dan nutrisi. Sistem ini paling banyak digunakan saat menanam sayuran secara hidroponik.

Aeroponic System

Aeroponic-System

Dengan menggunakan teknik ini akan memperoleh hasil yang lebih cepat di bandingkan teknik lainnya. Pasalnya larutan nutrisi yang diberikan berbentuk kabut yang langsung dapat diserap oleh akar dan kandungan oksigen dalam tumbuhan semakin banyak.

Drip System

DRIP-SYSTEM

Sistem ini mengandalkan pompa, dan juga timer. Dimana ketika pompa menyala setelah timer diset, maka kan tetesan air akan menjatuhi tanaman hidroponik.

Water Culture System

water-culture

Tanaman di rakit pada tempat tertentu, kemudian akar langsung di celupkan pada air yang di pompa dan mendapat diffuser udara. Dengan demikian akan muncul banyak gelembung yang mengandung oksigen.

Kelebihan Bercocok Tanam Dengan Hidroponik

Tentunya banyak orang yang mulai menyukai sistem bercocok tanam hidroponik tentunya memiliki alasan. Dimana alasan tersebut tentunya merupakan kelebihan dalam bercocok tanam dengan hidroponik, diantaranya adalah hanya memanfaatkan lahan yang tidak luas atau dengan kata lain lebih efisien. Kelebihan selanjutnya hasil panen dinilai dari kualitas dan kuantitas lebih tinggi dan bersih. Selanjutnya penggunaan pupuk dan air lebih efisien serta dapat di atur. Selain itu bisa memanfaatkan media tanam selain tanah serta lebih tahan hama dan gangguan penyakit

Tumbuhan Yang Bisa Di Tanam Dengan Hidroponik

Pada umumnya semua tanaman dapat di tanam dengan menggunakan metode hidroponik. Mulai dari tanaman yang tergolong tanaman vegetative ataupun generative dapat dikembangkan dengan metode hidroponik ini. namun para pemula di dunia hidroponik memilih tanaman yang sederhana, hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dahulu dalam proses belajar. Sehingga mereka memilih tanaman yang mudah dirawat bagi pemula. Namun sebenarnya berbagai jenis tanaman bisa dibudidayakan dengan metode hidroponik, diantaranya adalah:

Tanaman Jenis Buah dan Sayur

Memiliki tanaman hidroponik yang berupa jenis buah dan sayur tentunya dapat dinikmati sendiri. Dalam hal ini, tanaman jenis buah adalah tanaman yang menghasilkan buah yang mana dimanfaatkan manusia dalam kebutuhan sehari-hari adalah tomat, cabai, brokoli, paprika, strawberry, melon Sedangkan tanaman sayuran daun merupakan sayuran yang diambil daunnya untuk dikonsumsi, seperti daun bawang, bayam, selada dan masih banyak lagi

Tanaman Jenis Bunga-Bunga dan Pohon Hias

Selain tanaman sayur dan buah-buhan, sistem hidroponik ini bisa digunakan untuk membesarkan tanaman bunga-bunga. Dengan demikian menanam tanaman bunga dengan metode hidroponik bisa dijadikan taman yang indah di halaman rumah. Terdapat beberapa jenis bunga yang bisa anda jadikan tanaman hidroponik yang akan anda pilih diantaranya bunga mawar, melati, aster, kamboja dan masih banyak lagi. Mengenai tanaman hias pohon yang bisa dikembangkan dengan hidroponik adalah kaktus, lidah buaya, spider plant.

Tanaman Jenis Semak

Tanaman yang bisa dibudidaya dengan metode hidroponik tidak hanya tanaman buah, sayuran dan juga tanaman hias. Pasalnya jenis tanaman semak juga bisa ditanam dengan hidroponik adalah jawer kotok, iler dan talas-talasan.

Produk terbaru

Rp 115.000
Rp 495.000
Rp 20.000
Rp 20.000
Rp 20.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892