Si Langka Buah Rukam yang Berkhasiat

Tanaman yang memiliki nama Ilmiah Flacourtia rukam ini sudah mulai langka ditemukan.

Tanaman buah rukam (Flacourtia rukam) adalah sebuah spesies tumbuhan berbunga dari keluarga tumbuhan willow,  Salicaceae. Tanaman ini berasal dari Cina, India, dan banyak negara Asia Tenggara. Buah rukam tumbuh di dalam hutan. Tanaman rukam ini kini dibudidayakan salah satunya untuk dikonsumsi buahnya. Nama umum buah ini adalah rukam, rukem, governor’s plum, atau indian prune.

Buah rukam ini berasal dari pohon yang dapat tumbuh dari 5-15 meter. Batangnya memiliki duri yang dapat tumbuh hingga sepanjang 10 cm. Seiring perkembangan zaman, kini ada juga tanaman rukam yang tidak memiliki duri. Daun barunya berwarna merah kecoklatan. Daun dewasanya berbentuk oval bergerigi. Panjangnya dapat mencapai 16 cm dan lebarnya sekitar 7 cm. Rangkaian bunga aksila berwarna kuning-hijau jantan dan betinanya muncul dari aksila daunnya. Buahnya berbentuk bulat dengan panjang sekitar 2 cm. Buahnya berwarna hijau, merah, atau merah gelap.

Buah rukam memiliki buah berbentuk bulat, kulit buah berwarna hijau ketika masih muda dan berubah menjadi merah hingga merah gelap ketika sudah masak. Rasanya manis sepat.

Flacourtia bisa ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Tanaman ini digolongkan sebagai tanaman yang terancam punah. Nama yang umum didengar di Indonesia untuk buah ini adalah rukem (Sumatra) dan buah Kartu (Ternate, Maluku Utara). Daun dari tanaman buah rukam ini lebih kecil dibandingkan dengan daun Flacourtia inermis, namun ukuran buahnya lebih besar. Buahnya sedikit masam ketika masih hijau dan manis ketika masak.

Baca juga: Tanaman Langka Yang Hidup Di Indonesia

Ilustrasi daging dan biji buah rukam ketika dibelah.

Selain dimakan langsung, buah rukam biasanya diolah menjadi selai, jelly, atau juga manisan. Buah rukam juga bisa dijadikan tambahan dalam salad dan makanan sampingan. Buah yang masih muda mengandung tannin yang dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit diare dan disentri. Jus daunnya bisa digunakan sebagai obat untuk pelupuk mata yang meradang. Akarnya biasa dijadikan jamu dan dikonsumsi oleh wanita setelah melahirkan. Selain dijadikan sebagai makanan, kayunya yang kuat dan keras biasa dijadikan  perkakas rumah tangga dan furniture.

Buah rukam juga dipercaya mampu memperlancar buang air besar karena mengandung serat alami yang banyak. Buah rukam pun dipercaya mampu melindungi tubuh karena memperkuat sistem imun tubuh.

Itulah sekilas informasi mengenai buah rukam dan khasiatnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Cek harga tanaman buah rukam di sini.