Tanam Buah Markisa Yuk!

Kabar bagus bagi pelanggan setia BibitBunga.com terutama bagi yang hobi dan sangat suka menyemai dan menanam tanaman buah, kini ada koleksi baru kami, buah markisa 🙂

Buah Markisa

Buah markisa (Passiflora sp.) adalah jenis buah yang sebenarnya tidak berasal langsung dari Indonesia tetapi kemudian diimpor masuk dan hingga saat ini sukses dibudidayakan di Indonesia. Aslinya buah ini berasal dari negara Amerika dengan iklim tropik dan subtropik.

Markisa sendiri memiliki rasa yang cukup difavoritkan oleh orang-orang Indonesia. Rasanya yang manis asam membuatnya sangat cocok dijadikan sirup untuk dimakan bersama penganan lainnya.

Buah Markisa Ketika Muda
Buah Markisa Ketika Muda

Ada beberapa jenis buah markisa, yakni buah markisa orange, markisa kuning (Passiflora flavicarva), markisa ungu (Passiflora edulis), markisa hijau dan brastagi. Mungkin masih banyak jenis lain namun pada saat menulis artikel ini saya sendiri belum terlalu mengeksplor jenis-jenis markisa di Indonesia. Di toko kami ini baru kami sediakan dua jenis, yakni yang orange dan yang ungu. Jenis lainnya sedang diusahain, sabar ya 😀 hehe..

Menanam markisa pun tidak sulit lho. Tanaman ini mudah tumbuh, sekali tumbuh bisa siapkan potongan kayu, besi kotak, atau bahkan kawat untuk media rambatannya (ditancapkan saja di sampingnya ketika benih sudah berdaun 3 helai). Sekali tumbuh, markisa akan sangat cepat tumbuh dan menjalar kesana kemari.

Saking mudahnya, markisa bisa tumbuh dengan sangat baik walau di musim penghujan seperti saat ini (dimana sinar matahari sangat sulit didapatkan). Pohon markisa seringkali sudah berbunga pada usia tanaman 4 bulan. Bunganya pun cantik, di web kami ada kok, namanya passion flower. Penampakannya sebagai berikut:

Bunga dari tanaman markisa
Bunga Markisa

Tanaman markisa yang berdaun banyak ini tidak cocok untuk ditanam indoor dalam pot. Cocoknya untuk outdoor, dan ketika sudah berbunga sebaiknya kena sinar matahari yang cukup sehingga bunganya dapat berubah menjadi buah markisa yang rimbun bergelantungan.

Ada banyak manfaat dari kandungan gizi yang didapatkan ketika mengkonsumsi buah markisa. Beberapa fakta nutrisi dan kesehatan yang dapat didapatkan dari passion fruit ini:

  1. Kandungan serat yang tinggi
  2. Cocok dikonsumsi penderita asma karena buahnya mengandung zat yang bersifat menenangkan ketika serangan asma datang
  3. Kaya akan vitamin C
  4. Kaya akan antioksidan
  5. Mendukung tubuh untuk relaksasi
  6. Kalori rendah
  7. Menghilangkan gangguan tidur (baik untuk penderita insomnia)

Markisa sangat cocok dikonsumsi ketika diet karena berkalori rendah dan juga rendah kandungan lemak dan sodium seperti halnya buah-buah lainnya.

Selamat mencoba!

Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman buah markisa yang kami jual, untuk bibit tanaman buah lainnya Anda bisa klik disini.