11 Tanaman Herbal Untuk Penyakit Asam Lambung

Dalam jumlah sedikit asam lambung memang memberikan manfaat bagi pencernaan tubuh. Namun jika jumlahnya berlebih dapat mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya seperti maag kronis, kanker tenggorokan, tukak lambung, tumor lambung, dan lain sebagainya. Karenanya sering kita lihat banyak iklan obat menawarkan obat untuk menurunkan asam lambung. Namun jika Anda konsumsi obat tersebut secara berkala, pastilah memiliki dampak buruk bagi tubuh. Kandungan bahan kimianya menyebabkan penurunan kinerja organ hati dan ginjal. Maka dari itu pantaslah kita beralih untuk menggunakan obat tradisional dari tanaman herbal yang lebih alami. Apalagi ada banyak tanaman herbal yang dapat mengobati asam lambung dan terbukti aman juga efektif menurunkan kadar asam lambung berlebih.

Gejala Dan Penyebab Asam Lambung Naik

Beberapa gejala khas kenaikan asam lambung yang sering dijumpai adalah rasa mual, mulas, kembung, gas berlebih dan ketidaknyamanan perut setelah makan. Apabila Anda sering mengalami gejala seperti ini, kemungkinan Anda menderita penyakit maag. Untuk memastikannya, cobalah periksakan ke dokter terdekat. Lalu apa yang menyebabkan asam lambung naik? Menurut para ahli, pemicu meningkatnya asam lambung adalah asupan makanan yang kurang baik seperti makanan dengan kadar asam terlalu tinggi. Selain itu pola hidup tidak teratur seperti sering stres atau kebiasaan merokok, juga memicu produksi asam lambung.

Jika Anda positif menderita penyakit asam lambung, beberapa ramuan herbal berikut patut Anda coba untuk mengatasi penyakit Anda.

Kencur

Kencur-untuk-lambung

Bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai perasa seblak ini mujarab mengobati asam lambung tinggi. Cara pengobatannya cukup mudah, yaitu hanya dengan mencuci bersih kemudian dikupas dan dikunyah bersama garam. Sesudah dikunyah halus, kencur ditelan dan disusul dengan meminum air hangat. Lakukan 3 kali sehari dan rasakan manfaatnya setelah 3 minggu. Selain untuk mengobati asam lambung, manfaat kencur untuk kesehatan masih banyak lagi.

Kunyit

Kunyit-untuk-lambung

Selain terkenal dengan khasiat mengurangi nyeri saat menstruasi, ternyata kunyit mampu menurunkan kadar asam lambung berlebih. Sebuah penelitian menunjukkan 88% pasien yang menerima pil kunyit memperlihatkan penyembuhan yang signifikan. Namun, Anda tidak perlu repot membuat pil. Cukup parut kunyit dan tambahkan air matang. Peras kemudian diamkan sejenak, minum 2 kali sehari setiap pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur. Selain untuk menurunkan asam lambung, kunyit juga termasuk salah satu tanaman obat pembersih ginjal.

Mentimun

Mentimun

Sifatnya yang dingin mampu meredakan asam lambung berlebih. Mudah saja, makan irisan timun yang telah dicuci bersih 2 potong setiap 2 jam. Jumlah ini dapat Anda tingkatkan sesuai dengan tingkat keparahan gejala. Untuk mendapatkan nutrisinya, kupas kulit mentimun dan buang bijinya. Bisa juga Anda buat salad dengan menambahkan bahan lain seperti yogurt, wortel, mint, bawang putih, garam, dan merica sebagai perasa.

Kacang Hijau

kACANG-hIJAU

Kacang hijau sangat bermanfaat bagi penderita maag. Fungsi pertama yaitu menetralkan kadar asam lambung berlebih. Dan fungsi kedua yaitu mampu menebalkan lapisan lambung. Untuk mengambil manfaatnya cukup memakan kacang hijau yang telah diolah sebagai bubur tanpa santan. Makan bubur rutin di pagi dan sore hari.

Pisang Raja

pISANG-rAJA

Jika Anda sering memakan buah pisang raja cobalah memakannya dengan cara lain. Karena buah ini mampu melindungi selaput lendir lambung dari asam berlebih karena mengandung anti luka pada lambung. Cara menggunakannya yakni dengan memilih pisang yang sudah tua tapi belum matang. Potong tipis lalu jemur secara diangin-anginkan. Setelah kering, blender atau tumbuk hingga menyerupai tepung. Cara megkonsumsinya cukup campur 2 sendok bubuk pisang dengan madu asli lalu minum pada pagi dan malam hari.

Cincau

Daun-Cincau

Tanaman herbal untuk mengobati asam lambung selanjutnya adalah daun cincau. Caranya ambil 1 genggam daun cincau kemudian dicuci dan digiling halus. Remas-remas bersama air masak. Saringlah air remasan dan tambahkan sedikit kapur sirih agar mudah menggumpal. Setelah menggumpal bisa Anda makan bersama air gula atau sirup. Makanlah 3 kali sehari dengan takaran sekitar 200 cc.

Meniran

Tanaman-meniran

Tanaman obat herbal ini memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Meniran memang termasuk salah satu tanaman daun yang bisa dijadikan obat, karena terbukti mampu mengontrol kadar asam lambung secara alami. Cukup merebus meniran hingga air rebusan tinggal setengahnya. Tambahkan sedikit madu dan minum ramuan secara berkala.

Kamomila

Kamomila

Sebagian pasti masih merasa asing dengan tanaman obat ini. Orang-orang yang menjalankan diet alami lebih mengenalnya dengan teh kembang. Sama seperti teh pada umumnya, minumlah rebusan teh bunga ini secara teratur untuk menekan asam lambung berlebih.

Lidah buaya

Lidah-Buaya-3

Tanaman berlendir ini mempunyai banyak manfaat. Disamping baik menutrisi rambut, daging buah lidah buaya efektif meredakan sakit maag. Caranya petik lidah buaya yang cukup tua dan ambil daging buahnya. Cuci bersih dan blender dengan sedikit air. minumlah minimal 1 kali sehari.

 Daun sembung

Daun-sembung

Obat herbal asam lambung tinggi selanjutnya adalah daun sembung. Cara menggunakannya dengan direbus bersama kunyit, daun seruni putih, daun pegagan, dan daun pepaya. Minumlah ramuan dedaunan tersebut secara rutin dan teratur. Meskipun Anda minum setiap hari, ramuan ini tidak menimbulkan efek samping apapun.

Jahe

Jahe-3

Selain menghangatkan tubuh, jahe pun berguna untuk meredakan dampak kenaikan asam lambung. Salah satu gejala asam lambung naik yakni perut mudah kembung, dengan meminum jahe hangat kembung dan nyeri lambung dapat berkurang.

Kiat Pencegahan Naiknya Asam Lambung

Seperti pepatah bilang, jika lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebagai langkah tepat pencegahan, Anda dapat mengubah pola makan dan mengganti dengan makanan sehat. Hindari jenis makanan yang berlemak, terlalu asam atau pedas, serta makanan yang digoreng. Perbanyaklah makan buah dan sayur sebab serat alami di dalamnya mampu menetralisir kadar asam lambung. Hindari perut kosong saat melakukan aktifitas.

Tubuh membutuhkan makanan untuk dicerna dalam lambung dengan waktu tertentu. Jika perut kosong, maka lambung akan mencerna asam dari dinding lambung sehingga timbul rasa perih. Langkah pencegahan terakhir yakni penuhi kecukupan air putih harian sebanyak 2 liter. Minumlah air putih hangat pagi hari setelah bangun tidur. Hal tersebut dapat meringankan kinerja lambung dalam mencerna sarapan pagi.

Kami juga menjual aneka tanaman obat yang dapat Anda tanam di rumah. Lihat katalognya disini.