GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Tanaman Alang-Alang Sebagai Obat Tradisional

Saturday, August 19th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tanaman alang-alang yang seringkali dianggap sebagai gulma ini ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Anda bahwa tanaman alang-alang memiliki manfaat yang baik sebagai obat tradisional? Sebenarnya masih belum banyak yang mengetahui khasiat dari alang-alang ini, pasalnya di daerah pertanian saja alang-alang masih dianggap sebagai gulma. Alang-alang di daerah pertanian biasanya dimusnahkan karena dianggap mengganggu tanaman lain yang sedang ditanam. Padahal, alang-alang yang tumbuh liar itu dapat memberikan dampak postitif juga pada tanah yang sedang ditanam, yaitu untuk mencegah erosi dan akarnya dapat menahan tanah saat musim hujan datang.

Tanaman dengan nama ilmiah Imperata cylindrica ini adalah sejenis rumput yang tumbuh tegak ke atas. Di ujung tanamannya terdapat bunga berwarna putih. Alang-alang hidup di daerah yang banyak terkena sinar matahari langsung. Sebenarnya jika alang-alang dibakar petani, alang-alang tersebut akan tumbuh kembali, sebab akarnya tidak ikut terbakar. Alang-alang bisa tumbuh dengan cepat.

Baca juga: Khasiat Buah Ciplukan Sebagai Obat Tradisonal

Manfaat Alang-alang untuk Kesehatan Tubuh

Alang-alang yang dikonsumsi memiliki rasa sejuk, sama seperti saat kita mengonsumsi semangka atau timun. Berbagai kandungan di dalamnya membentuk sifat antipiretik yang berfungsi untuk menurunkan panas. Alang-alang pun memiliki sifat diuretik yang dapat meluruhkan kemih serta menghilangkan rasa haus.

Berikut manfaat alang-alang yang berhasil kami sadur dari berbagai sumber:

1. Alang-alang sebagai obat panas dalam

Akar alang-alang yang sudah kering bisa digunakan untuk mengobati panas dalam.

Manfaat alang-alang bagi kesehatan yang paling terkenal adalah mengobati panas dalam. Bahkan sekarang sudah banyak produk minuman dijual bebas yang sudah menambahkan alang-alang ke dalam komposisinya. Namun, Anda jangan khawatir. Anda pun bisa membuat sendiri ramuan alang-alang ini. Caranya adalah dengan mencuci akar/umbi alang-alang sampai bersih. Jemurlah sampai kering, atau bisa juga dipanggang di dalam oven. Jika sudah kering, tumbuklah hingga menjadi serbuk. Nah, serbuk alang-alang itulah yang bisa diseduh dengan air panas, tambahkan madu jika perlu dan siap diminum.

2. Alang-alang sebagai obat mimisan

Mimisan dapat diobati dengan alang-alang. Caranya cuci bersih akar alang-alang. Tumbuklah sampai memar dan berair. Peras sampai hanya tersisa airnya. Setelah itu minumlah air sari dari alang-alang segar tersebut.

3. Alang-alang sebagai obat sakit ginjal

Ramuan air rebusan akar alang-alang bisa digunakan untuk mengobati sakit ginjal.

Jika Anda mengalami sakit ginjal, cobalah untuk menggunakan alang-alang sebagai obat tradisional. Caranya adalah dengan mencuci bersih 120 gram alang-alang segar, lalu rebus di dalam tiga gelas air. Tunggu sampai mendidih dan hanya tersisisa satu gelas saja. Minumlah ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari setiap pagi dan sore secara rutin.

4. Alang-alang sebagai obat kencing darah, kencing manis, dan muntah darah

Manfaat lain dari alang-alang ini adalah mengobati kencing darah dan kencing manis. Cucilah 100 gram akar alang-alang segar, lalu potong kecil. Rebus potongan kecil akar alang-alang itu dengan dua gelas air, hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan yang telah bersih dari ampasnya tersebut secara rutin dua kali sehari.

Selain kencing berdarah, muntah berdarah pun bisa diobati dengan mengonsumsi alang-alang. Anda hanya perlu mencuci bersih sekitar 60 akar alang-alang, lalu potonglah menjadi bentuk yang jauh lebih kecil. Rebuslah potongan akar alang-alang tersebut ke dalam tiga gelas air, sampai tersisa satu gelas saja. Saringlah ramuan tersebut sebelum meminumnya.

5. Berbagai manfaat lain dari alang-alang

Bubuk akar alang-alang telah banyak diperjualbelikan karena manfaatnya dalam pengobatan tradisional.

Ternyata tidak hanya itu, alang-alang pun dapat menyembuhkan infeksi ginjal; mengobati batu ginjal; mengobati kencing batu; menghancurkan batu empedu; mengobati keputihan; menyehatkan prostat; menyembuhkan diare dan gangguan pencernaan lain; mengobati campak; menyembuhkan asma; menurunkan tekanan darah tinggi; mengobati pendarahan; menyembuhkan demam; mengobati hepatitis; menyembuhkan radang hati; mengobati batuk.

Sekian informasi mengenai manfaat alang-alang sebagai obat tradisional. Kami juga menyediakan tanaman alang-alang untuk Anda tanam di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Produk terbaru

Rp 59.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892